Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Investasi yang Diawasi OJK

Mengapa Harus Menggunakan Aplikasi Investasi yang Diawasi OJK?

Ada banyak sekali aplikasi investasi yang diawasi OJK. Pengawasan ini merupakan bentuk perlindungan terhadap para calon investor atau penggunanya. Karena pengelolaan dana terkadang sangat rawan untuk disalahgunakan. Terbukti beberapa kali terdapat upaya – upaya penipuan oleh oknum tak bertanggungjawab dan tidak sedikit kerugian material yang ditimbulkannya.

Sejak zaman dahulu, alat tukar berharga atau uang merupakan hal yang sensitif. Setiap orang membutuhkan uang untuk memenuhi berbagai kebutuhannya, karenanya berbagai upaya dilakukan agar mendapatkannya. Mulai dari cara baik seperti dengan bekerja keras, berbisnis, atau melakukan kecurangan. Contohnya berbagai jenis investasi bodong.

OJK atau Otoritas Jasa keuangan sendiri merupakan sebuah lembaga yang berkomitmen untuk membuat segala sektor jasa keuangan dapat terlaksana secara rapi. Dengan demikian mampu terbentuk sistem keuangan yang baik, berkelanjutan, serta berbagai kepentingan masyarakat dapat terlindungi. Sehingga mampu mencegah berbagai penipuan yang merugikan masyarakat.

Baca Juga :  5 Cara Pintar Menabung Ibu Rumah Tangga Sukses Bikin Bangga Suami

Untuk mampu menunjang tujuan dan harapan bersama tersebut, OJK memiliki 5 nilai utama sebagai pedoman ketika melakukan pengawasan. Nilai – nilai tersebut adalah integritas, profesionalisme, sinergi, inklusif, dan visioner. Dengan demikian mampu mengawasi, menganalisis, serta menjalankan berbagai tugas pengawasannya secara baik dan tegas.

Keunggulan Menggunakan Aplikasi Investasi yang Diawasi OJK

Sebagai lembaga independen untuk mengawasi keuangan serta perlindungan konsumen dan masyarakat, tentunya ada berbagai langkah – langkah preventif untuk mencegah terjadinya permainan. Mulai dari memeriksa bagaimana transparansinya, hingga memeriksa bagaimana pengelolaannya. Apabila ditemukan keanehan serta potensi kecurangan tentunya tidak diizinkan beroperasi.

Baca Juga :  Tips Menabung Di Bank agar Mudah dan Bersemangat

Dengan adanya seleksi awal demikian, secara tidak langsung memberikan rekomendasi kepada masyarakat agar menggunakan berbagai aplikasi yang aman. Ini bisa menjadi preferensi atau filter awal. Sehingga hal – hal yang tidak diinginkan mampu dihindari. Serta mampu mencegah terjadinya berbagai kerugian material akibat berinvestasi di tempat tertentu.

Izin yang diberikan, selain memberikan kesempatan untuk membuka produk finansial pada masyarakat, biasanya dibarengi dengan kewajiban juga. Aplikasi investasi yang diawasi OJK memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat. Mengingat berbagai produk finansial masih dianggap awam serta belum banyak mengetahui risikonya.

Edukasi bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, misalkan memberikan pengarahan atau pengertian terkait investasi dan risikonya. Bisa dibentukkan dalam sajian berita, informasi media sosial, video, atau menyediakan berbagai forum untuk berdiskusi. Dengan keterbukaan demikian, makin besar kesadaran masyarakatnya dan semakin mengerti cara mengelola keuangannya.

Baca Juga :  Mempersiapkan Investasi Pendidikan Anak untuk Masa Depan Lebih Cerah

Perlu disadari bahwa pengawasan sangat sulit dilakukan secara sendirian oleh OJK, mengingat ada banyak sekali perkembangan fintech seiring berjalannya waktu. Diperlukan partisipasi serta kerja sama dari masyarakat. Seperti membantu memberikan laporan apabila ditemui beberapa aplikasi yang diduga melakukan permainan uang dan berpotensi merugikan konsumen.

Bahaya Akan Potensi Investasi Bodong

Sebuah kejahatan atau kecurangan bisa terjadi karena dua hal, yaitu adanya niat atau memang memiliki kesempatan. Di masyarakat Indonesia saat ini, dengan merebaknya anak – anak muda kreatif dan mulai memperhatikan kondisi keuangan mereka adalah sebuah kesempatan besar untuk menggait keuntungan darinya.

Baca Juga :  Kelebihan Aplikasi Ajaib untuk Memulai Investasi Saham

Untuk aplikasi investasi yang diawasi OJK tentunya tidak akan bermasalah bila generasi muda menjajankan uangnya di sana. Tetapi apabila belum ada pengawasan, ini merupakan potensi – potensi munculnya kecurangan atau kejahatan di dalamnya. Untuk menarik perhatian masyarakat, biasanya ditawarkan dengan keuntungan besar risiko rendah.

Keuntungan yang berlimpah atau tidak wajar ini biasanya memanfaatkan perputaran uangnya untuk menutup berbagai janjinya di awal, sehingga orang – orang yang join terakhir tidak akan mendapatkan keuntungan apa – apa. OJK juga telah memberikan pemahaman pada masyarakat bahwa harap berhati – hati apabila menemukan aplikasi dengan penawaran begini.

Baca Juga :  Investasi Valuta Asing Pada Aplikasi Digibank by DBS Indonesia

Sudah ada banyak sekali berbagai fintech yang ditetapkan sebagai ilegal bahkan berpotensi atau sudah menimbulkan kerugian bagi masyarakat. Semuanya biasanya memanfaatkan ketidaktahuan atau kondisi awam masyarakat terhadap perencanaan serta pengelolaan keuangan. Sehingga ketika mendapatkan penawaran menguntungkan, langsung diambil saja tanpa melakukan riset terlebih dahulu.

Investasi adalah kegiatan yang sangat ditunggu oleh generasi muda, terlebih untuk membantu mencapai target finansialnya. Namun terkadang ada pihak – pihak yang memanfaatkan peluang tersebut agar mendapatkan keuntungan pribadi. Untuk mencegahnya terdapat aplikasi investasi yang diawasi OJK sebagai filter awal sebelum memilih tempat berinvestasi.