Cara daftar asuransi kesehatan

Begini Cara Daftar Asuransi Kesehatan Termudah

Saat ini kepemilikan polis asuransi kesehatan sudah sangat diperlukan. Mengingat setiap tahunnya biaya pengobatan terus mengalami peningkatan. Bahkan tidak menjamin sebanding dengan gaji yang didapatkan. Sayangnya masih ada yang belum paham bagaimana cara daftar asuransi kesehatan. Berikut informasi cara termudah daftar asuransi kesehatan:

MENUJU TOPIK

Daftar Secara Online

Jika memang tidak ada waktu untuk daftar sendiri ke perusahaan asuransi yang dipilih, silahkan lakukan secara online saja. Daftar asuransi kesehatan semacam ini sangat praktis dan lebih mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Menyiapkan Berkas Yang Dibutuhkan

Langkah pertama adalah siapkan beberapa berkas yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran. Setiap perusahaan asuransi biasanya memberikan ketentuan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu pahami dulu apa saja berkas yang dibutuhkan. Jika sudah segera siapkan dengan baik. Pada umumnya berkas yang dibutuhkan meliputi KTP, KK, akta kelahiran, hingga NPWP.

2. Buka Alamat Situs Perusahaan Asuransi Dan Isi Formulir

Selanjutnya tinggal masuk saja ke alamat situs perusahaan asuransi kesehatan yang dipilih. Sebelumnya pastikan koneksi internet dalam kondisi lancar supaya proses pendaftaran jadi lebih cepat. Biasanya begitu website terbuka, pendaftar akan diarahkan untuk mengisi formulir data diri secara online.

3. Pilih Premi Sesuai Kemampuan Lalu Simpan Data

Setelah isi formulir, bisa lanjut untuk memilih kisaran premi yang diinginkan. Ingat pastikan untuk memilih sesuai dengan kemampuan, jangan tergiur dengan nominal yang besar. Jika sudah segera simpan data lalu tunggu notifikasi dari e-mail yang berisi nomor registrasi.

4. Cetak Lembar Virtual Account Dan Lakukan Pembayaran Di Bank

Ketika sudah ada notifikasi via email, maka akan muncul semacam lembar virtual account. Lembar tersebut harus dicetak sebagai bukti. Selanjutnya tinggal membayar iuran ke bank yang sebelumnya telah ditunjuk oleh perusahaan asuransi tersebut. Jangan lupa membawa lembar virtual account tadi.

5. Tunggu Konfirmasi

Jika proses pendaftaran serta pembayaran berhasil, maka biasanya pendaftar hanya cukup menunggu konfirmasi. Tentu saja dari pihak perusahaan asuransi terkait. Nanti akan dihubungi via telepon yang memberitahu jika proses pendaftaran sudah berhasil dilakukan.

Daftar Secara Offline

Ada juga cara daftar asuransi kesehatan lain yang bisa dicoba yaitu secara offline. Dengan cara ini pendaftar harus pergi langsung ke perusahaan penyedia asuransi kesehatan. Berikut prosedur pendaftaran asuransi kesehatan secara offline:

1. Buat Janji Dengan Perusahaan Asuransi

Pertama pendaftar harus buat janji dulu dengan pihak perusahaan asuransi kesehatan. Cara termudah melakukan janji temu via telepon. Nanti akan diarahkan waktunya sehingga begitu datang, akan langsung dilayani oleh petugas terkait. Jangan lupa pilih perusahaan asuransi kesehatan yang sudah terpercaya dan kredibel.

2. Mempersiapkan Dokumen Yang Dibutuhkan

Sebelum berangkat untuk memenuhi janji temu dengan perusahaan asuransi kesehatan yang dipilih, ada langkah yang harus dilakukan. Persiapkan dulu berkas-berkas atau dokumen yang dibutuhkan. Pada umumnya berkas yang diperlukan adalah KTP, KK, serta akta lahir calon pemegang premi asuransi kesehatan.

3. Wawancara Singkat Dengan Petugas Yang Bersangkutan

Saat berkas sudah siap, langsung saja menuju perusahaan asuransi sesuai waktu yang ditentukan. Setelah sampai, biasanya akan diarahkan pada agen yang sedang bertugas. Umumnya pihak tersebut akan melakukan wawancara kecil. Misalnya tentang data diri atau kelengkapan data lainnya terkait pendaftar.

4. Mendengarkan Penjelasan Petugas Asuransi Terkait Kewajiban Dan Hak Pemegang Polis

Langkah selanjutnya tinggal dengarkan arahan dari petugas asuransi. Informasi yang diberikan umumnya tentang beberapa hak dan kewajiban dari pemegang polis. Tentunya sesuai dengan jumlah premi yang sebelumnya telah disepakati. Silahkan bertanya jika seumpama ada yang kurang jelas dan tidak dimengerti.

5. Isi Dokumen Dan Tanda Tangan

Terakhir setelah dirasa sudah paham, pendaftar akan diarahkan untuk mengisi dokumen tambahan. Dokumen tersebut juga harus disahkan dengan cara ditandatangani oleh pendaftar asuransi kesehatan. Nantinya dokumen tersebut akan diajukan ke kantor pusat sehingga polis asuransi bisa dikeluarkan.

Itu tadi cara daftar asuransi kesehatan termudah. Jaman sekarang ada baiknya tak perlu berpikir dua kali untuk daftar asuransi kesehatan. Lagipula sangat mudah untuk mendaftar, tinggal sesuaikan saja budget dengan premi yang harus dibayarkan tiap bulan.