Cara Menutup Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan dengan Mudah

Cara Menutup Asuransi Mandiri Sejahtera Mapan dengan Mudah

Asuransi sejahtera mapan merupakan sebuah perlindungan jiwa dan juga perencanaan finansial untuk masa depan. Namun, karena beberapa alasan, banyak yang memutuskan untuk mengakhiri kontrak tersebut tanpa ingin direpotkan. Untuk itu, inilah cara menutup asuransi mandiri sejahtera dengan mudah!

Jenis pembatalan polis asuransi

Memang tak bisa dipungkiri jika setiap orang yang pernah membeli produk asuransi pasti memiliki pengalaman dan kesannya sendiri-sendiri. Entah itu baik ataupun buruk. Hingga akhirnya banyak yang memutuskan untuk menghentikan pembayaran iuran asuransi di tengah jalan.

Namun, sebelumnya perlu diketahui jika terdapat dua macam cara yang digunakan untuk membatalkan polis asuransi ini. Pertama adalah Surrender, dimana pemberhentian kontrak ketika klien telah menjadi nasabah sehingga tidak ada lagi kewajiban dari perusahaan untuk melindungi si pemohon.

Kedua adalah Cooling off. Pada bagian ini, ketika nasabah melakukan pengajuan asuransi terdapat waktu tunggu untuk mengecek kembali semua dokumen serta isi polis telah sesuai. Dalam rentang waktu tersebut, para nasabah ini bisa dengan mudah mengajukan pembatalan polis.


Cara Menutup Asuransi Mandiri

Setelah memahami posisi saat berurusan dengan perusahaan asuransi, maka klien bisa dengan mudah untuk mulai mengajukan pembatalan. Untuk itu, begini cara menutup asuransi mandiri sejahtera mapan dengan mudah:

1. Segera Hubungi Perusahaan

Apabila sudah memiliki keputusan yang mantap untuk menutup asuransi, maka segera hubungi perusahaan terkait dan ajukan permohonan. Sebab hal ini berhubungan dengan mandiri, maka yang perlu dihubungi adalah customer service AXA mandiri.

2. Melengkapi Data Diri

Ketika nasabah mulai menghubungi customer service, maka saat itu juga mereka akan menanyakan data diri secara lengkap. Jadi, pastikan sebelum mengajukan pembatalan, berkas-berkas tersebut telah disiapkan dengan baik. diantaranya adalah KTP, paspor atau identitas lainnya. Jangan lupa pula untuk menyiapkan buku tabungan yang digunakan.

3. Mengisi Formulir

Langkah selanjutnya ketika sudah menghubungi perusahaan, maka nasabah akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan. Jika secara online, formulir tersebut dapat diunduh di situs resmi perusahaan tersebut.

Ketika mengisi formulir tersebut pun harus tepat dan benar. Namun, jika mengalami kendala maupun ragu, nasabah dapat menghubungi unit Financial Advisor untuk berkonsultasi atau langsung pergi ke kantor cabang AXA Mandiri.

4. Data Polis Asuransi

Sebagai pemohon produk asuransi, nasabah pasti akan diberi nomor polis asuransi. Maka, ketika akan mengajukan pembatalan jangan lupa untuk menyertakan dokumen polis tersebut dan mengisi formulir yang disediakan.

Apabila status nasabah adalah cooling off, maka saat pembatalan diwajibkan membayar biaya administrasi sekitar Rp 500.000. Namun, jika sebelumnya pernah menggunakannya untuk kesehatan, maka diwajibkan membayar biaya medis tersebut. Jika status Surrender, nasabah tidak perlu membayar administrasi dan hanya perlu mengikuti aturan pajak.

5. Proses Tunggu

Setelah semua dokumen dan persyaratan berhasil dipenuhi dan sudah diajukan, maka nasabah akan diberikan waktu tunggu sesuai peraturan yang ditetapkan. Sebelum itu, segera pastikan jika dokumen pengajuan pembatalan benar-benar telah sampai di tangan Financial Advisor supaya segera diproses.

Kemudian untuk waktu tunggunya sendiri biasanya selama 14 hari kerja terhitung sejak dokumen tersebut diterima oleh Financial Advisor untuk status cooling off. Namun, jika nasabah masih Surrender, maka hanya perlu menunggu sampai 7 hari saja.

Itulah cara menutup asuransi mandiri sejahtera mapan yang wajib diketahui. Apabila telah bulat untuk mengakhiri kontrak, maka lakukan dengan teliti dan sesuai prosedur supaya pengajuan bisa diterima dengan cepat dan berjalan lancar. Di sisi lain hal ini juga bisa dijadikan pengalaman sehingga kedepannya lebih berhati-hati dalam memilih asuransi.

Baca Juga :  Cara Klaim Asuransi KPR BTN, Ini Langkah yang Harus Dilakukan