marketplace untuk investasi

5 Marketplace untuk Investasi yang Mudah Dilakukan

Banyak kemudahan untuk dapat melakukan investasi, salah satunya yaitu melalui marketplace. Berbagai marketplace untuk investasi kini semakin berkembang dengan pesat. Para investor dapat memilih marketplace mana yang tepat dan sesuai dengan tujuan investasi yang akan dilakukan.

5 Marketplace untuk Investasi yang Cocok Buat Pemula

Berikut ini rekomendasi marketplace terpercaya untuk memulai investasi:

1. Bukalapak

Tidak hanya menjadi e-commerce jual beli barang saja, Bukalapak juga menyediakan fitur BukaReksa yang memperjualbelikan berbagai produk reksadana. Dengan Rp 10 ribu, siapapun sudah dapat melakukan investasi melalui Bukalapak dengan aman karena sudah diawasi oleh OJK. Proses transaksi di BukaReksa juga terbilang mudah dan sederhana.

Saat ini sudah ada 10 produk investasi reksadana yang tersedia di Bukalapak, seperti pasar saham, uang dan lainnya. Investor dapat memilih produk mana yang sesuai dengan tujuan investasi yang akan dilakukan dengan keuntungan yang tinggi. Bahkan investor juga dapat menjual unit reksadana tersebut secara real-time dan hasilnya akan langsung masuk ke saldo Bukadompet yang dimiliki.

2. Tokopedia

Menyusul Bukalapak, di tahun 2018 Tokopedia juga menyediakan fitur investasi reksadana yang cukup menarik untuk dipertimbangkan para investor. Marketplace untuk investasi ini hanya menyediakan satu produk reksadana yaitu Syailendra Dana Kas. Ada dua tipe reksadana yang dapat dipilih yaitu konvensional dan syariah.

Dengan modal yang terjangkau yaitu minimal Rp 10.000, investor dapat berinvestasi dengan mudah dan aman. Keuntungan yang akan didapatkan dengan investasi melalui Tokopedia cukup lumayan. Karena tidak ada potongan pajak maupun biaya administrasi. Untuk pencairan investasi ini juga sangat instan karena hanya dalam hitungan menit saja.

3. Gojek

Salah satu terobosan baru dari Gojek adalah Go Investasi. Fitur Go Investasi akan menawarkan produk investasi serta tabungan berupa emas. Seperti yang diketahui, emas menjadi komoditas tahan inflasi yang sangat jarang mengalami penurunan nilai. Di mana emas yang sudah dibeli tersebut dapat ditarik secara fisik maupun dijual kembali melalui GoPay.

Ada beberapa layanan yang ditawarkan oleh Go Investasi. Yang pertama investasi dapat dimulai dari 0,01 gram saja. Kemudian pembelian emas dengan mark up 0% dari harga pasar. Serta penjualan emas dengan ketentuan 3% dari bid ask spread.

4. Shopee

Siapa sangka jika marketplace yang satu ini juga meluncurkan produk investasi. Dengan menggandeng Pegadaian, Shoppe menawarkan investasi berupa emas batangan untuk para investor. Investasi emas yang dilakukan melalui Shopee sangatlah mudah. Investor dapat melakukan top-up dengan nominal yang cukup kecil.

Selain itu proses jual beli emas melalui Shopee juga dapat dilakukan dengan cepat. Tentunya menyesuaikan dengan harga jual beli emas yang ada di Pegadaian. Syarat berinvestasi emas melalui Shopee sangat mudah, karena investasi minimal cukup dengan Rp 500 saja dan pembelian emas mulai dari Rp 5.000.

5. Bareksa

Marketplace Bareksa memiliki fitur khusus untuk melakukan investasi reksadana. Dalam Bareksa, investor dapat melihat kondisi pasar terkini sehingga produk reksadana yang dipilih akan lebih presisi dan sesuai dengan perkembangan.

Yang menarik dari Bareksa adalah fitur Bareksa Umroh. Fitur ini dapat dipilih bagi siapapun yang ingin berangkat umroh dengan cara menabung reksadana syariah. Selain itu, investor juga dapat melihat nominal modal awal dan hasil yang didapatkan dari investasi sesuai dengan jangka waktu tertentu.

Nah itulah beberapa marketplace untuk investasi yang direkomendasikan saat ini. Dengan berinvestasi melalui marketplace, investor dapat melakukannya dengan mudah. Karena investasi ini dilakukan secara daring atau online. Bahkan banyak produk investasi yang dapat dipilih tentunya dengan keuntungan yang tidak sedikit. Menyenangkan bukan?