5 Rekomendasi Bank Untuk Tabungan Pendidikan Anak Syariah

5 Rekomendasi Bank Untuk Tabungan Pendidikan Anak Syariah

Saat ini biaya pendidikan memang masih terbilang mahal. Sehingga menuntut orang tua yang memiliki anak dalam masa sekolah, baik SD, SMP, SMA ataupun sedang Kuliah untuk menyiapkan dana persiapan. Contohnya dengan menggunakan Tabungan pendidikan anak Syariah.

Bagi orang tua yang masih khawatir untuk menggunakan tabungan sebagai dana persiapan pendidikan anak. Sekarang sudah banyak Bank Syariah yang menawarkan tabungan untuk anak yang masih dalam status Pelajar menggunakan Akad Syariah. Jadi, para orang tua tidak perlu merasa ragu lagi jika ingin membuat tabungan pendidikan anak yang selaras dengan tuntunan agama.

Bagi orang tua yang ingin mengetahui Bank apa saja yang menawarkan Akad Syariah untuk tabungan pendidikan anak Syariah. Tidak ada salahnya jika membaca ulasan berikut ini:

1. Bank Muamalat

Bank Muamalat atau sering disebut dengan iB Muamalat memiliki misi untuk mewujudkan mimpi anak bangsa sesuai prinsip syariah. Jenis akad yang digunakan dalam Bank ini adalah Akad Mudharabah Muthlaqah. Untuk membuka tabungan ini tentu memiliki aturan. Diantaranya nominal paling sedikit senilai seratus ribu rupiah.

Tabungan ini juga memiliki jangka waktu paling cepat tiga bulan dan paling lama dua puluh tahun. Usia nasabah Bank Muamalat ketika membuka rekening paling rendah tujuh belas tahun dan paling tinggi enam puluh tahun. Sedangkan aturan jatuh tempo nasabah berusia enam puluh lima tahun.

2. Bank Syariah Mandiri

Aturan kerja Bank Syariah Mandiri ini hampir sama dengan Bank Muamalat. Mulai dari ketentuan nominal, batas usia nasabah dan juga jatuh tempo. Mungkin yang membuat berbeda adalah jangka waktunya. Dalam Bank Syariah Mandiri berlaku mulai dari satu tahun hingga sepuluh tahun.

Aturan lainnya tabungan tidak dapat ditarik maupun ditutup sebelum waktu jatuh tempo. Jika nasabah melanggar, maka nasabah akan dikenakan administrasi. Akan tetapi jika terkena sesuatu pada nasabah, Bank Syariah Mandiri memberikan asuransi tanpa pemeriksaan secara Cuma-Cuma.

3. BNI Syariah

Tabungan pendidikan anak berbasis Syariah dalam BNI Syariah disebut dengan BNI Tapenas iB Hasanah. Dalam BNI Syariah setoran paling sedikit seratus ribu rupiah sampai dengan lima juta rupiah. Lama waktu yang ditetapkan adalah berkisar satu tahun sampai delapan belas tahun.

BNI Syariah ini juga menyediakan asuransi jiwa sebesar satu milyar jika terjadi sesuatu kepada nasabahnya. Dengan nominal tersebut menjadikan tabungan pendidikan anak Syariah dalam keadaan aman.

4. BCA Syariah

BCA Syariah menawarkan beberapa manfaat untuk nasabah yang ingin investasi untuk tabungan pendidikan anak berbasis Syariah. Seperti sistem bagi hasil yang kompetitif dan jaminan asuransi jiwa.

Asuransi jiwa yang diberikan meliputi sebab sakit dan sebab kecelakaan. Jika disebabkan karena sakit, pihak asuransi akan menggantikan nasabah untuk membayar setoran yang belum dibayarkan oleh nasabah.

Begitu juga jika disebabkan karena kecelakaan, maka pihak asuransi juga akan melakukan hal yang sama dengan nasabah yang dapat asuransi karena sakit. Akan tetapi jika karena kecelakaan santunan yang diberikan ditentukan sebesar empat puluh kali setoran.

5. BRI Syariah

BRI Syariah tidak hanya memiliki program untuk tabungan pendidikan anak berbasis Syariah saja. Tetapi juga melayani kurban, liburan dan berbelanja tentunya dengan cara yang sama yaitu setoran secara rutin. Dalam Bank ini setoran awal dan rutin per bulan lebih ringan dibanding dengan yang lain, yakni sebesar lima puluh ribu rupiah.

Itu tadi pembahasan tentang rekomendasi tabungan pendidikan anak Syariah yang dapat menjadi solusi menabung bagi para orang tua. karena perlu bagi orang tua mempersiapkan biaya sekolah untuk anak semenjak dini.

 

Baca Juga :  Apa Saja Kelebihan Tabungan Berjangka BRI? Berikut Ulasannya!
yang di cari pengunjung https://www asetpintar com/1219/5-rekomendasi-bank-untuk-tabungan-pendidikan-anak-syariah html