Bagaimana Cara Menambang Mata Uang Digital dengan Mudah?

Tingginya harga sebuah cryptocurrency membuat banyak orang ingin mengerti cara menambang mata uang digital tersebut. Seperti yang diketahui, cryptocurrency memiliki keunikan tersendiri sebagai sebuah mata uang. Menariknya, saat ini sudah ada banyak sekali cryptocurrency yang bermunculan. Artinya ada banyak kesempatan mendapatkan koin krypto.

Namun, yang menjadi masalah adalah cryptocurrency hanya bisa didapatkan melalui dua hal. Pertama adalah dengan cara menambangnya. Kedua adalah dengan cara melakukan transaksi dengan pemilik mata uang digital tersebut. Namun, untuk bisa melakukan transaksi menggunakan mata uang digital, kamu perlu memiliki enkripsi Blockchain.

Jadi, jika kamu ingin sebuah koin krypto maka harus menambangnya terlebih dahulu. Namun bagaimana cara menambangnya? Bagaimana sebuah mata uang didapatkan dari hasil menambang? Pertanyaan ini sering muncul dari para pemula yang ingin mendapatkan koin krypto. Oleh sebab itu, berikut bagaimana cara menambang koin krypto.

Menyiapkan Proses Penambangan dengan Benar

Cara menambang mata uang digital memang ada kemiripan dengan penambangan pada dunia nyata. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua koin krypto bisa didapatkan dari penambangan. Ditambah dengan setiap jenis koin krypto memiliki caranya sendiri-sendiri. Bisa dikatakan bahwa setiap koin krypto memiliki perbedaan dengan lainnya.

Langkah pertama dalam menyiapkan proses penambangan adalah mempelajari tentang enkripsi koin yang menjadi tujuan. Sebagai contoh, jika kamu ingin menambang Bitcoin maka perlu melihat bagaimana cara menambangnya dan berapa ketersediaan koinnya. Sejak Bitcoin muncul, sang pencipta telah menetapkan bahwa hanya ada 21 juta koin Bitcoin.

Meskipun hanya ada 21 juta coin, namun faktanya semua koin tersebut tidak akan habis jika ditambang selama 100 tahun sekalipun. Selain itu, proses penambangan sekarang dan beberapa tahun terakhir juga pasti berbeda. Misalnya karena persaingan antar penambang, hingga ketersediaan kartu grafis untuk penambangan.

Hal penting selanjutnya adalah memahami bagaimana kebutuhan dalam setiap penambangan. Cara menambang mata uang digital juga dipengaruhi oleh seperti alat yang digunakan. Karena proses penambangan butuh waktu lama, maka tentu membutuhkan kartu grafis kuat. Hal ini yang mungkin tidak disadari oleh beberapa penambang pemula.

Dampak dari kebutuhan kartu grafis tersebut adalah langkanya ketersediaan kartu grafis. Hal tersebut membuat harga kartu grafis meningkat dengan tajam. Kamu juga butuh modal untuk membelinya untuk proses penambangan. Belum lagi dengan biaya listrik yang dipakai selama proses penambangan hingga mendapatkan 1 koin krypto.

Mulai mendirikan Penambangan Mata Uang Krypto

Ketika proses dasar penambangan sudah kamu pahami, maka selanjutnya adalah mendirikan penambangan mata uang krypto. Dalam mendirikan sebuah penambangan, kamu membutuhkan 3 hal yang sangat perting. Pertama adalah dompet, kedua aplikasi penambangan, dan ketiga adalah perangkat keras yang dibutuhkan selama menambang.

  1. Pertama adalah menyiapkan perangkat keras yang dibutuhkan selama proses menambang. Seperti yang sudah kamu ketahui, menambang koin krypto membutuhkan waktu lama. Oleh sebab itu komputer dengan spesifikasi tinggi sangat dibutuhkan. Ditambah dengan adanya kartu grafis super kuat.

Harga untuk setiap perangkat keras tersebut juga sangat mahal. Bahkan untuk kartu grafis khusus menambang saja harganya mencapai puluhan juta. Inilah yang menyebabkan harga setiap koin krypto sangat mahal. Bahkan harganya bisa mencapai angka ratusan juta hanya untuk 1 koin saja.

  1. Kedua adalah menyiapkan dompet online. Ada banyak dompet online yang saat ini bisa dipakai untuk proses menambang. Cara menambang mata uang digital ini mungkin banyak orang tidak menyangka. Padahal, dompet online bertujuan untuk mengumpulkan setiap koin atau token krypto yang didapatkan selama proses menambang.

Salah satu yang bisa dipakai adalah dompet online cold storage. Namun, untuk menentukan mana yang terbaik juga tergantung dari ketersediaan modal awal. Sesuaikan saja dengan kebutuhan untuk memilih mana dompet online pilihan. Jika sudah maka bisa langsung menyiapkan hal penting selanjutnya.

  1. Terakhir adalah menyiapkan aplikasi penambangan. Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk menambang. Misalnya untuk menambang Bitcoin, kamu bisa memakai MultiMiner, CgMiner, EasyMiner, hingga BitMiner. Ada banyak software atau aplikasi yang bisa digunakan secara gratis dengan banyak fitur menarik selama penambangan.

Cryptocurrency memang sangat menjanjikan karena memiliki nilai tinggi. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang ingin menambangnya. Namun sayangnya banyak orang tidak mengerti bagaimana caranya. Sedangkan cara menambang mata uang digital membutuhkan biaya besar dan waktu lama.