Simak Strategi Investasi Terbaik di Tahun 2021

Simak Strategi Investasi Terbaik di Tahun 2021

Di tahun 2021 ini, apakah kamu sudah mempunyai rencana mau melakukan investasi jenis apa? Jika belum, simaklah strategi investasi terbaik di tahun 2021 ini. Sebenarnya produk atau jenis yang baik itu tidak bergantung pada tahun atau bulan apa. Tetapi kamu harus menyesuaikan dengan tujuan dari investasimu.

Strategi investasi merupakan suatu wadah dengan isi tentang seperangkat aturan, perilaku, atau prosedur yang dibuat untuk menjadi pemandu bagi para investor dalam berinvestasi. Strategi ini pada dasarnya merupakan sebuah rencana untuk menginvestasikan uang dalam berbagai macam jenis produk investasi dan akan membantu meningkatkan kekayaanmu.

Dikarenakan investasi merupakan hal tidak pasti dalam banyak kasus, tidak berbeda jauh seperti suatu permainan. Kamu tidak akan mengetahui hasilnya sampai permainan tersebut telah selesai dan pemenangnya telah diumumkan. Setiap jenis permainan yang kamu mainkan pasti memiliki strategi, begitupun dengan investasi yang membutuhkan strategi.

Baca Juga :  Berikut Cara Tepat Membeli Reksadana Bagi Seorang Karyawan

Jika kamu merupakan orang pemula dalam berinvestasi, bekerja samalah dengan seorang perencana keuangan sebelum berinvestasi dalam jenis apapun. Itu akan membantu kamu mengembangkan strategi investasi terbaik yang tidak hanya akan terjatuh kedalam batas toleransi risiko, namun juga akan membantu mencapai tujuan keuanganmu.

Tujuan investasi yang jelas, akan lebih memudahkan bahkan menguntungkanmu dalam berinvestasi menggunakan produk atau jenis apa saja. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui atau memahami tujuannya terlebih dahulu sebelum berinvestasi agar dapat meminimalisir kerugiannya.

Baca Juga :  Bingung Bagaimana Cara Invetasi Emas Di Pegadaian? Berikut Panduannya

MENUJU TOPIK

Menentukan Strategi Berdasarkan dengan Tujuan

Sebenarnya kamu dapat dengan mudah menentukan strategi investasimu hanya dengan cara melihat dan menyesuaikannya dengan tujuan investasimu. Salah satu strategi investasi terbaik yaitu mengetahui tujuan investasimu terlebih dulu. Semakin kamu dekat dengan tujuanmu, maka seharusnya produk investasi yang kamu pilih memiliki risiko semakin rendah.

  1. Tujuan Kurang Dari 1 Tahun

Jika tujuan investasimu kurang dari satu tahun, maka kamu bisa menyimpan uangmu di tabungan atau melakukan investasi di reksadana pasar uang. Dengan demikian uangmu dapat tersimpan dengan baik dan bisa jadi bertambah banyak jumlahnya dibandingkan dengan nominal awalnya.

  1. Tujuan Masih 1-5 Tahun Kedepan
Baca Juga :  5 Tips Menabung Di Rumah yang Paling Aman

Lalu, jika tujuan investasimu masih dari 1 sampai 5 tahun yang akan datang, maka kita bisa menggunakan produk investasi seperti reksadana pendapatan tetap, obligasi, emas, bahkan p2p landing. Tentu hal ini tidak hanya menyimpan uangmu, namun juga mengembangkannya menjadi lebih banyak.

  1. Tujuan Diatas 5 Tahun

Bagi kamu yang tujuan investasinya masih lama diatas lima tahun atau lebih, yang tidak mengetahui tujuannya ketika ditanya apa tujuan kamu untuk berinvestasi. Orang orang seperti ini lebih cocok untuk melakukan investasi di saham, reksadana saham, atau reksadana indeks.

Dengan mengetahui tujuan investasimu dengan baik, maka kamu akan memiliki risiko yang rendah setiap berinvestasi karena kamu sudah mempertimbangkan semuanya dengan berdasarkan tujuan investasimu. Oleh karena itu, mengetahui tujuan investasimu merupakan strategi investasi yang terbaik untuk semua orang.

Baca Juga :  Analisis Investasi Saham Penting Dilakukan untuk Mencegah Kerugian

Investasi yang Cocok di Tahun 2021

Setiap orang yang berinvestasi atau biasa disebut investor pasti memiliki kecocokan yang berbeda. Karena tiap investor mempunyai tujuan yang berbeda beda juga. Tapi tidak usah khawatir, hal tersebut tidak akan menjadi penghalang untuk mengetahui strategi investasi terbaik dan jenis atau produk investasi yang tepat di tahun 2021.

Pertama tama kita harus memiliki pandangan atau gambaran sama mengenai tahun 2021 itu akan seperti apa. Sebagai contoh jika tahun 2020 itu semuanya tentang Covid-19 dan resesi. Dan menurut kami tahun 2021 itu akan berisi tentang vaksin dan pertumbuhan ekonomi. Jadi trendnya akan semakin membaik atau semakin optimis

Baca Juga :  Apa Saja Kelebihan Tabungan Berjangka BRI? Berikut Ulasannya!

Dan jika trendnya semakin membaik atau semakin optimis, maka akan lebih baik jika kamu memilih produk atau jenis yang lebih agresif dan memiliki risiko lebih tinggi seperti saham, reksadana saham, reksadana indeks, dan juga p2p lending. Menurut kami, itu merupakan tiga produk investasi yang akan perform di tahun 2021.

Apapun jenis atau produk yang akan kamu pilih, yang terpenting adalah mengetahui tujuan investasimu. Karena dengan demikian kamu akan lebih mudah untuk mendapatkan strategi investasi terbaik guna mencapai tujuanmu. Perlu diingat bahwa semua produk investasi juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing.