bisnis ternak yang menguntungkan

7 Bisnis Ternak yang Menguntungkan Ini Patut Dipertimbangkan!

Saat ini, banyak usaha atau bisnis baru yang bermunculan. Banyak persaingan yang akhirnya mendorong wirausahawan untuk berkompetisi memenangkan pasar. Namun, ada juga bisnis yang masih menjadi andalan dan pastinya dibutuhkan oleh masyarakat, yaitu berternak. Ada beberapa bisnis ternak yang menguntungkan dan bisa tetap dijalankan meskipun dengan persaingan yang ketat.

Bisnis ternak tidak pernah sepi peminat karena produk atau hewan yang dihasilkan termasuk dalam kebutuhan masyarakat umum. Jadi, tidak heran jika bisnis ini berada pada jenis bisnis menguntungkan. Berikut daftar 6 bisnis ternak yang bisa dicoba:

1. Kambing

Kambing adalah salah satu hewan yang dagingnya banyak dimanfaatkan orang. Biasanya untuk sate dan makanan lainnya yang membutuhkan daging ini. Maka dari itu, mencoba bisnis ternak kambing akan sangat menguntungkan mengingat banyaknya permintaan masyarakat. Apalagi jika sudah mendekati Idul Adha, maka kambing akan menjadi incaran sebagai hewan kurban.

2. Burung Puyuh

Dewasa ini, banyak tempat makan atau restoran yang mulai menyediakan daging puyuh sebagai menu andalan. Maka, tidak heran jika burung puyuh semakin dicari dan tentu saja akan menguntungkan jika dijadikan bisnis. Selain dagingnya yang banyak peminat, telur butung puyuh juga menjadi incaran untuk berbagai menu makanan.

3. Ayam

Memang sudah banyak yang melakukan bisnis ternak ayam, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba juga. Karena ayam masih menjadi makanan yang paling sering dikonsumsi masyarakat. Penggunaan dagingnya juga untuk berbagai menu makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Jadi sangat memungkinkan jika bisnis ini merupakan bisnis ternak yang menguntungkan.

Tidak hanya dagingnya, telur ayam juga menjadi kebutuhan wajib untuk dimakan dalam keseharian. Entah ternak ayam pedaging atau ternak ayam petelur sama-sama menguntungkan. Karena permintaan yang sangat banyak menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.

4. Lebah Madu 

Madu yang dihasilkan dari ternak lebah madu memiliki harga yang tidak main-main. Bisa dikatakan harganya mahal karena resiko sengatan lebah juga besar. Tapi jika dilakukan dengan penanganan yang tepat, ternak lebah madu akan sangat menguntungkan. Selain itu, sekarang ternak lebah madu masih jarang dilakukan.

5. Udang

Udang adalah salah satu jenis hewan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan. Banyak tempat makan yang memasukkan udang ke dalam salah satu menunya. Hal ini karena udang memiliki rasa yang enak dan memiliki banyak peminat. Maka dari itu, mencoba ternak udang akan sangat menjanjikan karena banyaknya peminat tersebut.

6. Burung Walet

Jenis burung satu ini sangat jarang diternakkan karena harus menyediakan modal yang besar. Tapi itu akan sebanding dengan keuntungan yang bisa dihasilkan. Sarang dari burung walet sendiri memiliki harga yang sangat mahal hingga menyentuh jutaan rupiah. Jadi, ternak burung satu ini akan sangat menggiurkan jika sudah meraup keuntungan.

7. Ikan Lele

Ikan lele masih menjadi primadona untuk disantap menjadi makanan sehari-hari. Banyak restoran atau tempat makan sederhana yang menjadikan lele menjadi berbagai macam makanan. Selain itu, lele juga sering dimasak menjadi makanan sehari-hari di rumah. Tidak ada salahnya mencoba bisnis ternak lele karena terbilang menguntungkan.

Itulah beberapa contoh bisnis ternak yang menguntungkan dan bisa segera dilakukan. Semua jenis ternak di atas memiliki keuntungan yang bisa dibilang besar asalkan dijalankan sesuai dengan prosedur yang tepat. Modal memang sangat diperlukan, tapi tidak ada salahnya jika segera dicoba. Pastikan juga untuk mempelajari cara-cara ternak yang akan dilakukan.

Baca Juga :  Pahami Analisa Usaha Jual Sayur yang Menguntungkan