Cara Menabung Untuk Beli Rumah, Harus Baca Nih!

Cara Menabung Untuk Beli Rumah, Harus Baca Nih!

Apakah sudah tahu cara menabung untuk beli rumah sederhana bersubsidi? Banyak yang ingin memiliki rumah idaman, namun ada pula yang ingin membeli rumah dengan harga yang cukup murah. Oleh karena itu, rumah bersubsidi adalah rumah yang dijual dengan harga murah yang telah disubsidi oleh pemerintah.

Mungkinkah pembaca termasuk orang yang menabung untuk membeli rumah? Meski bukan perkara mudah, namun impian memiliki rumah meski dengan upah minimum bukanlah hal yang mustahil. Meskipun gaji bulanan yang miliki hanya terbatas pada upah minimum yang relatif kecil, tidak perlu berkecil hati dan mengecilkan diri untuk membeli rumah sendiri.

Bagaimana caranya? Berikut ini ulasan mengenai  bagaimana menabung untuk membeli rumah sederhana bersubsidi. Berikut ulasannya:

MENUJU TOPIK

1. Buat Rencana Keuangan Terperinci

Salah satu dari cara menabung untuk beli rumah bersubsidi sederhana ini  ialah dengan membuat rencana keuangan yang terperinci. Tentunya untuk bisa membeli rumah bersubsidi harus membuat perencanaan dan  juga menghitung jumlah uang yang dibutuhkan untuk bisa memiliki rumah bersubsidi tersebut.

Seringkali gaji bulanan yang diterima selalu cepat habis karena banyaknya kebutuhan. Dengan menggunakan perhitungan dan perencanaan keuangan bulanan yang jelas, tentunya bisa melakukan pengelolaan keuangan yang lebih tepat agar bisa melakukan cicilan rumah yang lebih sehat.

2. Miliki Dua Atm

Memiliki dua rekening bank yang berbeda tentunya akan memudahkan dalam merencanakan keuangan rumah tangga menjadi lebih spesifik. Seperti misalnya salah satu rekening digunakan untuk pendidikan buah hati dan satu rekening lagi yang buat untuk merencanakan pembayaran cicilan rumah yang diinginkan tadi.

Memiliki dua akun yang berbeda juga tentunya akan memudahkan membagi pengeluaran rumah tangga. Akan lebih mudah bagi untuk menahan godaan untuk membelanjakan uang untuk kepentingan yang sebenarnya belum dibutuhkan.

3. Buat Target

Setelah terbiasa dengan kebiasaan menabung dan juga pengelolaan keuangan yang lebih efisien dan spesifik, tentunya akan lebih mudah bagi untuk membagi pengeluaran untuk cicilan rumah dan juga pengeluaran untuk kebutuhan lainnya.

Menggunakan metode ini tidak hanya memudahkan tetapi juga melatih untuk hidup hemat dan efisien. Tidak perlu mematok target tabungan dengan nominal yang besar, misalnya hanya perlu menyisihkan dua puluh persen dari gaji untuk cicilan rumah. Sedikit demi sedikit, selama dilakukan secara rutin dan disiplin tentu akan membuahkan hasil yang besar.

4. Mulailah Belajar Berinvestasi

Mulailah mencoba berinvestasi pada hal-hal yang sepele, jika belum memiliki pengetahuan yang mendalam tentang berinvestasi, bisa langsung berinvestasi emas di Pegadaian Indonesia. Selain aman, cara menabung untuk beli rumah ini juga dipercaya dan bisa lakukan dengan dana murah. Bisa menabung dengan investasi emas di pegadaian hanya bisa melakukannya dengan nilai nominal dua ratus ribu perbulan.

5. Hindari Hutang

Untuk memudahkan keinginan dan impian  untuk memiliki rumah, hal terpenting yang harus lakukan adalah menghindari hutang dalam bentuk apapun. Tanpa memiliki hutang, proses menabung akan lebih mudah dilakukan.

Langkah penting yang dapat ambil untuk mempercepat keinginan untuk memiliki rumah sendiri adalah dengan menghemat pengeluaran harian. bisa menghemat pengeluaran dengan berbagai cara, dari cara menabung untuk membeli rumah yang sepele seperti memotong penggunaan paket data ponsel hingga memangkas uang jajan anak .

Itulah cara menabung untuk beli rumah sederhana bersubsidi yang bisa lakukan. Cara mudah membeli rumah bersubsidi ini bisa terapkan dalam keuangan sehari-hari agar bisa membeli rumah idaman. Dengan semangat yang tinggi, memiliki rumah idaman, bisa terwujud.

 

Baca Juga :  Menabung saat Punya Hutang dan 2 Anak? ini Triknya