Syarat Menjadi Teller Bank

Apa Saja Syarat Menjadi Teller Bank? Yuk, Kepoin!

Setiap bank pasti memiliki syarat menjadi teller bank yang berbeda-beda. Namun, ada sejumlah persyaratan umum yang diberlakukan oleh semua bank. Apa sajakah persyaratan tersebut? Untuk lebih jelasnya, simak artikel ini hingga akhir.

Syarat Menjadi Teller Bank

Sebelum melamar posisi sebagai teller bank, sebaiknya ketahui terlebih dahulu syarat menjadi teller bank. Syarat umum yang pertama untuk menjadi teller bank yaitu memiliki tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita dan 165 cm untuk laki-laki.

Baca Juga :  Tips Menjadi Teller Bank, Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Melamar di Bank

Syarat yang selanjutnya adalah memiliki tampilan yang menarik atau good looking. Hal ini berkaitan dengan tugas teller yang harus memberikan pelayanan secara langsung kepada nasabah dalam melakukan transaksi.

Syarat untuk menjadi teller bank yang lainnya yaitu belum menikah atau tidak menikah sampao waktu yang telah disepakati dalam kontrak kerja. Selain itu, bank biasanya juga memberikan syarat mampu berbahasa Inggris dengan lancar baik tulis maupun lisan.

Memiliki ketelitian dan kesabaran juga merupakan syarat menjadi teller bank yang lainnya. Seorang teller bank harus sabar dan ramah terhadap nasabah yang datang untuk melakukan transaksi serta teliti dalam menghitung jumlah uang dalam setiap transaksi.

Baca Juga :  Ini 7 Tugas Teller Bank yang Perlu Anda Ketahui!

Syarat Khusus Menjadi Teller Bank

Untuk persyaratan tertulis, biasanya pihak bank memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda harus selalu memantau informasi terkait lowongan pekerjaan sebagai teller dan memahami syarat-syarat yang dibutuhkan.

Setelah mengetahui syarat menjadi teller bank, Anda juga perlu tahu tugas dari teller bank. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mempersiapkan pekerjaan dengan baik, apabila sudah diterima kerja sebagai teller bank.

1. Memiliki ketelitian dan kejelian

Seorang teller dituntut untuk mempunyai  ketelitian dan kejelian, khususnya ketika menangani masalah keuangan. Jadi, seorang teller tidak boleh membuat kesalahan transaksi karena akan merugikan nasabah dan juga bank

Baca Juga :  Tips Menjadi Teller Bank, Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Melamar di Bank

2. Berpenampilan menarik

Selain itu, tugas teller bank juga harus benampilan menarik dan sesuai dengan standar bank, karena teller selalu bertemu nasabah setiap hari ketika melakukan transaksi.

Sebagai gambaran, standar penampilan menarik yaitu berpakaian yang rapi, rambut rapi, menggunakan ID card, dan lain sebagainya. Disamping itu, teller bank juga harus pandai dalam berkomunikasi semua yang nasabah  butuhkan bisa diproses sesuai dengan prosedur.

3. Disiplin waktu

Nah, tugas dari teller bank yang lainnya yaitu datang tepat waktu. Seorang teller bank harus disiplin waktu karena harus menyiapkan seluruh perlengkapan kerja dengan baik. Sebelum jam kerja dimulai, seorang teller juga wajib untuk memastikan perlengkapan kerja bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Ini 7 Tugas Teller Bank yang Perlu Anda Ketahui!

Contoh perlengkapan kerja yang biasanya dibutuhkan yaitu alat cek uang palsu, alat penghitung uang, dan peralatan tulis menulis. Hal ini bertujuan agar tidak ada masalah dan tidak mengganggu ketika menangangi para nasabah.

4. Bersikap ramah dan sopan

Selajutnya, tugas teller bank yaitu harus ramah dan sopan kepada setiap nasabah yang membutuhkan pelayanan. Ucapkan salam (seperti selamat pagi/siang/sore) terlebih dahulu sebelum menanyakan keperluan nasabah datang ke bank.

Baca Juga :  Tips Menjadi Teller Bank, Cocok Untuk Kamu Yang Ingin Melamar di Bank

Selain itu, ucapkan juga terima kasih dan selalu berikan senyuman ketika memberikan pelayanan kepada nasabah. Biasanya, hal-hall seperti ini sudah tertulis sesuai dengan kebijakan dari pihak bank.

5. Teliti dalam berhitung

Tugas dari teller bank yang selanjutnya yaitu harus teliti dalam menghitung. Seorang teller pasti akan berurusan dengan uang setiap harinya. Baik itu uang tarik tunai atau transaksi setoran.

Nah, itulah ulasan tentang sejumlah syarat menjadi teller bank serta tugasnya. Pekerjaan ini memang tidaklah sepele dan membutuhkan ketelitian yang tinggi.

yang di cari pengunjung jaminan jadi teller bank,kriteria ideal teller,persyaratan teller,Syarat jadi te