Bisakah Aset Kripto Dipilih Menjadi Investasi Jangka Pendek

Menurut penelitian terbaru banyak investor menggunakan dan memilihaset kripto sebagai investasi jangka panjang. Hal ini karena pilihan ini menurut investor dinilai lebih aman, menguntungkan, sangat minim risiko terjadinya kerugian. Sehingga lebih memilih bermain aman agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal dengan minimnya kerugian yang terjadi.

Fakta inilah yang membuat banyak orang bertanya apakah kripto aman jika diinvestasikan dalam waktu singkat saja. Perlu diketahui semakin singkat waktu untuk investasi biasanya akan semakin tinggi juga risiko dihadapi. Pernyataan seperti ini sebenarnya sudah memberikan kamu gambaran tentang aman tidaknya memilih jenis ini.

Setiap menentukan jangka waktu investasi aset kripto memang ada kelebihan maupun kekurangannya yang harus dipertimbangkan. Agar lebih aman sebaiknya dari awal tentukan terlebih dahulu apa tujuan kamu memilih investasi ini. Simak juga gambaran kelebihan serta kekurangannya yang akan dijelaskan di bawah ini sebagai gambaran umum.

Kelebihan dan Kekurangan Memilih Kripto Sebagai Investasi Jangka Pendek

Perlu diketahui investasi jangka pendek sebenarnya dibagi ke dalam jangka waktunya yaitu per jam, per hari atau hitungan bulan. Ada banyak pilihan investasi jenis ini yang cukup menguntungkan untuk kamu misalnya deposito. Namun jika kamu tertarik aset ini sebaiknya simak terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya.

1. Kelebihan

Paling utama memilih investasi jangka pendek agar bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu singkat. Kamu tidak perlu membuang waktu demi mendapatkan hasil dari dana yang sudah diinvestasikan. Semakin cepat keuntungan didapatkan maka semakin besar juga kemungkinan hasil tersebut lebih mudah untuk terkumpul banyak.

Memilih kripto sebagai aset jangka pendek dapat dikatakan cukup baik asalkan kamu memahami betul bagaimana cara trading. Memperbanyak ilmu tantang kripto membantu kamu mencari celah mendapatkan keuntungan secara cepat. Jadi jangan batasi diri untuk terus belajar banyak hal agar mendapatkan hasil cepat bukan sekedar angan-angan.

2. Kekurangan

Selain memiliki kelebihan tentu saja ada banyak kekurangannya juga yang harus diketahui sebagai fakta penting. Ada banyak celah dimana kemungkinan kamu rugi semakin besar karena butuh waktu dan perhatian. Berbeda dengan jangka panjang dimana tidak terlalu butuh perhatian karena dibiarkan saja sampai batas waktu selesai.

Maka memilih aset kripto sebagai investasi untuk jangka pendek cukup memiliki risiko khususnya bagi pemula. Minimnya pengetahuan yang dimiliki tentang kripto itu sendiri membuat kamu menjadi kesulitan serta rentan mengalami kerugian. Jadi jika ingin investasi dalam waktu terbatas sebaiknya pertimbangkan matang demi meminimalkan risiko kerugian.

Tips Agar Investasi Kripto Jangka Pendek Mampu Memberi Keuntungan

Sebenarnya apapun jenis investasinya maupun jangka waktunya tetap sangat mungkin memberikan keuntungan maksimal. Asalkan kamu mengetahui dan mempelajari berbagai tips yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan peluangnya. Maka dari itu gunakan beberapa tips di bawah ini untuk membantu kamu mendapatkan keuntungan secara singkat dengan memilih kripto.

1. Tentukan waktu paling tepat

Trading aset kripto dapat dilakukan kapanpun tanpa adanya batasan waktu dan tempat sehingga lebih fleksibel. Namun jangan terlalu membuang banyak waktu untuk analisis pasar yang tidak terarah atau tanpa perhitungan. Lebih baik buat jadwal agar dapat berinvestasi dengan tepat meskipun kamu memiliki kebebasan dalam bertransaksi.

2. Mulai gunakan modal kecil saja

Banyak orang berpikir cara instan mendapatkan untung adalah dengan mengeluarkan modal besar secara singkat. Sebaiknya mulai dengan modal kecil kemudian bertahap dinaikkan agar dapat mengetahui untung ruginya. Dari situ kamu juga banyak belajar apakah kripto benar-benar menjadi investasi yang menguntungkan atau tidak.

3. Hindari menggunakan scalping

Pernahkah kamu mendengar scalping atau strategi trading yang sering digunakan untuk investasi khususnya jangka pendek. Strategi ini digunakan untuk mendapatkan untung dari selisih harganya meskipun tidak besar. Sayangnya jika kamu tidak memahaminya dengan baik justru akan rugi karena banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk transaksi.

Mempelajari banyak hal tentang kripto memang menjadi daya tarik tersendiri daripada sekedar menginvestasikan aset kamu. Kerap kali dijadikan sebagai investasi untuk waktu lama bisakah kripto dijadikan aset untuk beberapa waktu saja. Kemungkinan bisa selalu terbuka lebar asalkan kamu tahu bagaimana tips memulai transaksi aset kripto.