Mengenal Tentang Cryptocurrency dan Manfaatnya untuk Seorang Pemula

Mengenal tentang cryptocurrency pada dasarnya sangat diperlukan di era yang serba digital seperti saat ini. Dunia semakin berkembang dan hampir semua hal mulai beralih dari bentuk fisik menjadi non-fisik. Perubahan seperti ini kemungkinan akan membawa dampak besar di lingkungan masyarakat sehingga kamu perlu mengetahuinya.

Salah satunya adalah tentang mata uang yang saat ini sudah mulai ramai. Mata uang digital mulai berkembang dan mulai menjadi salah satu tren di kalangan pengusaha maupun investor. Membawa alat pembayaran berbentuk fisik pasti akan cukup merepotkan. Apalagi jika jumlah banyak dan membutuhkan tas besar.

Namun, ada satu hal menarik dalam dunia digital dengan hadirnya berbagai jenis alat pembayaran kripto. Alat pembayaran ini tidak bisa didapatkan dengan mudah dan perlu waktu lama menambangnya. Ya, benar, cara mendapatkan mata uang kripto adalah dengan cara menambang melalui mekanisme tertentu.

Apa Itu yang Dimaksud dengan Cryptocurrency?

Pada dasarnya cryptocurrency adalah istilah untuk menyebut mata uang digital. Mata uang ini tidak berbentuk secara fisik dan oleh sebab itu jumlahnya juga tidak banyak. Namun, ketika kamu mendapatkan 1 mata uang digital saja maka harganya bisa mahal. Ini yang membuat banyak orang rela mencarinya.

Menariknya, mata uang digital ini tidak memiliki pengelola atau pengendali. Jika mata uang fisik seperti rupiah memiliki pengendali seperi Bank Indonesia, maka cryptocurrency tidak memilikinya. Hal ini karena cryptocurrency pada dasarnya tidak terikat oleh hukum suatu negara. Sifatnya lebih bebas dan lebih terdesentralisasi.

Oleh sebab itu, penggunaan mata uang ini bisa dilakukan secara langsung dari pemberi dan penerima dengan cara peer-to-peer. Cara ini lebih mudah dan gampang karena penerima bisa langsung menerima hasil tanpa perantara. Sedangkan pengirim atau pemberi tidak perlu membayar biaya transaksi selama pengiriman.

Oleh sebab itu, saat ini sudah banyak orang mulai mengenal tentang cryptocurrency sebagai salah satu mata uang masa depan. Prosesnya yang bisa dipakai untuk berbagai hal dan lebih fleksibel cukup memudahkan setiap orang. Meskipun proses penambanganya cukup lama dan membutuhkan modal yang relatif besar.

Menariknya, setelah banyak orang mengenal tentang cryptocurrency, mulai muncul banyak jenis mata uang digital. Sebut saja Bitcoin yang sejak kemunculanya menunjukkan penguatan harga. Bahkan harganya bisa mencapai ratusan juta hanya untuk 1 Bitcoin saja. Selain itu, ada banyak lagi mata uang sejenis yang berkembang.

Ada beberapa cryptocurrency yang cukup populer seperti Bitcoin, Litecoin, dan Ethereum. Bahkan baru-baru ini nama Dogecoin mulai populer berkat Elon Musk. Di Indonesia sendiri juga ada mata uang krypto meskipun kurang terkenal karena masih perlu peninjauan.

Manfaat Crypto yang Perlu Diketahui

Bagi sebagian orang mungkin tidak peduli dengan adanya mata uang krypto. Namun bagi sebagian orang lain menganggapnya cukup penting. Potensi keuntungan dari setiap koin cukup besar dan bisa dipakai sebagai pembayaran yang bersifat virtual. Jadi kamu bisa memakainya untuk belanja online atau sejenisnya.

Di beberapa perusahaan besar dunia ada yang menerapkan kebijakan berupa pilihan gaji. Ada pilihan untuk menerima gaji dalam bentuk uang fisik atau berbentuk cryptocurrency. Beberapa tempat juga menerima cryptocurrency sebagai metode pembayaran. Hal itu dilakukan karena dianggap lebih mudah dan aman.

Terlebih lagi cryptocurrency tidak terpengaruh dengan isu keuangan global sehingga tidak akan terdampak inflasi. Seperti apapun kondisi ekonomi global, cryptocurrency akan tetap memiliki nilai tinggi. Bahkan bisa saja angkanya terus meningkat seiring permintaan dari banyak orang karena dianggap lebih aman.

Seperti yang sudah diketahui bahwa banyak orang mulai mengenal tentang cryptocurrency dan mulai menambangnya. Hal ini membuat banyak orang mulai menciptakan mata uang krypto baru sebagai salah satu alternatif. Hingga saat ini sudah ada 1000 lebih mata uang digital yang bisa ditambang oleh siapa saja.

Menariknya, Bitcoin yang menjadi salah satu cryptocurrency paling terkenal hanya diciptakan sebanyak 21 juta koin saja. Namun, semua koin tersebut akan mampu bertahan hingga lebih dari 100 tahun kedepan dan bisa digunakan oleh siapapun juga.

Cryptocurrency atau mata uang digital memang membawa perubahan besar dalam dunia ekonomi. Kehadirannya tanpa ada perantara ataupun lembaga yang membawahinya. Hal ini kemudian membuatnya bisa diakses oleh siapa saja. Oleh sebab itu kamu perlu mengenal tentang cryptocurrency demi menyiapkan masa depan.