Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera

Cara Menutup Polis Asuransi Bumiputera, Begini Prosedurnya

Bagaimana sih cara menutup polis asuransi bumiputera? Banyak orang yang enggan mendaftar asuransi karena ketentuan dananya akan hangus jika premi tidak dibayarkan. Selain itu beberapa orang juga terkadang menghentikan layanan asuransi karena premi dirasa terlalu mahal atau manfaat yang kurang tepat didapatkan dari produk tersebut.

Apapun alasanya, pasti timbul pertanyaan apakah premi yang sudah dibayarkan selama ini akan kembali saat berhenti asuransi?  Untuk mengetahui jawaban simak cara menutup asuransi serta informasi lain yang akan dibahas di bawah ini.

Cara Menutup Asuransi Bumiputera

Mungkin nasabah tidak puas dengan layanan Bumiputera dan berencana menutupnya.  Namu sebelum itu, pelajari terlebih dahulu prosedur untuk memudahkan proses administrasinya. Ketahui juga konsekuensi jika menutup asuransi, apakah mengalami kerugian yang terlalu besar atau tidak.  Jika tekad sudah bulat, maka berikut ini cara menutup polis asuransi Bumiputera.

1. Menghubungi Tenaga Pemasaran Asuransi Bumiputera

Kemudahan teknologi membuat orang dengan mudah melakukan segala sesuatu, termasuk menutup asuransi. Nasabah tidak perlu keluar rumah dengan mendatangi kantor cabang untuk menutup polis asuransi Bumiputera. Langkah pertama, kunjungi website asuransi Bumiputera.


Baca Juga :  Cara Klaim Asuransi Bumiputera Habis Kontrak dan Kabar Terbarunya

Kemudian pilih opsi hubungi kami. Nantinya akan ada formulir yang perlu diisi seperti nama, no hp, alamat dan pesan. Jika sudah lengkap, lakukan submit data. Nasabah hanya perlu menunggu balasan yang akan dikirim melalui email. Cara lainnya langsung saja ceritakan tujuan untuk menutup polis secara langsung melalui email mereka.

2. Hubungi Tenaga Pemasar Asuransi Bumiputera

Jika nasabah membeli produk asuransi Bumiputera melalui agen, kunjungi tenaga pemasaran tersebut. Jelaskan pada petugas untuk melakukan penutupan asuransi Bumiputera. Biasanya sih agen resmi sudah ada di website utama. Nasabah perlu mengecek nama pemasar dan nomor yang bisa dihubungi.

3. Datang ke Kantor Cabang atau Pusat Informasi Asuransi Bumiputera

Cara lainnya yakni dengan mengunjungi kantor cabang atau pusat informasi. Di kota-kota besar tidaklah sulit untuk mencari cabang asuransi Bumiputera. Untuk lebih lengkapnya cek alamat di website utama.

Disana juga tercantum nomor yang bisa dihubungi.  Sebelumnya, siapkan lebih dahulu dokumen yang mungkin dibutuhkan seperti arsip asuransi dan tanda pengenal.

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Menutup Asuransi

Dengan menutup polis, artinya nasabah akan kehilangan proteksi finansial. Jika sudah siap, mulai lakukan proses penutupan dengan siapkan formulir. Formulir ini dibutuhkan untuk pengajuan pemberhentian polis.

  • Polis harus diisi oleh yang tertanggung dengan tanda tangan resminya.
  • Dibutuhkan juga dokumen pendukung seperti fotokopi KTP, buku tabungan rekening, bukti pembayaran terakhir, dan dokumen lainnya.  Berbagai dokumen ini penting dan tidak boleh disepelekan. Karena kunci diterimanya klaim penutupan polis tergantung dari kelengkapan dokumen.
  • Jika berhenti membayarkan polis, premi dapat diterima kembali. asalkan sesuai dengan perjanjian awal. Setelah dilakukan penutupan, pemegang polis akan mendapatkan uang tunai senilai produk yang dimiliki. Namun tidak semua produk memberikan jaminan ini, untuk lebih jelasnya baca aturan produk Bumiputera.

Namun, kabar buruknya, nasabah pasti kecewa karena Bumiputera sampai sekarang masih mengalami kasus gagal bayar. Banyak nasabah yang belum menerima dana meski asuransi mereka sudah habis kontrak.

Demikian ulasan mengenai cara menutup polis asuransi Bumiputera. Jadi jika berencana ingin menutup polis, mungkin menunggu hingga satu tahun atau lebih hingga dana bisa dicairkan. Pihak Bumiputera mengatakan bahwa mereka butuh 10 tahun untuk membayar para nasabah yang sudah sejak lama mengajukan klaim.