cara menabung uang jajan 10000

Cara Menabung Uang Jajan 10000 dengan Cepat dan Mudah

Menabung tergolong aktivitas yang sangat menguntungkan dan bisa dilakukan oleh setiap orang. Dengan menabung 10 ribu saja bisa jadi jutaan dalam waktu yang cepat dan mudah.

Namun ini semua butuh cara menabung uang jajan 10000 agar hasilnya bisa lebih maksimal. Cara ini perlu dilakukan secara konsisten agar uang tersebut bisa terkumpul hingga jutaan rupiah. 

Cara Menabung Uang Jajan 10 Ribu Jadi Jutaan

Untuk menjadikan uang 10 ribu menjadi jutaan sebenarnya cukup mudah dan berikut caranya:

Tentukan Tujuan Menabung

Sebelum kamu menabung sebanyak 10 ribu tentu harus ditentukan tujuan dari melakukan aktivitas tersebut. Dengan adanya tujuan nantinya ada semangat tersendiri dan kamu pun tergugah untuk rutin menabung. 

Misalnya kamu menabung 10 ribu setiap hari karena ingin membeli smartphone. Tujuan seperti ini terbilang bagus dan kamu bisa berpikir bagaimana caranya agar bisa mengumpulkan uang sebanyak itu. 

Menentukan Waktu Menabung

Dalam menabung kamu juga perlu menentukan waktu yang tepat agar bisa lebih konsisten. Misalnya kamu menabung 10 ribu setiap 2 hari sekali dan ini pun perlu ditentukan hari apa saja. 

Misalnya kamu menabung setiap hari Senin dan Kamis dan rutin dilakukan setiap saat. Selain itu kamu juga perlu menabung di jam tertentu agar tidak mengganggu aktivitas saat bermain atau belajar. 

Gunakan Pengingat

Ketika waktunya sudah ditentukan, kamu tinggal gunakan saja pengingat agar tidak lupa. Untuk pengingat ini bisa dalam banyak cara baik dilakukan di smartphone atau jam weker tertentu. 

Dengan seperti ini bisa membuat kamu lebih rajin menabung di waktu yang telah kamu atur sendiri. Setelah ini diulang-ulang nantinya akan menjadi kebiasaan tersendiri dan akan menguntungkan di masa yang akan datang. 

Kurangi Porsi Jajan

Jajan menjadi tantangan tersendiri karena tergolong cukup berat untuk dikurangi oleh setiap orang. Sebab jajan ini sudah seperti kebutuhan utama yang perlu dilakukan setiap saat. 

Namun untuk menabung tentu hal ini perlu dikurangi agar menjadi gaya hidup yang baru. Dengan seperti ini maka akan membuat kamu lebih hemat dan pastinya bisa menambah pundi-pundi rupiah karena sering menabung. 

Salah satu caranya adalah dengan membuat camilan sendiri di rumah agar lebih hemat. Cara ini lebih efektif dan membuat kamu bisa hidup lebih sehat karena apa yang dimakan tidak mengandung hal-hal yang berbahaya bagi tubuh. 

Membawa Bekal ke Sekolah

Ketika kamu sedang bersekolah, ada baiknya membawa bakal agar lebih hemat masalah uang jajan. Untuk jenis bekalnya bisa divariasikan agar tidak mudah bosan dan tidak terpancing membeli jajanan lainnya. 

Misalnya kamu bisa meminta bekal makanan kesukaan plus hias bekal tersebut sesuai keinginan. Dalam menghias bekal bisa dengan menggunakan kertas karton atau bahan lainnya. Cara ini tergolong cukup efektif karena bisa mengurangi jajan kamu dan proses menabung bisa lebih lancar. 

Buat Catatan Keuangan

Dalam menabung, kamu bisa juga dengan membuat catatan keuangan selama sehari atau per minggu. Dengan seperti ini kamu bisa lebih fokus dan teratur dalam menabung. 

Untuk mencatatnya bisa ditulis secara manual atau menggunakan aplikasi di smartphone. Catat semua pengeluaran mulai dari yang terkecil hingga paling besar agar kamu bisa mengetahui siklus keuangan selama kurun waktu tertentu. 

Jadi cara menabung uang jajan 10000 bisa dilakukan dengan banyak cara seperti menentukan tujuan, waktu, mengurangi jajan dan yang lainnya. Hal terpenting dalam menabung ini adalah terus konsisten dan sebisa mungkin mengurangi jajan. 

Baca Juga :  Kenali Jenis-Jenis Investasi Terbaik untuk Masa Depanmu