kerja bank lulusan SMA

Kerja Bank Lulusan SMA, Emang Bisa?

Sekolah menengah atas adalah batasan sekolah wajib dasar yang setidaknya dimiliki oleh masyarakat. Akan tetapi apakah untuk bisa kerja Bank lulusan SMA bisa terdaftar menjadi karyawannya?.

Banyak sekali pertanyaan seperti diatas muncul menghantui benak para siswa yang terhenti belajar sampai di SMA. Mereka mulai mengkhawatirkan apakah ada pekerjaan yang layak untuk lulusan SMA.

Tips Kerja Bank Lulusan SMA

Meski hanya memiliki ijazah SMA, kamu bisa kerja di Bank kok. Syarat dan cara mendaftarnya seperti apa? Apa jabatan yang akan diemban ketika lolos mendaftar kerja Bank lulusan SMA?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat wajar terjadi dan menjadi perbincangan banyak orang. Karena seperti informasi yang tersebar, untuk bisa kerja di Bank setidaknya harus memiliki ijazah yang lebih tinggi dari SMA.


Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan diatas, baiknya simak artikel ini hingga selesai. Karena dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai jabatan yang ditawarkan hingga cara mendaftarnya.

Suatu contoh kita akan membahas tentang Bank Mandiri yang hampir setiap tahunnya membuka lowongan untuk lulusan SMA. Biasanya lulusan SMA akan diterima sebagai pegawai magang dikantor Bank terkait.

Akan tetapi, meskipun hanya berstatus magang, pekerjaan yang dilakukan sehari-harinya adalah pekerjaan nyata yang dilakukan oleh para pegawai tetap. Dengan demikian para lulusan SMA dapat dengan mudah beradaptasi dan memahami cara kerja Bank lulusan SMA ketika telah lulus magang nanti.

Program Kriya Mandiri

Program magang ini dinamai dengan program Kriya Mandiri. Dimana setelah lulus melewati program ini, akan ada reward yang akan didapatkan. Reward tersebut adalah beasiswa yang diberikan untuk melanjutkan studi sarjana karyawan magang.

Tentunya hal ini telah ditanggung oleh Bank Mandiri sebagai penanggung jawab pembiayaan. Oleh karena itu ketika memutuskan untuk magang di Bank Mandiri, baiknya manfaatkan dengan baik. Karena hal ini akan membuka kesempatan agar  dapat menjadi karyawan yang cekatan dan profesional.

Persyaratan yang Harus Dipenuhi

Adapun beberapa persyaratan yang harus dilalui untuk dapat menjadi karyawan magang adalah sebagai berikut:

  • Lulusan SMA/Diploma/Lulusan
  • Lulusan SMA harus memiliki nilai rata-rata ujian nasional minimal sebesar 6,5
  • Diploma/Lulusan minimal memiliki nilai IPK 2,5
  • Diploma/Lulusan memiliki usia maksimal 24 tahun, agar dapat mengikuti ujian seleksi
  • Usia maksimal untuk lulusan SMA 19 tahun
  • Belum dan tidak menikah selama menjalani magang
  • Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi yang baik

Setelah lulus sebagai karyawan magang dan lulus program studi sarjana, kamu akan mendapatkan fasilitas lain. Fasilitas yang ditawarkan tentunya adalah jabatan yang akan menjadi lebih tinggi.

Biasanya akan ada beberapa program yang dilakukan agar mampu menciptakan karyawan profesional. Program ini dilakukan untuk bisa mencetak seorang pemimpin Bank. Program ini dinamai dengan Official Development program dan Banking Staff, yang bisa diikuti oleh para pelamar terpilih maupun karyawan yang telah ada saat ini.

Apakah kamu mulai tertarik untuk kerja di Bank meakipun hanya lulusan SMA?. Tentunya jika memiliki keinginan dan tekad yang bulat harus segera direalisasikan. Segera daftarkan diri menjadi karyawan magang, yang memiliki tekad untuk menjadi karyawan profesional.

Setelah kamu memutuskan, maka langkah selanjutnya adalah untuk bisa memfokuskan. Agar apa yang telah kamu rencanakam dan cita-cita dapat menjadi kenyataan.

Itulah tadi persyaratan yang harus dipenuhi ketika hendak melamar kerja Bank lulusan SMA. Dengan informasi ini semoga mampu membantu dalam mempersiapkan diri menjalani proses persiapan dan seleksi untuk menjadi karyawan Bank. Semoga bermanfaat.