Tugas Customer Service Bank

Mau Jadi CS Bank? Ini dia 6 Tugas Customer Service Bank

Bagi Anda yang ingin melamar menjadi customer service di suatu bank, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa saja tugas customer service bank. Hal ini bertujuan agar Anda dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjalankan tugas dari cutomer service bank berikut ini.

1. Melayani Pembukaan, Pemblokiran dan Penutupan Rekening Bank

Salah satu tugas dari customer service yang paling umum diketahui oleh kebanyakan orang adalah melayani berbagai kebutuhan nasabah terkait rekening bank. Salah satu layanan terkait rekening bank yaitu pembukaan rekening bank.

Ketika ada nasabah yang ingin membuka rekening bank baru, maka nasabah harus menemui customer service. Selanjutnya, customer service akan memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada nasabah serta memandu nasabah tentang hal apa saja yang perlu dilakukan untuk membuka rekening bank.

Selain memberikan pelayanan untuk membuka rekening bank, customer service juga bertugas untuk melayani pemblokiran rekening bank. Pemblokiran rekening bank ini bisa saja terjadi karena beberapa alasan seperti kartu ATM hilang, dan lain sebagainya.

Tugas customer service bank yang juga terkait dengan rekening bank yaitu melayani penutupan rekening bank. Jadi, jika nasabah ingin menutup rekening tabungan maupun rekening giro karena alasan tertentu, maka datanglah ke customer service bank.

2. Memberikan Penjelasan Terkait Produk/Jasa Bank

Selain bertugas untuk melayani pembuatan, pemblokiran, dan penutupan rekening bank, cutomer service juga bertugas untuk memberikan penjelasan tentang produk atau jasa dari bank tempat ia bekerja.

Customer service perlu menjelaskan tentang syarat-syarat dan prosedur yang diperlukan oleh nasabah jika ingin menggunakan jasa bank tersebut.

3. Mencetak Bilyet Giro dan Cek

Tugas customer service bank yang selanjutnya yaitu mencetak bilyet giro dan cek. Bagi yang belum tahu apa itu bilyet giro, bilyet giro merupakan surat perintah yang berguna untuk melakukan pemindahbukuan nasabah ke bank lain.

Jadi, nasabah bisa memindahkan uang yang ada direkeningnya ke rekening penerima yang telah ditulis oleh nasabah.

4. Memberikan Informasi Saldo Rekening kepada Nasabah

Orang yang bertugas untuk memberikan informasi saldo rekening kepada nasabah adalah customer service. Selain itu, tugas cs bank juga menyetak struk mutasi saldo rekening jika nasabah membutuhkannya.

5. Memberikan Berbagai Pelayanan Jasa

Tugas customer service bank yang selanjutnya yaitu memberikan berbagai macam pelayanan jasa kepada nasabah. Contoh pelayanan jasa yang diberikan oleh customer service yaitu seperti pemindahbukuan rekening bank, inkaso, surat referensi bank, dan lainnya.

Pelayanan pemindahan bank juga dilakukan oleh customer service. Jadi, jika nasabah ingin mengganti atau memindah rekening bank yang dimiliki saat ini, maka nasabah bisa datang secara langsung ke customer service bank.

Customer service juga bertugas untuk menyiapkan sejumlah administrasi tentang beberapa dokumen yang dibutuhkan saat proses pelayanan berlangsung. Contoh dokumen yang biasanya dibutuhkan yaitu KTP, KK, kartu ATM, buku tabungan, dan lain sebagainya tergantung dari jenis jasanya.

6. Tugas CS Lainnya

Selain sejumlah tugas di atas, tugas customer service bank lainnya yaitu bisa saja berasal dari atasan. Tentu tugas ini tidak bisa diprediksi karena semua tergantung dari atasan yang memberikan tugas kepada CS bank.

Jadi, jika Anda bercita-cita ingin menjadi customer service di suatu bank, maka Anda harus siap menjalankan semua tugas yang telah dijelaskan di atas. Anda harus menjalankan semua tugas tersebut secara sungguh-sungguh karena itu semua merupakan tanggung jawab pekerjaan.

yang di cari pengunjung tugas CS bank,tugas customer service bank,tugas customer service bank bri