Modal Usaha Jus Buah

Rincian Modal Usaha Jus Buah dan Hal yang Harus Dipersiapkan

Mempunyai usaha dengan modal kecil dengan keuntungan yang besar memang sangat menyenangkan bagi seorang pengusaha. Salah satu usaha yang dapat dijalankan dengan modal kecil ini yakni usaha jus buah. Dimana modal usaha jus buah tidak terlalu besar namun keuntungan yang bisa diperoleh oleh pengusaha cukup besar.

Rincian Modal Usaha Jus Buah

Modal yang dibutuhkan pengusaha apabila ingin memulai usaha tersebut kurang lebih Rp7.000.000. Tentunya modal yang disediakan tersebut sudah dapat melengkapi semua kebutuhan usaha yang akan dijalankan. Adapun rincian dari penggunaan modal tersebut antara lain membeli freezer es dengan harga berkisar Rp700.000.

Pengusaha jus buah ini juga membutuhkan mesin blender atau juicer dengan harga Rp2.500.000. Memang harga dari juicer ini cukup mahal untuk mengolah buah menjadi jus. Gerobak juga dibutuhkan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai perlengkapan usaha. Dimana gerobak ini dapat dibeli dengan harga kurang lebih Rp1.600.000.

Selanjutnya, seorang pengusaha juga nantinya membeli bahan dengan aneka jenis buah yang dibutuhkan. Selain itu, sedotan dan juga gelas plastik pun harus dibeli dengan harga berkisar Rp340.000. Bahan tambahan yang dibutuhkan untuk pembuatan jus buah seperti gula, madu, susu, dan juga es batu. Biaya lainnya seperti pembayaran sewa tempat untuk usaha tersebut.

Hal yang Dipersiapkan Sebelum Memulai Usaha Jus Buah

Sebelum memulai usaha atau bisnis, tentu ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh seorang pengusaha utamanya usaha jus buah. Memang usaha ini terdengar tidak sulit dilakukan, namun untuk mendukung suksesnya usaha tersebut, pengusaha harus mempersiapkan beberapa hal. Berikut penjelasan lengkap terkait hal yang wajib dipersiapkan:

1. Menyiapkan Pemasok untuk Bahan Baku

Tujuan dari menyiapkan pemasok untuk bahan baku ini agar harga yang diberikan nantinya tidak terlalu mahal. Akan tetapi dalam mencari pemasok ini sebaiknya memperhatikan kualitas dari buah yang dijual. Selain itu, perhatikan juga berapa harga buah yang ditawarkan dalam perkilo, carilah pemasok yang memberikan harga terjangkau dengan kualitas terbaik.

2. Menentukan Nama Usaha dan Lokasi Penjualan

Penentuan nama usaha juga termasuk hal yang sangat penting dilakukan oleh pengusaha. Mengapa demikian? Karena dengan adanya persiapan nama usaha dapat mudah dikenal oleh masyarakat. Selain itu, tentukan pula lokasi yang akan dijadikan sebagai tempat untuk membuka usaha tersebut. Di samping menentukan lokasi, pengusaha juga sudah menyiapkan gerobak.

3. Selalu Menciptakan Ide Kreatif

Menciptakan ide yang kreatif memang menjadi penentu agar konsumen membeli jus buah yang ditawarkan. Adapun maksud menciptakan ide kreatif ini seperti memberikan menu jus buah khusus untuk konsumen yang diet. Selain itu, pengusaha juga harus menjamin rasa yang dimiliki es buah tersebut. Segi tampilan pun harus menarik agar konsumen tertarik membeli jus buah tersebut.

4. Menyiapkan Perlengkapan Usaha

Apabila sudah menyusun gambaran usaha jus buah yang nantinya ditawarkan, selanjutnya menyiapkan perlengkapan usaha. Dimana perlengkapan usaha yang dipersiapkan antaranya mesin blender, gelas, sedotan, dan lain sebagainya. Pengusaha juga bisa memberikan logo usaha pada gelas yang nantinya dijadikan wadah untuk jus buah tersebut.

5. Lakukan Pemasaran atau Promosi

Jika semua hal yang dipersiapkan sudah lengkap, maka pengusaha bisa melakukan pemasaran. Promosi yang dilakukan bisa memanfaatkan media sosial dengan membuat pamflet usaha terlebih dahulu. Begitu pun jika promosi yang dilakukan secara offline bisa memanfaatkan brosur maupun banner yang telah dibuat.

Itulah pembahasan terkait dengan rincian modal usaha jus buah yang dibutuhkan nantinya. Selain itu, ada juga beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha tersebut seperti penentuan nama usaha. Memang hal tersebut sangat penting dilakukan dengan tujuan agar usaha yang dijalankan bisa sukses.

Baca Juga :  6 Cara Memulai Usaha Catering, Cocok Untuk Pemula