Tugas Teller Bank

Ini 7 Tugas Teller Bank yang Perlu Anda Ketahui!

Buat orang-orang yang tertarik untuk menjadi teller bank, sebaiknya ketahuit terlebih dahulu apa itu teller bank, tugas teller bank, dan hal lain yang terkait. Hal ini bertujuan agar Anda tidak kaget dan bisa menyiapkan semuanya dari jauh hari.

Nah, untuk mengetahui beberapa hal terkait teller bank, seperti pengertian dan tugasnya, simak ulasannya berikut ini.

Apa Itu Teller Bank?

Teller Bank merupakan salah satu posisi di bank yang bertugas untuk melayani nasabah khususnya dalam hal transaksi keuangan perbankan, baik dari nasabah ataupun non nasabah.

Seorang teller akan selalu memberikan layanan, bantuan, penanganan, serta solusi kepada nasabah yang melakukan transaksi keuangan perbankan.

Tugas Teller Bank

Teller bank memiliki tugas yang terbilang cukup banyak, khususnya di bidang pelayanan nasabah. Lantas, apa sajakah tugas dari teller bank? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Memiliki ketelitian dan kejelian

Seorang teller dituntut untuk mempunyai  ketelitian dan kejelian, khususnya ketika menangani masalah keuangan. Jadi, seorang teller tidak boleh membuat kesalahan transaksi karena akan merugikan nasabah dan juga bank

2. Berpenampilan menarik

Selain itu, tugas teller bank juga harus benampilan menarik dan sesuai dengan standar bank, karena teller selalu bertemu nasabah setiap hari ketika melakukan transaksi.

Sebagai gambaran, standar penampilan menarik yaitu berpakaian yang rapi, rambut rapi, menggunakan ID card, dan lain sebagainya. Disamping itu, teller bank juga harus pandai dalam berkomunikasi semua yang nasabah  butuhkan bisa diproses sesuai dengan prosedur.

3. Disiplin waktu

Nah, tugas dari teller bank yang lainnya yaitu datang tepat waktu. Seorang teller bank harus disiplin waktu karena harus menyiapkan seluruh perlengkapan kerja dengan baik. Sebelum jam kerja dimulai, seorang teller juga wajib untuk memastikan perlengkapan kerja bisa berfungsi dengan baik.

Baca Juga :  Apa Saja Syarat Menjadi Teller Bank? Yuk, Kepoin!

Contoh perlengkapan kerja yang biasanya dibutuhkan yaitu alat cek uang palsu, alat penghitung uang, dan peralatan tulis menulis. Hal ini bertujuan agar tidak ada masalah dan tidak mengganggu ketika menangangi para nasabah.

4. Bersikap ramah dan sopan

Selajutnya, tugas teller bank yaitu harus ramah dan sopan kepada setiap nasabah yang membutuhkan pelayanan. Ucapkan salam (seperti selamat pagi/siang/sore) terlebih dahulu sebelum menanyakan keperluan nasabah datang ke bank.

Selain itu, ucapkan juga terima kasih dan selalu berikan senyuman ketika memberikan pelayanan kepada nasabah. Biasanya, hal-hall seperti ini sudah tertulis sesuai dengan kebijakan dari pihak bank.

5. Teliti dalam berhitung

Tugas dari teller bank yang selanjutnya yaitu harus teliti dalam menghitung. Seorang teller pasti akan berurusan dengan uang setiap harinya. Baik itu uang tarik tunai atau transaksi setoran.

Oleh karena itu, teller harus memastikan untuk menghitung uang tersebut melalui alat yang ada dan konfirmasi tentang jumlah uangnya ke nasabah serta menghitung uang di depan nasabah secara langsung. Jangan sampai terjadi  kesalahan dalam mencatat nominal uang, karena hal tersebut adalah kesalahan fatal.

6. Update transaksi

Tugas teller bank yang selanjutnya yaitu melakukan update atau pembaharuan transaksi di sistem komputer bank, ketika ada nasabah yang ingin melakukan transaksi baik tunai maupun non tunai.

7. Memberikan slip kwitansi

Seorang teller juga bertugas untuk memberikan slip kwitansi kepada nasabah yang sudah melakukan proses setor/tarik dan sudah tanda tangan sebagai tanda pengesahan.

Selain itu, teller bank juga bertuugas untuk menyesuaikan jumlah kas di sebuah sistem dengan kas di terminalnya. Nah, itulah ulasan lengkap tentang pengertian dan tugas teller bank. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.