cara memulai usaha catering

6 Cara Memulai Usaha Catering, Cocok Untuk Pemula

Salah satu usaha yang banyak peminatnya adalah usaha di bidang kuliner seperti catering. Alasan usaha ini akan sangat menguntungkan karena makanan merupakan kebutuhan pokok manusia sehingga sampai kapanpun akan dibutuhkan. Selain itu, bagi yang hobi memasak usaha ini semakin menarik, karena melakukan hobi juga menghasilkan uang. Berikut ini akan dipaparkan 6 cara memulai usaha catering, cocok untuk pemula.

1. Tentukan Jenis Catering

Langkah pertama sebagai cara memulai usaha catering adalah menentukan jenis catering. Ada beberapa jenis catering yang bisa dilakukan. Pertama, catering yang dikhususkan untuk melayani  acara-acara besar misalnya hajatan, acara pernikahan dan lain sebagainya. Kemudian, ada juga catering kantoran, maka yang perlu diperhatikan adalah harga murah namun makanan tetap terlihat mewah.

Pilihan ketiga catering yang ditujukan khusus untuk anak sekolah. Pada jenis catering ini harus dipersiapkan terkait gizi maupun nutrisi yang tepat. Terakhir adalah catering rumahan dimana hanya melayani dalam jumlah yang tidak terlalu besar, seperti acara arisan.

2. Tentukan Pemasok Bahan Berkualitas Dan Murah

Salah satu yang akan membuat banyak pelanggan adalah bagaimana catering tersebut dalam menyajikan bahan, kesegaran   dan kualitas makanan. Pasalnya setiap saat pemilik usaha catering harus siap dengan berbagai menu, dan sudah pasti bahan makanan dipasar selalu naik turun. Oleh karenanya, perlu diperhatikan supplier bahan makanan yang berkualitas, namun juga masih murah.

3. Tentukan Nama Usaha Catering

Pada sebuah usaha nama atau brand menjadi sangat penting. Selain sebagai identitas, juga mempermudah pelanggan untuk mengingat usaha catering tersebut. Maka, perlu dipikirkan dengan matang terkait keunikan nama, filosofi nama hingga sesuatu latar belakang yang melekat di dalamnya.

4. Persiapkan Modal

Sudah tidak perlu kaget lagi, hampir setiap usaha tentunya membutuhkan modal. Baik modal berupa uang atau materi, juga modal berupa pengalaman dan mental. Modal mental ini yang sering diabaikan banyak pebisnis pemula. Pasalnya, modal ini juga tidak kalah penting, saat pebisnis memiliki mental pantang menyerah maka bisa dipastikan usahanya akan menemukan titik keberhasilan. 

Selain itu, modal berupa pengalaman juga jangan sampai dilupakan. Ada baiknya sebelum mendirikan usaha sendiri, bisa berguru pada orang lain yang sudah profesional. Jika perlu, maka bisa berkecimpung misalnya jadi karyawan di bidang yang serupa sehingga mampu melihat plus dan minusnya dalam bidang tersebut.

5. Lakukan Promosi

Cara memulai usaha catering yang berikutnya adalah melakukan promosi. Pada sebuah bisnis promosi menjadi bagian yang penting. Tujuan promosi adalah mengenalkan produk, menawarkan jasa hingga menarik lebih banyak konsumen. Untuk itu, bisa dilakukan bentuk promosi di berbagai tempat.

Namun, saat ini sangat efektif jika melakukan promosi online seperti di media sosial, website atau sekadar status Instagram atau Whatsapp.  Pasalnya, dengan konsep tersebut sudah dipastikan akan menjangkau banyak konsumen dibandingkan jika hanya dari mulut ke mulut.

6. Beri Service Yang Ramah Dan Profesional

Memberikan konsumen dengan service yang ramah dan profesional sangat perlu. Pasalnya banyak konsumen akhirnya menjadi pelanggan tetap karena salah satunya pelayanan yang ramah. Selain itu, berikan service yang profesional seperti ketepatan jumlah pesanan, waktu hingga kesepakatan lainnya. 

Demikian, itulah 6 cara memulai usaha catering yang sangat cocok untuk pemula. Jadi, tidak perlu bingung lagi harus memulai dari mana. Jika sudah memiliki mimpi membangun usaha maka perlu ada tekad dan niat yang kuat lalu diiringi dengan usaha mewujudkannya. 

Baca Juga :  Peluang dan Modal Usaha Ternak Bebek Petelur