Tugas Account Officer Bank

5 Tugas Account Officer Bank yang Perlu Diketahui!

Banyak orang yang beranggapan bahwa account officer merupakan marketing dalam suatu perusahaan atau bank. Namun, tugas account officer bank tidaklah sama dengan posisi marketing, meski keduanya memiliki sejumlah kesamaan tugas.

Berikut 5 Tugas Account Officer Bank

Nah, untuk mengetahui lebih jelas tentang tugas dari  officer bank, mari simak pembahasannya berikut ini.

1. Mengenalkan Produk Kepada Nasabah

Tugas account officer bank yang pertama adalah memperkenalkan produk atau jasa kepada nasabah bank. Contoh jasa yang biasanya harus diperkenalkan yaitu seperti deposito, kredit, jasa pinjaman, KPR, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan perbankan.

Lantas, di mana biasanya seorang account officer memperkenalkan jasa atau produk tersebut? Biasanya, account officer bisa melakukan pengenalan di kantor maupun di lapangan dengan mendatangi nasabah secara langsung.

Selain itu, account officer juga bisa melakukan pengenalan kepada nasabah ketika ada pameran atau gathering perusahaan, dan program perusahaan lainnya. Semakin banyak peluang untuk memperkenalkan produk atau jasa, maka semakin besar pula peluang terjualnya jasa atau produk tersebut.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Nasabah (Follow Up)

Menjaga hubungan yang baik dengan nasabah atau melakukan follow up adalah tugas dari account officer bank yang selanjutnya. Follow up ini perlu dilakukan baik terhadap konsumen baru maupun konsumen lama.

Bagaimana cara untuk melakukan follow up? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh account officer bank, salah satunya yaitu dengan menelfon nasabah atau dengan mendatangi nasabah secara langsung, meski hanya untuk menanyakan kabar saja.

Mengapa follow up penting untuk dilakukan? Hal ini bertujuan untuk menambah relasi. Sebagai contoh, jika seorang klien memiliki kerabat sebanyak 10 orang, maka Anda akan mempunyai 10 relasi. Selanjutnya,  akan ada kemungkinan 100 orang yang bisa Anda jadikan nasabah.

Hal ini karena biasanya seorang nasabah yang sudah memiliki hubungan baik dengan account officer akan cenderung menyarankan untuk menggunakan jasa perbankan di tempat Anda bekerja. Oleh karena itu, tugas account officer bank yang satu sangatlah penting.

3. Memberikan Solusi untuk Nasabah Bermasalah

Jika ada nasabah yang sedang bermasalah, seperti masalah dalam hal pengajuan, pembayaran dan pelunasan, maka tugas dari account officer yaitu memberikan solusi yang terbaik dan yang menguntungkan bank, tanpa membuat nasabah merasa dirugikan.

Jadi, seorang account officer harus bisa berkomunikasi secara persuasif kepada nasabah dalam menghadapi situasi seperti ini, sehingga kemampuan komunikasi yang baik juga dibutuhkan untuk menjadi seorang account officer bank.

4. Melakukan Koordinasi dengan Marketing

Tugas dari account officer bank yang selanjutnya yaitu melakukan koordinasi dengan marketing bank untuk membuat perencanaan pemasaran. Hal ini sebaiknya dilakukan untuk membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien.

Dengan melakukan hal tersebut, maka secara tidak langsung account officer bank telah mendukung efektifitas dan efisiensi kerja.

5. Membuat Laporan Kerja dan Analisa

Tugas account offier bank yang selanjutnya yaitu membuat laporan kerja dan analisa dari nasabah yang dihandle. Laporan ini biasanya dibuat setiap minggu dan setiap bulan.

Tapi tenang, account oficer bank hanya perlu membuat laporan di wilayah kerja/region  masing-masing. Biasanya, dalam satu kota terdapat 4 account officer, yang artinya satu kota tersebut terbagi menjadi 4 region berbeda.

Nah, jadi itulah gambaran dari tugas account officer bank yang perlu Anda ketahui. Jika Anda ingin menjadi seorang account officer, maka sebaiknya persiapkan dengan baik diri Anda agar bisa menjalankan semua tugas account officer di atas.

yang di cari pengunjung TUGAS ACCOUNT OFFICER