Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun, Begini Tipsnya!

Cara Menabung 50 Juta dalam Setahun, Begini Tipsnya!

Cara menabung 50 juta dalam setahun mungkin membutuhkan beberapa komitmen dan strategi tertentu yang sebenarnya cukup sederhana. Pada dasarnya apapun yang diinginkan sebenarnya bisa tercapai jika memiliki kemauan yang kuat untuk mewujudkannya.

Termasuk menghemat 50 juta dalam satu tahun. Dengan kedisiplinan, strategi dan komitmen, siapapun bisa mencapai target tersebut. Meski hasilnya tidak besar, tetap dapat mengumpulkan sebagian dari hasilnya. Bagaimana tips dan cara menabung 50 juta dalam setahun? Berikut penjelasannya:

MENUJU TOPIK

1. Kontrol Sifat Konsumtif

Tidak ada larang memenuhi gaya hidup, akan tetapi jangan sampai biaya hidup mengakibatkan konsumtif sehingga tidak dapat menabung. Cara menabung 50 juta dalam setahun yang utama harus kendalikan adalah keinginan untuk berbelanja. Bagaimana menghemat 50 Juta dalam setahun? Yakni dengan mengembangkansStrategi

2. Buat Detail Pendapatan dan Pengeluaran

Buat rincian pendapatan bulanan dan pengeluaran rutin. Selain itu, tambahkan juga rincian mengenai dana yang dialokasikan untuk tabungan, investasi atau asuransi. Terapkan prinsip 80-20 jika belum pernah mengalokasikan dana seperti ini sebelumnya. Setelah membuat detail tentang pengeluaran, lalu pelajari. Kemudian cobalah untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan pengeluaran yang dianggap kurang penting.

Dana yang biasanya digunakan untuk pengeluaran ini bisa ditambahkan ke tabungan. Misalnya, jika pada bulan-bulan biasa menabung Rp 2 juta, dengan mengurangi pengeluaran mungkin bisa menambah tabungan menjadi Rp 3 juta dalam sebulan.

3. Komitmen yang Kuat

Setelah membuat alokasi, yang terpenting adalah tetap berpegang pada komitmen. Hindari menggunakan tabungan untuk hal lain. Cobalah berkomitmen untuk menabung sesuai perhitungan. Sehingga target yang diharapkan bisa terwujud sesuai rencana.

Sebenarnya peluang mendapat tambahan penghasilan tanpa modal sangat banyak ini salah satu cara menabung 50 juta dalam setahun. Apalagi saat ini semuanya bisa dilakukan hanya dengan menggunakan internet. Bisa mencobanya untuk menambah penghasilan, seperti menjadi reseller suatu produk, menjadi penulis lepas dan lain-lain yang disesuaikan dengan minat dan kemampuan.

 

4. Gunakan Metode Finansial yang Dapat Membantu

Setelah menerapkan berbagai strategi cara menghemat Rp50 juta dalam setahun di atas, jangan lupakan cara-cara yang bisa membantu menabung. Tujuannya agar rencana dan strategi yang telah dilaksanakan tidak gagal.

Apa metodenya? Berikut beberapa di antaranya, menghemat uang, menabung secara otomatis yang disimpan tabungan melalui metode autodebet gaji bulanan ke rekening tabungan. Atau lebih bagus untuk menggunakan aplikasi penganggaran

Saat ini, ada banyak aplikasi penganggaran yang dapat membantu mengalokasikan pendapatan untuk barang-barang tertentu, termasuk tabungan. Aplikasi ini biasanya ditautkan ke akun. Jadi, ketika mendapatkan gaji atau arus kas, seseorang dapat mengaktifkan pemberitahuan bila ingin mentransfer uang ke item tabungan.

5. Jangan Mudah Tergoda

Ingatlah tujuan menabung agar tidak tergoda untuk mengeluarkan uang di rekening tabungan. Begitu tergoda, seseorang akan terus melakukannya. Dari alokasi pendapatan 80%, bisa menyisihkan sebagian dana lagi untuk dana darurat. Jika suatu saat menghadapi kebutuhan yang mendesak, dapat menutupinya dari alokasi dana darurat. Jadi, jangan main-main dengan dana di rekening tabungan ya!

6. Cari Penghasilan Tambahan

Saat ini, banyak sekali peluang untuk mencari penghasilan tambahan tanpa banyak modal. Dengan catatan, ingin mencobanya. Berikut beberapa contoh upaya mencari penghasilan tambahan dengan modal minimal atau bahkan tanpa modal. Seperti menjadi penulis lepas ataupun menjadi reseller. 

Cara lain adalah dengan mengembangkan dana pada produk investasi seperti saham, reksa dana, obligasi, atau asuransi serta investasi. Silahkan hitung berapa keuntungan tahun depan yang bisa dapatkan dengan menempatkan dana pada produk investasi. Keuntungan ini tidak harus diambil tahun depan. Namun, dapat mencatatnya dalam detail uang yang berhasil tabung tahun ini.

Nah, mungkin itu saja beberapa cara menabung 50 juta dalam setahun yang bisa dijadikan referensi bagi yang ingin menabung. Semoga ulasan ini membantu teman-teman semua. Sekian dan terima kasih.

 

Baca Juga :  Yuk Kenali Bagaimana Cara Bayar Asuransi Prudential