3 Cara Menutup Asuransi Prudential

3 Cara Menutup Asuransi Prudential

Setiap nasabah asuransi harus memiliki dokumen yang disebut dengan polis. Polis sendiri adalah dokumen yang menjadi bukti bahwa seseorang terdaftar dalam suatu produk asuransi. Dengan kata lain, polis merupakan kontrak antara pemilik asuransi dengan perusahaan yang menyediakan layanan asuransi, dimana pemegang polis dikenakan kewajiban untuk membayarkan sejumlah uang yang disebut juga dengan premi. Lalu muncul pertanyaan bagaimana cara menutup asuransi prudential?

Tidak sedikit kasus dimana pemegang polis memilih untuk membatalkan asuransi yang diikutinya. Hal ini bisa disebabkan karena pemegang polis tidak lagi mampu untuk membayar premi hingga merasa bahwa asuransi tidak memberikan manfaat yang maksimal.

Biasanya perusahaan asuransi tidak dapat mengembalikan secara keseluruhan premi yang telah dibayarkan. Akan tetapi nasabah akan tetap mendapatkan sejumlah uang tunai apabila memilih untuk membatalkan kontrak. Berikut ini akan dijelaskan bagaimana cara menutup asuransi prudential:

MENUJU TOPIK

Cara Menutup Melalui Agen Asuransi

Pihak pertama yang dapat dihubungi saat ingin menutup asuransi adalah agen asuransi itu sendiri. Agen merupakan tenaga pemasar yang memiliki tugas memasarkan asuransi secara personal. Prudential sendiri telah memiliki agen yang mencapai 277.000 orang. Pemegang polis dapat menghubungi agen asuransi. Kemudian agen akan menjelaskan bagaimana cara menutup asuransi prudential serta dokumen apa saja yang dibutuhkan terkait proses pembatalan.

Cara Menutup Dengan Mengunjungi Kantor Prudential

Selain melalui agen, pemegang polis juga dapat menutup asuransi dengan cara mengunjungi kantor pusat Prudential. Kantor Prudential beralamat di Prudential Tower, Jalan Jendral Sudirman kav. 79, Jakarta 12910. Pemegang polis dapat menyampaikan keluhan maupun pengajuan pembatalan asuransi kepada pihak perusahaan melalui kantor ini. 

Cara Menutup Melalui Layanan Customer Service

Prudential juga menyediakan layanan customer care yang beroperasi setiap hari Senin hingga Jumat mulai pukul 08.15 – 16.00 WIB. Customer care dapat dihubungi melalui nomor 1 500 85. Berikut adalah beberapa cara menutup asuransi Prudential melalui customer service:

1. Hubungi CS Prudential Melalui Sambungan Telepon

Sebagai saran, hubungi customer service menggunakan telepon rumah sebab apabila menghubungi melalui smartphone, setidaknya nasabah harus menyiapkan pulsa minimal 200.000 rupiah. Jika pulsa tidak mencukupi, maka sambungan telepon akan terputus dan harus mengulang dari awal.

Selain itu, customer service Prudential juga dapat dihubungi melalui email customer.idn@prudential.co.id. Akan tetapi proses ini tentu saja memakan waktu yang lama apabila dbandingkan dengan menghubungi melalui sambungan telepon.

2. Verifikasi Data Diri Pemegang Polis

Guna memastikan pemegang polis, pihak Prudential akan menanyakan sejumlah informasi seperti nomor polis, nama lengkap pemegang polis, tanggal lahir, alamat, serta nomor handphone yang terdaftar pada asuransi prudential. Setelah proses verifikasi selesai, pemegang polis akan mendapatkan nomor Telephone Identification Number (TIN).

3. Menyampaikan Tujuan Kepada CS Relation

Apabila proses verifikasi telah berhasil dilakukan, maka pemegang polis dapat menyampaikan maksud dan alasan pembatalan polis asuransi. Pemegang polis juga dapat menanyakan saldo asuransi yang dapat ditarik kembali. Selain itu keluhan serta hambatan mengenai asuransi juga dapat disampaikan kepada CS Relation.

4. Memilih Metode Pengiriman Berkas

Kemudian Prudential akan memberikan pilihan guna mengirimkan berkas pembatalan. Berkas dapat dikirimkan ke alamat rumah maupun alamat email. Pengiriman ini memakan waktu 1×24 jam. 

Adapun berkas yang dikirimkan berupa formulir penutupan polis, serta informasi seputar polis prudential. Sebagai informasi, penutupan polis yang disetujui hanyalah polis yang memiliki nomor referensi dari customer service Prudential.

5. Mengirimkan Berkas Penutupan Ke Kantor Pusat Prudential

Setelah menerima berkas, selanjutnya isilah berkas tersebut berdasarkan informasi yang diminta. Kemudian kirimkan berkas ke kantor pusat Prudential  yang beralamat di Prudential Tower, Jalan Jendral Sudirman kav. 79, Jakarta 12910.

Setelah berkas diterima oleh pihak Prudential, maka permohonan pembatalan asuransi akan diproses. Kemudian nilai uang tunai akan diteruskan ke rekening pemegang polis dalam jangka waktu 7 hingga 14 hari kerja.

Nah, itulah 3 cara menutup asuransi Prudential agar pemegang polis terhindar dari kerugian. Sebelum melakukan pembatalan, pertimbangkan kembali hal-hal yang menjadi alasan mengajukan pembatalan asuransi guna menghindari penyesalan di kemudian hari. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :  Perusahaan Asuransi Terbaik Di Indonesia Yang Menerapkan Sistem Syariah