Beberapa Kesalahan Trading Pemula Ini Sering Sekali Dilakukan

Kesalahan Trading pemula jadi sorotan utama yang harus kamu pelajari terlebih dahulu sebelum terjun langsung dan mulai bermain. Kesalahan ini bisa dijadikan sebagai bahan belajar agar tidak melakukannya. Atau mencari solusinya karena, banyak trader sering melakukan hal tersebut tanpa mereka sadari.

Terutama soal modal yang dibutuhkan. Perlu diingat walau ini adalah investasi namun, tetap perlu dana awal berupa setoran awal dan cadangan. Hukum keduanya adalah wajib. Jangan sampai saat kamu rugi, dana cadangan sudah habis sama sekali. Inilah yang membuat trader pemula rugi besar-besaran.

Modal harus ada setidaknya 2 kali lipat dari biaya pendaftaran. Tetapi, ada juga broker yang tidak menarik biaya namun memberikan modal. Jumlahnya memang sedikit namun cukup untuk mulai melakukan trading. Hitungannya juga harus dalam dolar jangan rupiah, begini contoh mudahnya.

Ada mahasiswa A ingin mendaftar dengan harga 20 dolar. Maka, dia harus punya dana cadangan minimal 20 dolar juga. Jika dijadikan ke dalam Rupiah adalah Rp280 ribu. Sebagai cadangan bila memang kamu salah dalam mengambil langkah sehingga, menyebabkan kerugian cukup besar.


 

Kesalahan Trading Pemula Malas Belajar Dulu

Selain modal, hal fatal selanjutnya adalah malas belajar dulu bagaimana caranya. Hanya tahu sepintas saja sudah berani untuk memulai. Memang, orang sukses dibutuhkan keberanian. Tetapi, bukan dengan cara yang kurang tepat seperti ini. Setiap trader harus dibekali ilmu terlebih dulu.

Tidak perlu mahir cukup bisa saja. Ilustrasinya seperti ini, Orang A ingin pergi naik bus yang selalu memberikan diskon promo. Tetapi, orang tersebut baru pertama kali naik. Hal paling penting bukan bagaimana mendapatkan promo melainkan caranya naik ke dalam bus.

Baca Juga :  Apa itu Saham Blue Chip? Simak Penjelasannya

Ternyata harus beli tiket online melalui aplikasi, mendaftar dan pembayaran wajib menggunakan dompet digital, kemudian naik harus menunjukkan tiket itu. Hal tersebut adalah langkah yang harus diketahui oleh pemula. Sama seperti trading, pahami dulu semuanya istilah dan bagaimana caranya bermain agar jangan sampai rugi.

Kesalahan Trading Pemula juga didasari dari malas untuk membaca atau melihat. Saat ini sudah banyak akun youtube atau buku memberikan pelajaran mengenai ini. Tidak ada salahnya beli salah satu dan pelajari secara mendalam. Manfaatkan juga demo yang diberikan untuk mempertajam kemampuan.

 

Tidak Pernah Memikirkan Bagaimana Rencananya

Hal yang tidak boleh ditiru lainnya adalah melakukan trading tanpa direncanakan terlebih dulu. Contohnya seperti ini, saat mengambil posisi kamu hanya asal ambil saja. Belum merencanakan nanti sampai di mana posisinya. Apakah harus buy atau sell, lihat pergerakannya sudah untung atau belum.

Semuanya dilakukan dengan cara tiba-tiba. Kesalahan Trading Pemula seperti itu bisa diibaratkan dengan memberi uang kepada orang secara cuma-cuma. Perlu diingat saat melakukan aktivitas tersebut baik forex atau saham. Ada istilah Stop Loss dan Profit yang membantu banyak bila dapat dimanfaatkan.

Keduanya harus ada dalam perencanaan besar jangka panjang. Harus ada sebuah perhitungan matang dan ketahui seluk beluk perusahaan atau mata uangnya. Misalnya melakukan pembelian mata uang jerman. Lihat dulu apakah negara tersebut sedang bergejolak atau tidak serta tingkat inflasinya bagaimana.

Jika dapat terjawab dengan baik tentukan arahannya. Biasanya analisis seperti ini banyak keliru karena, mata uang pergerakannya memang tidak menentu. Tetapi, kemungkinan untuk rugi kecil. Kecuali, saat melakukan perencanaan dan riset itu sudah salah. Jadi, mohon perhatikan lebih baik lagi dan jangan terburu-buru.

Baca Juga :  Masih Awam tentang trading? Lakukan Tips Sukses Ini

 

Mengabaikan Stop Loss, Kesalahan Trading Pemula 

Terakhir, kamu mengabaikan Stop Loss. Menurut pengertiannya istilah ini merupakan cara terbaik membatasi kerugian. Fungsinya sebagai pembatas saat angkanya jatuh ke nilai terendah. Jadi, kamu tidak akan mengalami kerugian besar. Cara mudah memahaminya seperti ini.

Kamu beli di level 10 lalu melakukan Stop loss pada level 7. Dalam pergerakannya, ternyata jatuh ke angka 6. Secara otomatis sistem akan berhenti dan menutup pada posisi tersebut. Coba bayangkan kalau fitur ini tidak dimanfaatkan. Saat jatuh ke angka 4, berapa kerugian kamu.

Belajar lebih dalam terlebih dulu adalah cara terbaik. Bahkan, beberapa orang yang sudah melakukannya tetap mengalami kerugian. Apalagi yang tidak dan hanya mengikuti tren saja. Kesalahan Trading Pemula bisa jadi bahan belajar terbaik agar kamu tidak melakukannya dan bisa sukses meraih hasil sesuai keinginan.