Jenis dan Syarat Pinjaman BJB Online untuk Usaha Perorangan atau Kelompok

Jenis & Syarat Pinjaman BJB Online untuk Usaha Perorangan atau Kelompok

Ketika memerlukan uang, pinjaman melalui bank sering menjadi pilihan karena kemudahan sekaligus kecepatan pencairan. Ada banyak bank yang menyediakan layanan peminjaman termasuk juga bank BJB di Jawa Barat dan Banten. Sekarang, bank BJB sudah menyediakan layanan yang memudahkan nasabahnya meminjam yaitu melalui pinjaman BJB online.

Jenis Pinjaman BJB

Biasanya peminjaman dilakukan dengan mendatangi kantor terdekat tetapi saat ini sudah sangat lazim memakai internet sebagai media. Pinjaman BJB online membuat nasabah kini hanya perlu melakukan pemenuhan administrasi dan juga peminjaman dari rumah. Terdapat beberapa produk pinjaman yang ditawarkan dan masing-masing punya kualifikasinya sendiri. Ini dia:

1. BJB Kredit Mikro Utama

Pinjaman untuk produk satu ini diberikan pada nasabah yang mengajukan lewat perorangan, kelompok, ataupun lewat sebuah badan usaha. Selain itu, peminjaman ini juga dikategorikan untuk jenis usaha ekonomi skala kecil atau usaha mikro dengan pinjaman yang disesuaikan.

Seorang wiraswasta atau para pedagang kecil bisa memanfaatkan produk ini untuk kemudian menjalankan usahanya selama 2 tahun. Terdapat beberapa syarat tertentu yang memang dikhususkan bagi nasabah yang hendak melakukan peminjaman.

Tujuan utama dari pengadaan program ini yaitu untuk membantu nasabah dalam menjalankan usaha tertentu. Dalam arti lain, bank BJB akan memberikan pinjaman modal usaha yang dikhususkan bagi pelaku usaha mikro.

Ketika melakukan peminjaman, plafon atau besaran uang yang bisa diajukan untuk dipinjam menjadi hal paling penting. Hal ini agar nasabah mengetahui seberapa besar tingkat peminjaman uang yang akan dilakukan dan diperlukan untuk usaha. Produk ini menawarkan pinjaman paling sedikit sebesar 5 juta dan bisa juga meminjam hingga 500 juta.

Seperti halnya besar pinjaman yang bisa disesuaikan, nasabah juga harus mengetahui tenor atau jangka waktu untuk membayar pinjaman. Lamanya bank menentukan batasan pengembalian biasanya juga akan melihat besaran uang yang dipinjam nasabah.

Di Bank BJB sendiri, tenor yang bisa dipilih berkisar antara 12 bulan hingga paling lama yaitu 5 tahun pengembalian. Pinjaman untuk modal biasanya juga tidak terlalu besar dan ketika pinjaman hanya sebesar atau kurang dari 50 juta, maka maksimal tenor 3 tahun.

2. BJB KUR

Selain produk sebelumnya, ada juga BJB KUR yang juga menawarkan pinjaman modal bagi para pengusaha atau perorangan untuk ekonomi produktif. Perbedaannya terletak pada produk yang hanya ditawarkan bagi wirausahawan yang sudah menjalankan usaha selama lebih dari 6 bulan.

Pengajuan pinjaman juga sama bisa menjadi modal dari usaha yang dilakukan ataupun juga untuk memperbesar usaha. Lebih dari itu, ada pinjaman yang bisa diajukan untuk usaha mikro 1-25 juta sedangkan untuk usaha kecil bisa mencapai 500 juta.

Penentuan skala usaha dilakukan oleh pihak bank langsung dengan mempertimbangkan bagaimana keadaan usaha. Jika baru menggunakan pinjaman BJB online dengan produk ini, maksimum tenor yaitu 3 tahun sedangkan untuk debitur lama bisa sampai 5 tahun.

Persyaratan Pengajuan Pinjaman

Langkah dan syarat dalam pengajuan lewat online tentu saja dengan cara menginstall aplikasi BJB online terlebih dulu. Sama seperti pengajuan offline, nasabah harus menyiapkan dokumen penting seperti misalnya identitas pribadi seperti KTP.

Ada juga kartu keluarga dan untuk usaha diharuskan memiliki NPWP terlebih dahulu dengan jaminan akta nikah jika ada. Beberapa dokumen mungkin diperlukan seperti ijin usaha dan lain-lain sebagai tambahan untuk bukti keberadaan usaha.

Itulah dia beberapa hal terkait dengan pinjaman BJB online yang bisa dipakai untuk modal dalam menjalankan sebuah usaha. Meminjam sejumlah uang bukanlah kesalahan apalagi untuk investasi yang menjanjikan karena ini bisa menjadi bantuan berarti.

Baca Juga :  Mengenal Syarat Pinjaman Uang di Akulaku dan Cara Pengajuannya