Cara Menghemat Uang Belanja Untuk Ibu Rumah Tangga

Cara Menghemat Uang Belanja Untuk Ibu Rumah Tangga

Mendapat peran sebagai ibu rumah tangga dituntut untuk berfikir bagaimana mengatur keperluan keluarga dengan baik. Seperti misalnya keperluan untuk memasak beserta uang untuk belanja bulanan. Pada masa sekarang ini banyak permasalahan kenaikan harga bahan makanan pokok seperti beras, minyak goreng dan berbagai bumbu dapur.  Untuk itu para ibu rumah tangga harus mengetahui cara menghemat uang belanja dari suami dengan bijaksana.

Dengan berhemat akan membuat pengeluaran rumah tangga menjadi lebih terkontrol dan membuat ibu rumah tangga menjadi lebih untung. Cara menghemat uang untuk belanja memang dibutuhkan terutama bagi para ibu baru yang belum punya banyak penghasilan.

Berikut akan dijelaskan apa saja yang perlu dilakukan untuk menghemat uang belanja. Untuk mengatasi keperluan keluarga yang semakin banyak. Setidaknya ibu rumah tangga mengetahui 5 cara menghemat uang untuk belanja berikut:

MENUJU TOPIK

1. Membuat Catatan Rencana Belanja

Cara menghemat uang belanja pertama yang dapat ibu rumah tangga lakukan adalah dengan membuat catatan rencana belanja. Dengan menggunakan catatan rencana untuk berbelanja akan membuat para ibu rumah tangga lebih mudah ketika akan berbelanja.

Seperti untuk mengingat barang apa saja di dapur yang sekiranya sudah habis dan perlu untuk dibeli. Selain itu juga dapat memudahkan para ibu menghindari untuk membeli barang yang kurang diperlukan karena hal itu akan membuat bengkak pengeluaran.

2. Berbelanja Di Pasar Tradisional

Dengan cara berbelanja di pasar tradisional tentu membuat ibu rumah tangga menjadi lebih berhemat. Pasalnya kalau berbelanja di pasar tradisional harga yang ditetapkan jauh lebih murah, jika dibandingkan dengan pasar modern.

Mulai dari harga buah, sayur, bumbu dapur, daging dan bahan makanan lainnya. Selain lebih murah, ibu rumah tangga lebih memilih belanja di pasar tradisional karena dapat melakukan tawar menawar sepuasnya. Di pasar modern harga yang ditetapkan lebih mahal dikarenakan sudah ditambahkan dengan biaya pajak.

3. Melakukan Perbandingan Harga Sebelum Membeli

Untuk menghemat uang belanja jangan lupa untuk melakukan perbandingan harga sebelum membeli barang. Salah satu caranya adalah dengan membandingkan barang yang sama dan ukuran yang sama namun berbeda merek, berbeda penjual, atau berbeda lokasinya.

Tentunya belilah barang yang paling murah dengan jumlah dan kualitas yang sama. Cara ini juga dapat membantu ibu rumah tangga lebih hemat lagi.

4. Manfaatkan Diskon

Pada akhir bulan, banyak pusat perbelanjaan yang mengadakan potongan harga yang besar-besaran apalagi ketika mendekati hari lebaran. Cara ini dapat dicoba ibu rumah tangga yang lagi ingin berhemat. Para ibu rumah tangga dapat memastikan terlebih dahulu barang-barang yang akan mendapat potongan harga melalui website resmi yang dimiliki oleh pusat perbelanjaan tersebut. Agar tidak membuang-buang waktu untuk mencari di rak pusat perbelanjaan.

5. Menggunakan Alat Transportasi Umum

Cara menghemat uang belanja lainnya adalah menggunakan alat transportasi umum. Ketika hendak bepergian untuk berbelanja atau untuk keperluan yang lain jangan lupa untuk menggunakan transportasi umum. Hal tersebut terbukti lebih hemat jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dengan bahan bakar yang lumayan. Selain lebih hemat, menggunakan alat transportasi umum juga turut mengurangi kemacetan dan polusi.

Itu tadi pembahasan tentang 5 cara menghemat uang untuk belanja yang cocok dilakukan oleh para ibu rumah tangga. Untuk ibu rumah tangga yang sedang ingin menghemat keuangan keluarga jangan lupa mencoba cara-cara menghemat uang belanja diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Baca Juga :  Investasi Modal dari Uang Pinjaman Diperbolehkan, Tapi Perhatikan ini