Tertarik Mulai Trading, Lakukan Cara Mudah Ini

Kau mungkin tertarik mulai trading, namun bingung beli saham caranya bagaimana. Apa kita harus datang langsung ke Bursa Efek Indonesia atau harus punya banyak modal terlebih dulu.

Kamu juga mungkin masih awam mengenai cara transaksi trading yang benar dan proses pelaksanaannya bagaimana memang masih sering membingungkan bagi banyak orang.

Bagi kamu kaum muda tidak perlu khawatir karena saat ini semakin mudah bertransaksi saham di era digital ini. Modal yang kamu perlukan juga tidak harus besar, yang penting kamu mau belajar mengenai trading. Semakin aman jika saham yang kamu beli berasal dai perusahan legal di Bursa Efek Indonesia.

Hal pertama yang wajib kamu ketahui dalam trading ialah mekanisme berjualan di pasar saham seperti apa. Layaknya perdagangan, maka transaksi perdagangan di pasar saham itu terjadi ketika ada pihak membeli serta menjual yang menawarkan pada harga yang disepakati Transaksinya terjadi layaknya kegiatan berdagang lainnya.

Hanya transaksi di pasar saham ini terjadi secara digital untuk menentukan harga yang cocok dengan keinginan masing-masing pihak. Jika sudah cocok dengan harganya, terjadilah sebuah transaksi perdagangan saham. Jika kamu tertarik untuk mulai trading, ketahui bahwa tidak lagi wajib mengunjungi Bursa Efek Indonesia atau ke perusahaan untuk trading melainkan online


Cara Melakukan Transaksi Dalam Trading

Karena kegiatan trading saham era modern ini sudah terjadi secara digital, maka orang yang melakukan penawaran ada banyak. Bahkan bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan orang yang tersebar di seluruh Indonesia dan dunia. Sehingga bagi yang tertarik mulai trading, cara agar bisa trading saham tersebut biasanya menggunakan sebuah platform.

Baca Juga :  Mengenal Jenis Reksadana Saham untuk Investasi Anak Muda

Ada satu pihak yang dengan fungsi sebagai perantara dan penyedia platform untuk bertransaksi di bursa saham. Mereka adalah perusahaan sekuritas sehinga lewat platform tersebut proses tawar-menawar saham langsung terjadi di harga tertentu. Nantinya penawaran saham kamu akan dikirim ke sistem trading bursa.

Kamu perlu bikin dulu akun di perusahaan sekuritas tersebut seperti membuat akun ketika akan mau belanja di toko online. Saat pembuatan akun sekuritas ini kamu juga perlu membuat akun rekening bank yang akan terhubung dengan akun sekuritas tadi. Ini akan berguna sebagai penampung uang ketika transaksi beli saham ataupun hasil penjualan.

Kamu dibebaskan memilih bank sebagai rekening mulai dari BCA, BRI, Mandiri, dll. Rekening untuk transakasi ini harus baru dibuat berbarengan saat pembuatan akun sekuritas. Kamu perlu berhati-hati dan bijak memilih perusahaan sekuritas untuk melakukan transaksi trading sehingga aman.

Ada ratusan perusahaan jenis ini yang terdaftar di bursa efek dan dibawah naungan OJK. Dari sekian banyak sekuritas yang ada, kamu bisa pilih sesuai kriteria jika tertarik mulai trading untuk memberikan perkembangan diri kedepannya. Pemula biasanya akan sangat kebingungan menentukan perusahaan pertamanya sehingga harus perlu pemahaman dasar disini.

Menentukan Perusahaan Sekuritas untuk Menjamin Trading Awal

Penyebab kamu kebingungan memilih perusahaan sekuritas biasanya karena tidak tahu tentang fitur-fitur yang dibutuhkan dalam transaksi saham. Setidaknya kamu harus punya kriteria sendiri sehingga memilih ratusan perusahaan ini lebih mudah. Minimal perusahaan yang kamu pilih menyediakan platform online trading.

Kalau kamu tertarik mulai trading dan masih pemula, maka sangat perlu untuk memilih yang menyediakan fitur automatic order dan stoploss serta. Fitur ini berguna dalam menentukan batas kerugian yang sanggup kamu terima. Sehingga kamu bisa membuat rencana menjual atau beli saham tertentu dengan kondisi-kondisi yang sudah direncanakan sebelumnya.

Baca Juga :  Kenali Beberapa Jenis Trading yang Populer untuk Dicoba

Perhatikan juga berapa fee transaksi jual-beli yang akan kamu bayarkan. Pilih perusahaan yang memberikan fee dengan harga bersaing. Perhatikan juga nilai deposit minimal yang disediakan sehingga kamu bisa menyesuaikan dengan dana yang tersedia.

Jangan lupa melihat bagaimana review pengguna yang sudah lebih dulu pakai sekuritas yang bersangkutan. Ini supaya kamu bisa tahu kira-kira apa kelebihan dan kekurangan platform milik sekuritas tersebut. Informasi seputar kualitas customer service dan lain-lain bisa kamu peroleh disini.

Trading secara online memperlancar setiap pemesanan jual beli saham lebih mudah melalui online dan mandiri melalui aplikasi mereka. Kamu melalui secara online bisa kapanpun mengotak-atik transaksi secara online sehingga perhatikan juga kualitas aplikasinya.

Kamu selanjutnya perlu belajar Pasar Modal untuk menambah edukasi seputar trading saham. Trading ini tergolong instrumen investasi yang berisiko tinggi sehingga kamu wajib mengerti risiko ini sejak awal. Sesuaikan dengan profil risiko kamu dan terus gali ilmu lebih dalam. Jangan sampai kamu tertarik mulai trading dan berinvestasi hanya karena ikut-ikutan zaman.