Apa Itu Tabungan Berjangka

Apa Itu Tabungan Berjangka? Apa Saja Keuntungannya? Simak Disini!

Menabung adalah salah satu cara termudah untuk mengelola keuangan pribadi, dengan berbagai jenis tabungan yang sesuai dengan kebutuhan. Tabungan tenggat waktu menawarkan keuntungan tambahan dibanding tabungan biasa, terutama bagi  yang ingin lebih disiplin dalam hal keuangan.

Opsi apa itu tabungan berjangka ini juga populer dengan pengaturan keuangan jangka panjang, terutama ketika perkiraan pengeluaran tinggi di masa depan. Tabungan batas waktu adalah jenis tabungan dengan jangka waktu enam bulan hingga 20 tahun. Tabungan janji temu biasanya secara otomatis di debet dari rekening terdaftar Anda setiap bulan (transaksi debit langsung otomatis).

Keuntungan Memiliki Tabungan Berjangka

Memiliki jangka waktu yang disebut juga tenor, seseorang tidak dapat menarik dana dari akun ini hingga jangka waktu yang disepakati tercapai. Bank mendenda nasabah yang menarik uang lebih awal. Namun, bank biasanya memiliki toleransi kejahatan, misalnya maksimal tiga kali. Ada beberapa alasan untuk memilih tabungan berjangka setelah tau apa itu tabungan berjangka, berikut ulasannya:

1. Suku Bunga yang Menguntungkan

Suku bunga tinggi menjadi alasan orang memilih untuk menabung pada tanggal. Bank menerapkan suku bunga tertinggi setiap bulan agar tabungan bertambah seiring waktu. Semakin lama seseorang menyimpan, semakin tinggi hasilnya. Tingkat bunga simpanan tabungan bisa mencapai empat sampai lima persen per tahun, lebih tinggi dari tabungan tradisional.

2. Disiplin Dalam menabung

Apakah pembaca tipe orang yang cemas atau sering lupa menabung? Transaksi debit otomatis dengan tabungan berjangka bisa jadi solusinya. Mengapa? Karena uang secara otomatis didebit ke rekening tabungan, nasabah tidak perlu melakukan ini sendiri. Mengelola keuangan pribadi menjadi lebih mudah dengan menyisihkan tabungan penting.

3. Dana Tabungan Yang Aman

Menabung di bank jelas aman karena sejumlah alasan. Seseorang tidak perlu menyimpan uang fisik di tempat yang tidak aman. Pelanggan juga tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena aktivitas debit otomatis plus teknologi memungkinkan mereka menghemat uang tanpa meninggalkan rumah.

Bank terpercaya biasanya berpartisipasi dalam program Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Menabung melalui program tabungan berarti menyimpan dana dengan aman. Hal ini berguna untuk mengantisipasi keamanan uang jika terjadi masalah atau perubahan ekstrim seperti likuidasi. LPS menjamin uang nasabah kembali.

4. Bisa Berhemat Dengan Deposit Kecil

Meskipun uang nasabah ditarik seketika, menyimpan tenggat waktu dalam pengelolaan keuangan tidaklah sulit. Setoran awal dan rutin lebih kecil dibandingkan dengan simpanan. Misalnya, banyak bank memerlukan setoran awal sekitar 100.000 hingga 500.000 rupee, sementara setoran rutin biasanya hanya mulai dari 100.000 rupee per bulan.

5. Bisa Mendapatkan Asuransi

Tabungan berjangka biasanya ditawarkan dengan layanan asuransi, meskipun detailnya mungkin berbeda antar bank. Beberapa menawarkan asuransi jiwa untuk acara-acara seperti cacat permanen atau kematian. Ada juga yang menjamin bahwa setoran akan terus berlanjut hingga akhir periode jika nasabah tidak dapat melanjutkan dengan alasan apapun.

Kapan Sebaiknya Melamar Periode Tabungan?

Tabungan tenggat waktu sangat bagus untuk mengumpulkan dana yang akan Anda gunakan dalam waktu dekat, misalnya, dalam dua hingga tiga tahun. Mengapa? Karena waktu tersebut tidak terlalu beresiko, uang akan lebih aman untuk digunakan dalam waktu dekat.

Suku bunga tinggi juga menawarkan keuntungan yang wajar, meskipun keuntungan terbesar adalah keamanan simpanan. Misalnya, jika nasabah ingin memasukkan anak ke dalam kelompok bermain atau sekolah dasar dalam beberapa tahun, buat sistem cicilan dengan mendaftar program tabungan. Tetapkan target jangka waktu agar uang dapat ditarik sebelum biaya sekolah dibayarkan.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai apa itu tabungan berjangka, apa saja keuntungannya bagi nasabah. Bagaimana? Tertarik untuk memiliki tabungan berjangka ini? Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga :  Sudah Buntu Mencari Cara Membayar Hutang? Perhatikan ini