Apa Saja Mata Uang Digital Terbaik, Ini Dia Daftarnya

Mata uang digital terbaik memang layak untuk menjadi salah satu instrumen investasi. Apalagi saat ini dunia digital terus tumbuh dengan sangat cepat. Pasti untuk alat tukar juga akan mengalami perubahan dalam beberapa tahun kedepan. Sedangkan mata uang digital sudah terlihat sebagai salah satu yang menjanjikan.

Cryptocurrency atau mata uang virtual pada dasarnya memiliki mekanisme dan sistem yang jauh berbeda dengan mata uang biasa. Dari segi transaksi, kamu tidak membutuhkan pihak ketiga atau sejenisnya. Sedangkan dari segi keamanan, cryptocurrency menawarkan sistem enkripsi keamanan jauh lebih baik.

Hal ini membuat saat ini banyak orang menambang koin krypto melalui perangkat kerasnya. Sudah ada ratusan, bahkan ribuan jenis cryptocurrency yang telah beredar. Bahkan Indonesia juga memiliki salah satunya dengan nama Cyronium. Lalu apa saja koin krypto terbaik? Dan bagaimana sebuah koin krypto dikatakan terbaik?

Daftar Mata Uang Digital Terbaik

Karena ada banyak sekali jenis cryptocurrency, tentu tidak semua bisa memiliki nilai tinggi. Hanya beberapa koin krypto saja yang nilainya sudah mencapai angka puluhan hingga ratusan juta. Selain itu, koin krypto terbaik bisa terlihat dari berapa banyak orang melakukan transaksi dengan mata uang tersebut.

1. Bitcoin (BTC)

Bitcoin sudah sejak lama mendominasi cryptocurrency. Sejak hadir pada beberapa tahun lalu, Bitcoin memang tidak langsung memiliki nilai. Namun setelah berjalan beberapa tahun, nilainya mengalami kenaikan tajam. Bahkan jika dibandingkan dengan emas atau minyak, nilai Bitcoin masih jauh lebih unggul.

Di bulan Februari 2021 nilai Bitcoin bahkan hampir menyentuh angka Rp 750 juta. Nilai ini menjadikan Bitcoin sebagai koin krypto dengan nilai paling tinggi di dunia. Hal ini yang membuat banyak orang mulai berinvestasi pada mata uang digital terbaik ini karena melihat potensi market cap-nya.

2. Ethereum (ETH)

Ethereum mampu mencapai posisi kedua sebagai mata uang digital terbaik saat ini. Perjalanan panjang Ethereum sempat mengalami nilai anjlok, terutama pada tahun 2018 lalu. Menariknya, koin krypto ini bisa melakukan upgrade. Saat ini Ethereum hadir dalam versi 1.0, namun akan di upgrade menjadi Ethereum 2.0.

Di bulan Februari 2021, nilai Ethereum mencapai hampir Rp 30 juta untuk setiap koin. Meskipun nilainya mengalami naik turun, namun Ethereum menjadi salah satu koin krypto yang paling banyak ditambang. Bahkan market cap-nya saat juga terus tumbuh dengan sangat cepat yang membuatnya menjadi populer.

3. Ripple (XRP)

Koin krypto ketiga yang dianggap terbaik adalah Ripple. Ada banyak alasan mengapa Ripple mampu menjadi 3 teratas koin krypto terbaik. Salah satunya adalah Ripple rajin melakukan kerjasama dengan lembaga keuangan dunia. Sebut saja Western Union hingga Master Card yang sudah sejak lama melakukan kerjasama.

Bagaimana Bisa Mata Uang Disebut Terbaik?

Ada beberapa alasan mengapa sebuah koin krypto disebut sebagai terbaik. Pertama adalah nilai pasarnya apakah akan terus naik atau tidak. Jika terus naik, maka harganya juga terus mengalami kenaikan tajam. Sebut saja Ripple yang memiliki nilai pasar sebesar lebih dari USD 1 triliyun.

Namun, jika dilihat dari nilai tukarnya, Ripple masih cukup murah. Hal ini karena untuk setiap koin Ripple hanya dihargai Rp 7 ribuan saja. Namun bukan berarti Ripple tidak akan mengalami kenaikan tajam. Market cap-nya saja sudah naik beberapa kali lipat dan terus tumbuh.

Ada juga karena kebutuhan serta jumlah transaksi yang dilakukan. Bitcoin yang hampir menyentuh angka Rp 740 juta sudah ada ratusan kali transaksi. Hal ini menunjukkan bahwa koin krypto dianggap lebih aman dari segi keamanan maupun nilai.

Menariknya, Bitcoin bisa menjadi pengendali dari cryptocurrency lain. Jika Bitcoin mengalami penurunan nilai, maka koin krypto lain juga akan mengikutinya. Hal ini pernah terjadi pada 2018 lalu ketika hampir semua koin krypto anjlok. Namun kemudian mulai naik kembali hingga ke angka stabil.

Ditambah dengan sulitnya melakukan penambangan koin krypto. Sebagai contoh, untuk peralatan penambangan saja membutuhkan kartu grafis dengan harga puluhan juta. Ditambah lama waktu menambang yang semakin membuat nilainya semakin naik karena untuk mendapatkan 1 koin saja butuh waktu lama.

Koin krypto memang menjadi salah satu aset yang sangat menjanjikan untuk sebuah investasi. Nilainya terus mengalami kenaikan seiring kebutuhan transaksi digital. Tidak heran jika saat ini banyak cryptocurrency baru yang muncul untuk menjadi mata uang digital terbaik.