Cara Baca Candlestick Crypto dengan Akurat

Seorang trader harus paham betul bagaimana membaca pergerakan harga. Informasi pergerakan harga umumnya digambarkan dalam bentuk grafik. Salah satu grafik yang sering digunakan dan dijadikan acuan trader profesional adalah candlestick. Maka dari itu, trader harus tahu cara baca candlestick crypto secara akurat demi profit.

Bagaimana Cara Baca Candlestick Crypto dengan Akurat?

Selain memiliki tampilan yang mudah dipahami, refleksi pergerakan harga pada candlestick sangat mendasar untuk dijadikan indikator dalam memprediksi setiap perubahan harga. Namun sebelum menerapkan cara ini, pahami betul pola-pola candlestick terlebih dahulu.

Pola-pola Candlestick

Berdasarkan sinyalnya, terdapat dua jenis pola candlestick yaitu penerusan (continuation) dan pembelian (reversal). Pola continuation merupakan pola yang digunakan dalam memprediksi kemungkinan harga melanjutkan trend saat ini. Sedangkan pola reversal merupakan pembalikan memprediksi perubahan arah harga. Berikut beberapa pola candlestick yang harus dipahami artinya:

  • Hammer. Pola ini merupakan pola pembalikan naik. Pada pola ini ditandai adanya body kecil dan ekor panjang. Pola Hammer masuk ke dalam kategori formasi single yang umumnya muncul saat pada dasar downtrend;
  • Hanging Man. Dalam prinsip cara baca candlestick crypto maka pola Hanging Man adalah kebalikan dari pola Hammer. Pola ini akan menunjukkan pergerakan crypto yang mendekati puncak uptrend dan berbalik turun. Ketika menemukan pola ini, maka sebaiknya jangan mencoba-coba untuk membeli;
  • Three White Soldiers. Pola berikutnya yaitu Three White Soldiers. Yaitu pola candlestick yang menunjukkan pembalikan dari trend turun. Terdapat tiga body candlestick panjang dan berurutan pada pola ini. Sehingga akurasi dari pola ini diyakini lebih besar daripada Hammer;
  • Bullish Engulfing. Pola ini muncul ketika trend bearish. Bullish Engulfing terdiri dari candle bearish yang diikuti candle bullish dan menelan candle pertama. Sedangkan kebalikan dari pola ini adalah Bearish Engulfing, yang mana menunjukkan adanya potensi pembalikan dari bullish ke bearish; dan
  • Morning Star. Pola yang satu ini akan menunjukkan kondisi ketika harga melanjutkan untuk terus menurun namun kekuatan seller tidak mendukung outlook tersebut. Dengan begitu maka akan terjadi pembalikan ke arah atas. Pola ini terdiri dari 3 candle yaitu candle bearish, formasi netral (keraguan pasar) dan formasi bullish (konfirmasi reversal).

Cara Baca Candlestick Crypto Secara Akurat

Setelah mempelajari tentang pola-pola candlestick, maka perlu diketahui juga cara baca candlestick crypto agar lebih akurat. Dengan demikian trader akan mendapatkan profit yang sesuai. Simak penjelasan berikut:

1. Simak Harga Buka (Open Price)

Open price akan mewakili harga pertama saat diperdagangkan pada time frame tertentu dan ditunjukkan dengan bagian atas atau bawah tubuh candle. Ketika harga trend naik maik candlestick berwarna hijau atau putih, sedangkan saat harga turun maka berwarna merah atau hitam. Pergerakan ini harus dilihat selama lima menit apakah bergerak lebih tinggi atau lebih rendah.

2. Cermati Harga Tertinggi (Highest Price)

Ditunjukkan dengan adanya atas ekor yang terjadi di atas tubuh atau disebut ekor atas. Harga tinggi selama periode candlestick akan ditunjukkan adanya bagian atas bayangan atau ekor di atas tubuh. Ketika pembukaan atau penutupan berada di harga tertinggi maka tidak akan muncul ekor atas.

3. Ketahui Harga Terendah (Lowest Price)

Ditunjukkan dengan adanya bagian bawah bayangan atau ekor yang berada di bawah tubuh. Apabila pembukaan atau penutupan pada posisi harga terendah, maka tidak akan muncul bayangan bawah

4. Perhatikan Harga Terkini (Close/Current Price)

Close Price merupakan harga terakhir yang diperdagangkan. Tepatnya selama batang ditunjukkan oleh bagian tubuh (hijau atau putih) atah bagian bawah tubuh (merah atau hitam).

Hal yang harus diperhatikan adalah ketika candle terbentuk maka candle akan terus berubah bersamaan dengan adanya pergerakan harga. Meskipun pembukaan masih sama, namun hingga candle selesai maka harga tertinggi atau terendah akan berubah. Warna juga akan berubah ketika batang mulai terbentuk.

Baca Juga: Cara Buat Coin Crypto Sendiri Secara Praktis

Itulah cara baca candlestick crypto agar akurat. Pastikan untuk paham betul terkait pola-pola candlestick lainnya, karena akan menunjukkan pergerakan harga. Membaca candlestick tidak akan 100% memberikan prediksi yang tepat. Namun, cara ini mampu memberikan petunjuk dalam mengukur arah pergerakan harga berikutnya. Pastikan untuk mengkombinasikan metode candlestick dengan metode analisa lainnya agar lebih akurat.