Inilah Aplikasi Reksa dana untuk Investor Pemula

Inilah Aplikasi Reksa dana untuk Investor Pemula

Perkembangan teknologi digital dan informasi melahirkan kemajuan di bidang ekonomi, salah satunya dengan hadirnya aplikasi reksa dana di berbagai platform. Kemunculannya ini memberikan dorongan signifikan terhadap munculnya investor baru. Terutama dari kalangan anak – anak muda. Antusiasmenya tinggi dibarengi dengan sosialisasi dan edukasi dari media sosial.

Kondisi ini tentunya sangat baik bagi perekonomian secara makro, karena dengan kesadaran berinvestasi yang tinggi mampu meningkatkan perputaran roda ekonomi. Sehingga terjadinya percepatan serta kemajuan di berbagai sektor. Efeknya adalah banyak rakyat mendapatkan kemanfaatannya, mulai dari UMKM mudah mencari modal hingga menumbuhkan sektor produktif lainnya.

Berbagai sosialisasi serta keuntungan atau profit ketika menginvestasikan sebagian kekayaannya menjadi pendorong bagi para generasi muda untuk berlomba – lomba mengikuti mereka. Akan tetapi tentunya sosialisasi perlu dibarengi dengan edukasi yang sesuai. Seperti memberikan pemahaman terhadap tujuan finansial serta berbagai risikonya.

Untuk calon investor pemula, pastinya akan sangat kesulitan memahami dunia investasi, terutama saham. Perlu meriset terlebih dahulu kondisi pasar, memprediksi kemungkinan prospektusnya, dan memantaunya setiap saat. Tentunya akan kewalahan, salah satu sarana untuk belajar atau mencoba adalah dengan mencoba berinvestasi pada reksa dana.

Keunggulan Berinvestasi di Reksa Dana

Ketika saham harus terus menerus memantau, melihat perkembangan harga, serta menganalisis sendiri berbeda sekali dengan produk investasi satu ini. Seluruh kegiatan tadi akan dilakukan oleh manajer investasi, sehingga investor mampu berdiam diri, mengamati laporan serta portofolionya dan menikmati keuntungannya. Tidak perlu melakukan riset dan analisis sendiri.

Selain itu bisa dilakukan dengan modal lebih sedikit. Sehingga siapa saja bisa mencobanya sekalian mendapatkan pengalaman menginvestasikan sebagian modalnya. Dengan rendahnya modal tersebut, memungkinkan setiap orang bisa berinvestasi secara rutin. Bagi yang masih mencoba, targetnya adalah mendapatkan pengalaman serta merasakan berbagai risiko finansialnya.

Tidak perlu takut akan mengalami kerugian, meskipun masing – masing memiliki potensi risiko, tetapi bisa memilih sesuai dengan batas toleransi pribadi. Contohlah apabila sangat tidak menginginkan nilai uangnya menurun, bisa memilih produk investasi dengan tingkat risiko rendah. Biasanya aplikasi reksa dana memberikan rekomendasi sesuai profil investornya.

Baca Juga :  Investasi Saham Mahasiswa Juga Keuntungan yang Diperoleh

Keunggulan lainnya adalah kepraktisannya dan transparansinya. Dengan perkembangan teknologi saat ini sangat mudah sekali memilih berbagai produk finansial, bahkan pembayarannya kian dipermudah dengan fasilitas dompet digital. Serta berbagai informasi mengenai kenaikan harga atau mengenai turunnya harga dipublikasikan secara jelas di berbagai media.

Berbagai Aplikasi Reksa Dana untuk Pemula

Keunggulannya untuk memulai bagi siapa saja tanpa harus memiliki modal besar serta dorongan untuk menciptakan iklim investasi positif. Dikembangkan berbagai program atau platform untuk memudahkan calon investor. Tersedia dalam berbagai jenis, mulai dari desktop ataupun aplikasi bagi smartphone. Beberapa di antaranya cukup populer, yaitu :

1. Bareksa

Sebuah platform marketplace terintegrasi pertama di Indonesia. Produknya berfokus pada reksa dana, tetapi juga memungkinkan investor membeli produk lainnya. Seperti SBN, karena telah dipercaya oleh Kementerian Keuangan RI. Selain itu juga bisa membeli produk emas. Untuk keamanannya sendiri tidak perlu diragukan karena sudah mendapatkan izin dari OJK.

2. Bibit

Apabila ingin memulai berinvestasi tanpa harus kebingungan mencari atau mempelajari dengan mendalam. Bibit bisa menjadi alternatif solusinya. Terdapat fitur bantuan mesin untuk membantu melihat portofolio kamu serta membantu merekomendasikan produk – produk sesuai dengan profil risikonya. Tampilannya juga apik dan rapi.

3. Tanam Duit

Aplikasi reksa dana ini didesain untuk memudahkan berbagai investor pemula. Tampilannya yang minimalis serta memberikan kemudahan akses, membuatnya digemari berbagai anak muda. Sama seperti Bareksa, disini juga menyediakan beragam produk finansial lainnya. Seperti asuransi, SBN, maupun emas. Sehingga calon investor bisa lebih leluasa memilih.

4. Ajaib

Keseriusannya dalam mengelola serta mendorong iklim investasinya sangat tinggi, dengan mengusung Kim Seon Ho sebagai BAnya. Tidak hanya itu, dilengkapi juga dengan robot otomatis untuk membantu menganalisis profil risiko serta memberikan rekomendasi pilihan terbaik. Prosesnya juga cukup sederhana, hanya tinggal menjawab berbagai pertanyaannya dengan jujur.

Baca Juga :  5 Platform Investasi Reksadana Terbaik untuk Pemula

Seiring berkembangnya teknologi, berbagai kemudahan didapatkan. Termasuk dalam masalah finansial, berbagai edukasi perencanaan keuangan mulai dilirik oleh generasi muda hingga tertarik menyisihkan hartanya untuk menjadi investor. Terlebih setelah berkembang aplikasi reksa dana yang membantu calon investor pemula.