Manfaat Investasi Saham yang Perlu Kamu Ketahui

Manfaat Investasi Saham yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis investasi ini merupakan salah satu instrument yang makin hits juga mulai diminati oleh warga umum meskipun masih banyak yang ragu akan manfaat investasi saham tersebut. Hal ini ada kaitannya dengan kesadaran warga yang kian terbuka bahwa menyisihkan penghasilan di tabungan saja tidaklah cukup.

Kamu juga dapat membayangkannya sendiri. Ketika kamu menyetorkan uang per bulannya sebesar Rp 100,000 ke rekening tabunganmu selama satu tahun atau 12 bulan. Belum tentu di akhir bulan ke-12 uang tersebut totalnya menjadi lebih dari Rp 1,200,000. Malah bisa jadi kurang dari sekian.

Hal tersebut biasanya terjadi karena terpotong oleh biaya admin setiap bulannya. Uang yang sebelumnya diharapkan dapat bertambah malah jadi berkurang. Maka dari itu, tidak heran jika masyarakat mengalami perubahan gaya hidup juga semakin cerdas dan membuka matanya untuk berinvestasi.

Baca Juga :  Apa itu Saham Blue Chip? Simak Penjelasannya

Jenis investasi ini bisa dikategorikan kedalam investasi jangka pendek, menengah, juga jangka panjang. Lalu hal tersebut tergantung pada investor bersangkutan mengenai keinginannya untuk melanjutkan kepemilikannya dalam waktu lama atau sebaliknya. Agar kamu juga dapat memutuskannya maka perlu diketahui manfaat investasi saham ini.

Keuntungan Atau Manfaat dari Investasi Saham

Sampai kapanpun perdebatan mengenai manfaat dari instrument investasi ini akan terus ada. Bagi mereka yang sudah pernah mengetahui bagaimana rasanya keuntungan dari berinvestasi jenis ini akan berpendapat banyak manfaat dapat diperoleh, tetapi bagi mereka yang pernah mengalami kerugian akan menjadi kontra terhadap pernyataan tersebut.

  1. Modal Sedikit Keuntungan Banyak
Baca Juga :  Keuntungan Berinvestasi Reksadana Online Agar Mendapatkan Keuntungan sesuai Target

Manfaat investasi saham pertama yaitu persentase keuntungan yang akan diperoleh sangat menjanjikan, meski mengeluarkan modal tergolong sedikit. Modal minimal agar dapat berinvestasi jenis ini hanya sebesar Rp. 100,000 untuk membeli lembar saham. Ditambah lagi kamu dapat membeli lembar tersebut dengan metode angsuran.

  1. Fleksibel

Kamu tidak harus menggunakan banyak waktu dan tenaga apalagi sampai melupakan pekerjaan utama kamu ketika berinvestasi ini. Karena kamu bisa melakukan aktivitas investasi seperti memerhatikan bursa efek dimana saja dan kapan saja menggunakan perangkat cerdas yang terhubung dengan internet.

  1. Biaya Pajak Relatif Kecil
Baca Juga :  Cara Membuka Rekening Saham dengan Benar dan Aman

Investasi ini dikenakan pajak lebih kecil dibandingkan dengan biaya pajak untuk instrument investasi lain. Biaya pajak yang dikenakan untuk investasi ini adalah sebesar 0.1% dari keuntungan diperoleh investor. Jika melakukan perbandingan dengan pajak untuk investasi property, tentu persentase pajak jenis ini lebih kecil.

  1. Memperoleh Potensi Capital Gain

Manfaat investasi saham selanjutnya adalah margin keuntungan selalu menunjukan peningkatan signifikan. Semakin meningkat harga lembar saham perusahaan yang telah kamu beli, maka semakin besar juga keuntungan yang bisa kamu peroleh. Bahkan kamu berpotensi untuk memperoleh capital gain.

Perkembangan suatu perusahaan biasanya ditandai dengan peningkatan harga saham perusahaan itu sendiri. Peningkatan harga ini bisa kamu gunakan untuk menjual saham yang telah dibeli dengan harga tentu lebih tinggi. Atau kamu akan mendapatkan bonus berupa uang tunai/lembar saham baru secara gratis dari perusahaan tersebut.

  1. Investasi Saham Itu Aman
Baca Juga :  Belajar Investasi Deposito Berjangka untuk Kaum Muda

Kegiatan Trading atau jual beli saham dilaksanakan dalam satu payung yaitu bursa efek. Oleh karena itu tiap transaksi sudah terjamin keamanan serta transparansinya untuk umum. Hal tersebut juga merupakan salah satu manfaat jika memilih berinvestasi ini. Investor tidak usah cemas akan terjadi penipuan atau sabotase.

Tips yang Dapat Dilakukan Dalam Berinvestasi Saham

Tidak semua orang yang berinvestasi jenis ini akan mendapatkan keuntungan atau manfaat seperti penjelasan diatas. Hanya orang sukses yang mendapatkan keuntungan dari saham tersebut dapat merasakan manfaatnya. Tetapi kamu tidak perlu cemas, sebab terdapat cara untuk menghindari kegagalan ketika berinvestasi saham, yaitu:

  1. Membeli saham dari perusahaan-perusahaan atau korporasi yang memiliki kredibilitas tinggi atau dari instansi milik pemerintah.
  2. Rajin membaca berita tentang perekonomian dan politik baik dari luar atau dalam negeri. (Dua hal tersebut mempunyai pengaruh besar terhadap harga dibursa efek.)
  3. Membatasi asset yang diinvestasikan untuk mencegah kerugian fatal. Maksimal 5% dari jumlah seluruh kekayaan.
Baca Juga :  Berinvestasi Saham Masa Kini yang Harus Dikenal Kaum Milenial

Nah, setelah kamu membaca dan mengetahui berbagai keuntungan atau manfaat investasi saham, apakah tertarik untuk berinvestasi dalam instrumen ini? Jika ya, maka kamu jangan pernah ragu untuk meminta nasihat dari orang yang lebih memahami pasar.