Tips memilih asuransi mobil

6 Tips Memilih Asuransi Mobil Berikut Ini Bisa Jadi Referensi Terbaik

Mobil merupakan salah satu jenis aset tetap yang sudah selayaknya dilindungi. Perlindungan terhadap aset kendaraan seperti mobil bisa dilakukan dengan mendaftarkannya polis asuransi. Namun saat ini cukup banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jasanya dengan kelebihan masing-masing. Jika masih bingung, silahkan ikuti tips memilih asuransi mobil di bawah ini:

1. Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Saat akan memilih asuransi mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat kondisi kendaraan tersebut. Semua bagiannya termasuk bodi, mesin, bahkan usianya. Hal-hal semacam ini akan memudahkan dalam memilih ransi jenis ini akan menanggung semua kerugian akibat kecelakaan mobil, basuransi mobil yang tepat. Selain itu pengguna juga harus tahu jenis-jenis asuransi kendaraan termasuk mobil itu ada 2 jenis.

Pertama ada asuransi all risk (comprehensive). Asuaik itu besar maupun kecil. Lain halnya dengan asuransi Total Loss Only (TLO) yang hanya menanggung kerugian akibat kerusakan di atas 75% saja. Keduanya pasti punya keuntungan dan kerugian masing-masing.

2. Gali Informasi Lebih Dalam Tentang Keuntungan Produk Asuransi Mobil

Saat ini jasa asuransi kendaraan sudah banyak sekali. Pemilik mobil harus lebih jeli untuk memilih mana yang terbaik. Jika seumpama sudah ada pandangan ingin memilih satu perusahaan asuransi, ada baiknya pahami dulu informasinya. Terutama soal keuntungan yang bisa diberikan dari perusahaan asuransi tersebut. 

Jangan lupa cari juga informasi tentang jenis perlindungan macam apa yang bisa diberikan pada pemegang polis nantinya. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk memastikan jika asuransi yang akan dibeli tersebut sudah tepat. Tapi juga bisa menghindarkan diri dari resiko kerugian.

3. Coba Uji Dengan Melakukan Perbandingan Beberapa Polis Asuransi

Ada baiknya jangan hanya melihat atau menggali informasi dari satu perusahaan asuransi saja. Pilihlah dari beberapa opsi dan lakukan perbandingan. Tunjuk satu polis yang mampu memberikan keuntungan paling besar. Untuk mencari informasinya, silahkan pergi langsung ke perusahaan asuransinya. Bisa juga dengan mengunjungi websitenya melalui internet.

4. Menyesuaikan Dengan Kemampuan Bayar

Setiap polis asuransi mobil akan mengenakan premi yang berbeda-beda pada pembeli. Semakin tinggi jumlah premi yang harus dibayarkan, maka biasanya perlindungan yang diberikan juga makin berkualitas. Pada dasarnya setiap orang paling suka dengan polis asuransi mobil yang memberikan perlindungan terbaik. 

Tapi jangan lupa juga perhitungkan premi yang harus dibayarkan. Jika merasa jumlah tanggungan premi terlalu mahal, maka ada baiknya jangan dipilih. Nanti jika dipaksakan bisa jadi akan mengganggu keuangan pemilik mobil sendiri. Ini sudah jelas akan menimbulkan masalah lebih besar lagi.

5. Mempertimbangkan Saran Dari Pihak Dealer Mobil

Tips memilih asuransi mobil yang bisa diikuti lainnya adalah pertimbangkan saran atau rekomendasi dari pihak dealer mobil. Biasanya pemilik mobil baru, membelinya langsung melalui dealer resmi bukan? Pihak dealer pun pada umumnya akan memberikan rekomendasi perusahaan asuransi yang tepat. Masukan dari pihak dealer tersebut bisa jadi bahan pertimbangan.

Namun harus ingat, pihak dealer hanya memberikan rekomendasi saja. Bukan harus diikuti, atau harga mutlak. Pemilik mobil bisa cari dulu informasi polis asuransi mobil lainnya sebagai pilihan. Jangan malas mencari informasi. Sebab, ini berhubungan dengan keuntungan maupun kerugian yang harus ditanggung.

6. Pertimbangkan Manfaat Tambahan

Terakhir, pemilik mobil bisa memperhitungkan manfaat tambahan yang mampu diberikan oleh perusahaan asuransi kendaraan. Saat ini perusahaan asuransi kendaraan ada yang memberikan manfaat lain selain perlindungan mobil itu sendiri. Misalnya seperti asuransi jiwa atau kesehatan yang akan diterima para pemegang polis. Dengan begitu pemegang polis bisa merasakan manfaat ganda. Contohnya akan diberikan perlindungan diri jika seandainya mengalami kecelakaan.

Jadi bukan hanya kerusakan mobil saja yang ditanggung pihak asuransi, tapi juga kondisi kesehatan pemilik polis. Itu tadi apa saja tips memilih asuransi mobil yang bisa dicoba. Saat ini perusahaan asuransi kendaraan memang cukup banyak sekali. Hal ini kerap kali membuat pemilik mobil kesusahan untuk memilih salah satu yang paling tepat. Gunakan saja tips-tips diatas untuk membantu mempermudahnya.

Baca Juga :  Mudah Dan Cepat : Inilah Cara Membatalkan Asuransi Telemarketing