Cara Mengatasi Pinjaman Online Ilegal Yang Perlu Diketahui

Cara Mengatasi Pinjaman Online Ilegal Yang Perlu Diketahui

Ragam dari pinjaman online yang ada memang cukup banyak dimana sebagian ada yang sudah terdaftar di badan resmi seperti OJK. Sedangkan tidak sedikit juga yang bersifat ilegal dan berpeluang untuk merugikan peminjam di kemudian hari. Maka dari itu peminjam kiranya perlu mengetahui tentang cara mengatasi pinjaman online ilegal terlebih dahulu sebagai salah satu bentuk tambahan wawasan. 

Mengingat terkadang manusia teledor tanpa melakukan pengecekan status dari pinjol yang digunakan, apakah sudah terdaftar di OJK atau belum. Pasalnya ada yang menyebutkan bahwa penagihan angsuran yang dilakukan oleh pinjal ilegal tergolong memaksa bahkan disertai juga dengan ancaman. Berikut informasi tata cara mengatasi oleh pinjaman online ilegal:

MENUJU TOPIK

1. Bersikap Tenang Mencari Jalan Keluar

Bagi orang yang sudah terlanjur meminjam dana pada pinjol ilegal maka jangan panik terlebih dahulu. Pasalnya hal ini bisa ditangani dengan cara mengatasi pinjaman online ilegal, seperti dengan tetap bersikap tenang. Hal ini karena dengan pikiran tenang seseorang bisa berpikir jernih untuk mencari jalan keluarnya. Mengingat perasaan panik bisa membuat peminjam berpeluang untuk mengambil keputusan yang kurang tepat. 

2. Melunasi Pinjaman Dengan Segera 

Cara selanjutnya yaitu dengan melakukan pelunasan terhadap hutang yang dimiliki dengan sesegera mungkin. Akan tetapi jika keadaan yang terjadi belum memungkinkan seperti dana yang tidak mencukupi, bisa mengambil tindakan restrukturisasi. Contohnya adalah seperti meminta penurunan bunga serta perpanjangan masa pinjaman bahkan jika memungkinkan ajukan juga penghapusan denda. 

3. Menghentikan Melakukan Pinjaman Baru Ke Pinjol Ilegal Lain

Bagi peminjam yang belum bisa melakukan pembayaran tagihan ketika waktu jatuh tempo telah tiba. Maka sebaiknya peminjam menghindari yang namanya gali lubang tutup lubang dengan meminjam dana kepada pinjol ilegal lainnya. Hal ini karena bisa membuat peminjam akan terjebak dalam pusaran utang piutang tersebut. 

4. Bertindak Tegas Jika Memperoleh Penagihan Tidak Sopan 

Apabila pihak pinjol yang melakukan penagihan dengan cara yang tergolong tidak sopan terhadap peminjam. Misalnya seperti tindakan pelecehan, kemudian peneroran, lalu intimidasi dan yang lainnya. Maka peminjam tersebut bisa memberikan tindakan tegas berupa Memblokir seluruh kontak yang melakukan penagihan dengan cara tidak sopan. 

Kemudian informasikan kepada semua kontak yang tercantum dalam ponsel supaya mengabaikan jika terjadi pengiriman pesan yang berasal dari pinjol. Selanjutnya peminjam bisa melapor kepada pihak yang berwajib jika mengalami berbagai macam tindakan serta perlakuan tidak menyenangkan lainnya. 

5. Melakukan Metode Debt Avalanche 

Maksud dari cara mengatasi pinjaman online ilegal satu ini adalah dengan melakukan pembayaran dengan kategori tingkat minimum terhadap seluruh akun pinjaman yang dimiliki. Kemudian uang yang masih tersisa gunakan untuk melakukan pembayaran hutang dengan nominal bunga paling tinggi. Untuk menjalankan metode ini perlu adanya sebuah komitmen serta sikap disiplin dari peminjam. 

6. Berhenti Meminjam Dana Di Pinjol Ilegal 

Ketika jumlah hutang yang dimiliki oleh peminjam di aplikasi pinjaman online berstatus ilegal telah lunas. Maka untuk di waktu mendatang jangan pernah lagi mengulanginya. Dengan kata lain peminjam harus berhenti dari melakukan pinjaman dana pada pinjol ilegal. Lantaran perkara ini bisa membuat peminjam akan berada dalam situasi yang membawanya berhadapan pada masalah yang lebih besar. 

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi pinjaman online ilegal yang perlu diperhatikan. Pengetahuan ini penting bagi orang yang ingin meminjam dana supaya mewaspadai bahwa pinjol bisa saja menagih dengan cara tidak sopan. Tujuannya agar peminjam tidak mudah tertarik untuk mengajukan pinjaman dana pada pinjol ilegal meskipun dengan tawaran yang menggiurkan. Sebelum meminjam pastikan terlebih dahulu jika tempat peminjaman online yang dipakai telah resmi dan terdaftar dalam OJK.