Mempersiapkan Investasi Pendidikan Anak untuk Masa Depan Lebih Cerah

Bagi orang tua mempersiapkan investasi pendidikan anak sedari dini adalah persiapan jangka panjang yang menentukan masa depan anak. Semakin tahun berlalu semakin tinggi juga biaya masuk sekolah ah baik itu negeri maupun swasta atau di pedesaan dan di perkotaan.

Meskipun ada bantuan pemerintah, namun untuk beberapa hal orang tua tetap harus mengeluarkan dana. Sementara di Indonesia sendiri jumlah masyarakat miskin masih banyak dengan beberapa anak di dalamnya. Sesuai UUD, semua berhak mendapatkan pendidikan layak.

Kita tidak bisa menyalahkan pemerintah juga atas ketidakmampuan segelintir orang membiayai sekolah anak. Untuk itu, selagi memiliki kemampuan untuk menabung maka sisihkan sebagian guna membangun masa depan anak. Untuk anak-anak semuanya harus yang bagus.

Baca Juga :  5 Cara Menyisihkan Uang Hasil Dagang dan Usaha

Tidak ada salahnya mempersiapkan sekolah dari mulai dasar hingga nanti masuk ke dunia perkuliahan meskipun saat ini si kecil masih belum masuk sekolah sama sekali. Langkah tersebut justru sangat membantu untuk mengurangi pengeluaran tidak terduga nantinya.

Ada banyak investasi untuk anak yang memudahkan para orang tua mengatur keuangan. Dengan pendidikan tinggi, harapan orang tua selalu menginginkan anaknya meraih kehidupan lebih baik dari mereka. Semua itu bisa dipersiapkan melalui perencanaan keuangan.

Pentingnya Mempersiapkan Sekolah Buah Hati

Berbeda dengan pelipat ganda uang jenis lainnya, untuk investasi pendidikan anak ini melebihi sekedar mencari keuntungan uang. Tujuan tertinggi orang tua adalah memberikan pendidikan sebagus mungkin bagi keturunan mereka agar mendapatkan hidup terbaik.

Baca Juga :  Apa Itu Tabungan Berjangka? Apa Saja Keuntungannya? Simak Disini!

Secara tidak sadar ketika para orang tua mengambil langkah serius untuk memodali keturunan dengan biaya mapan maka secara langsung mereka merupakan agen perubahan. Generasi muda dengan masa depan gemilang akan tercetak dari langkah sederhana ini.

Bandingkan dengan berbagai jenis penanaman keuntungan pada harta benda yang terlihat, termasuk uang. Hal tersebut bisa habis kapan saja dan mengalami masa pasang surut ketika akan diuangkan kembali. Berbeda dengan jenis satu ini, meskipun tidak bisa diuangkan.

Namun, tidak sekedar menyoal uang, ketika tercetak generasi muda menjanjikan maka dengan sendirinya kondisi budaya, sosial, ekonomi, hingga politik akan terbenahi sendirinya. Tidak heran jika jenis investasi ini disebut sebagai multifungsi karena memang begitu adanya.

Baca Juga :  Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Investasi yang Diawasi OJK?

Banyak orang tua tidak bisa memberikan pendidikan layak bagi keturunannya karena alasan ekonomi. Padahal jika mau serius maka investasi pendidikan anak dapat dicicil dengan mudah tanpa kendala. Memikirkan masa depan anak tidak bisa begitu saja secara singkat.

Saat ini sudah banyak instrumen yang mendukung langkah pengumpulan dana untuk menjamin masa depan keturunan anak-cucu kita. Ada fintech dengan dukungan sistem online dan berbagai kemudahan bisa diakses siapa saja dari mana saja dengan gadget.

Jenis-jenis Persiapan Masa Depan Buah Hati

Bank dan non perbankan sudah menyediakan sarana untuk investasi pendidikan anak dengan beberapa jenis program. Kamu bisa mempertimbangkannya setelah mengetahui perbedaan masing-masing melalui penjelasan berikut ini:

  • Tabungan Pendidikan

Ketentuan tabungan ini dari berbagai bank berbeda-beda, ada yang menetapkan setoran rutin Rp100.000, ada juga yang lebih. Nilai bunga per tahun bisa berbeda-beda, kamu harus selektif dan menyesuaikan dengan besarnya biaya sekolah setiap waktu.

Tindakan ini lebih mengarah ke bentuk antisipasi, dimana orang tua mengalami suatu hal tidak terduga maka sekolah anak tetap aman. Investasi yang dimaksudkan bukan hanya mengarah pada keuangan, namun juga lebih memikirkan seperti apa masa depan buah hati.

Harga emas tiap tahun bisa naik dan bisa juga turun, namun dibandingkan jenis lainnya, emas adalah pilihan tepat. Kamu bisa membeli logam mulia dan menyimpannya di brankas rumah kemudian menjualnya kembali ketika harga emas tersebut sedang naik di pasaran.

Reksadana sama dengan kamu menyimpan saham, meskipun kamu sendiri awam dalam bentuk investasi tersebut. Untungnya kamu dapat dibantu oleh manajer, pengelola, dan juga komite investasi yang melakukan semua untukmu sendiri.

Baca Juga :  Ragam dan Tujuan Investasi yang Baik untuk Diketahui Milenial

Sebagian orang tua sudah melakukan aksi jauh sebelum buah hati mereka memasuki bangku sekolah. Persiapan dana sekolah hingga besar merupakan prioritas yang membantu kamu untuk menjadi sukses sebagai orang tua. Itulah gunanya ada investasi pendidikan anak.

Baca Juga :  Keuntungan Berinvestasi Reksadana Online Agar Mendapatkan Keuntungan sesuai Target