cara mendapatkan kuota belajar dari kemendikbud
cara mendapatkan kuota belajar dari kemendikbud

Cara Mendapatkan Kuota Belajar dari Kemendikbud

cara mendapatkan kuota belajar dari kemendikbud  – Sejak awal mula covid-19 menyerang banyak sekali perubahan dalam beraktivitas sehari – hari, yang mulanya bebas berkumpul dengan siapa saja namun semenjak pandemic semua seakan berubah. Banyak kegiatan dan acara –acara yang harus di tunda bahkan harus di batalkan demi menghindari kerumunan, itu juga berlaku bagi kegiatan belajar siswa yang mengakibatkan sekolah tutup demi memutus rantai penyebaran virus ganas tersebut.

Sejak tahun 2020 pemerintah memberlakukan kegiatan belajar jarah jauh yakni melalui online tanpa bertatap muka secara fisik. Setiap siswa dibekali atau di beri dana bantuan berupa kuota internet sebagai pendukung kegiatan online. Bantuan tersebut mulanya akan berakhir di akhir bulan desember tahun 2020 lalu.

Namun kabar baik datang dari pemerintah melalui Kemendikbud  atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang rencananya akan kembali melanjutkan bantuan kuota bagi  pelajar untuk memudahkan proses pembelajaran siswa jarak jauh.  Menurutnya bantuan ini akan dicairkan dalam waktu dekat ini yang telah disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Makarim dalam rapat kerja komisi 10 DPR RI pada hari Rabu tanggal 20 Januari 2021 lalu yang disiarkan melalui channel YouTube resmi milik  DPR RI.

Baca Juga :  Cek Data Penerima Bantuan Sosial Kemensos di sini

Tentu berita tersebut merupakan kabar baik bagi para pelajar karena  bantuan subsidi kuota akan terus berlanjut hingga bulan Maret April dan Mei 2021, bantuan kuota yang di berikan terdiri dari kuota umum dan belajar, kuota umum dapat digunakan sebagaimana mestinya seperti kuota paket data pada umumnya, yakni dapat mengakses semua situs di internet.

Baca Juga :  Syarat penerima BLT Rp 350 Ribu langsung dari GRAISENA

Sedangkan untuk kuota belajar hanya dapat mengakses situs sarana pembelajaran. Kenapa lebih banyak kuota belajar? Yah pastinya karena tujuan pemerintah hanya untuk memudahkan proses pembelajaran.

Besaran Kuota Internet Yang di Dapat

Paket internet yang akan diterima oleh pelajar veriatif atau berbeda – beda yang tergantung  dari jenjang pendidikannya. Lalu berapakah? Yuk kita lanjut bahas.

inilah daftar lengkap untuk bantuan kuota internet  yang akan di dapat oleh setiap pelajar :

  • Peserta didik jenjang PAUD 20 Gigabyte perbulannya terdiri atas 5 GB kuota umum 15 GB kuota belajar dan bantuannya hanya berlaku selama 4 bulan
  • Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan sekolah menengah pertama akan mendapatkan 35 GB per bulan terdiri atas 5 GB kuota 30 GB kuota belajar
  • Peserta didik jenjang pendidikan menengah atas mendapatkan 42 Giga Byte per bulan terdiri atas 37 GB kuota belajar
  • Pengajar / dosen dan juga mahasiswa akan mendapatkan 50 giga byte per bulan yang terdiri atas 5 GB dan 45 GB kuota belajar
Baca Juga :  Bansos terakhir cair 300 rb cek disini

Untuk membaca  informasi lebih lengkapnya tentang panduan penggunaan kuota bantuan kamu bisa mengunjungi situs resmi pemerintah melalu laman berikut https/kuota belajar. kemendikbud.go.id selain itu kamu dapat mengakses informasi terkait pemanfaatan kuota belajar tersebut.

Setelah mengetahui besaran kuota yang akan di dapat, apakah kamu sudah mendapatkan paket data tersebut secara gratis, jika tidak mungkin no hp mu belum terdaftar di pusat. Lalu bagaimana caranya? Yuk kia bahas bersama.

cara mendapatkan kuota belajar dari kemendikbud dan syaratnya

 

Baca Juga :  tata cara pengajuan Bantuan Langsung Tunai Rp 350 Ribu langsung dari GRAISENA

Selanjutnya apa yang harus disiapkan atau syarat untuk mendapatkan bantuan ini?  Tentunya untuk syaratnya ialah kamu berstatus pelajar atau pengajar lalu langkah selanjutnya  mendaftarkan nomor HP terlebih dahulu dan yang kedua pastikan nomor HP tersebut masih aktif.

Bagaimana cara mendaftar program ini ? Cara daftar program ini cukup gampang yang pertama adalah siapkan nomor HP yang masih aktif tadi Kemudian berikan nomor HP kepada pihak sekolah atau perguruan tinggi dan selanjutnya pihak sekolah biasanya bagian tata usaha (TU) akan menyerahkan nomor calon penerima.

Menurut info yang telah kami beritahu di atas bantuan kuota internet telah didicairkan semenjak bulan mulai Maret lalu Jadi teman-teman jika merasa pelajar atau pengajar jika belum menerima bantuan kuota tersebut silakan langsung saja daftarkan nomor aktif kalian ke sekolah ataupun perguruan tinggi dimana tempat belajar.

Baca Juga :  Cara Mendapatkan Tunjangan Ibu Hamil 2023

setelah mendapatkan kuota di bantuan tersebut alangkah baiknya jika di gunakan sebagaimana mestinya, yaitu hanya di gunakan untuk proses kegiatan belajar dan mengajar. Besaran kuota tersebut memang cukup besar namun terkadang masih saja belum mencukupi, lalu bagaimana solusinya? Tak ada solusi lain melainkan harus menghemat penggunaan kuota. Yuk kita simak cara menghemat kuota internet.

Tips Menghemat Kuota Internet Tanpa Ribet

  • Membatasi aplikasi yang menyedot kuota
  • Menon aktifkan GPS
  • Matikan data seluler jika tidak terlalu diperlukan
  • Mode pesawat
  • Browsing menggunakan browser yang hemat penggunaan data seperti operamini, google chrome dan peramban atau brpwser bawaan.
  • Menon aktifkan sinkronisasi data