Pentingnya asuransi kesehatan

5 Alasan Pentingnya Asuransi Kesehatan Bagi Kehidupan

Saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, semua orang memiliki resiko besar terpapar virus Corona. Kondisi tersebut membuat semua orang mengalami ketidakpastian utamanya soal kesehatan. Di tengah ketidakpastian tersebut, kini sudah saatnya berfikir tentang pentingnya asuransi kesehatan. Pasalnya, asuransi kesehatan memiliki peranan serta fungsi yang cukup penting bagi kehidupan, diantaranya seperti:

1. Proteksi Diri dan Keluarga

Sejauh ini masih banyak orang yang belum menyadari pentingnya memiliki asuransi kesehatan.  Padahal tanpa disadari semakin hari usia semakin bertambah dan belum tentu penghasilan juga bertambah. Melihat kondisi tersebut, sudah saatnya berfikir untuk mencari proteksi untuk diri serta keluarga tercinta.

Pasalnya, tidak ada jaminan jika di usia yang sudah tidak produktif dan  kondisi kesehatan tetap baik. Namun, jika yang terjadi justru sebaliknya disaat keberlangsungan hidup hanya tergantung dari penghasilan pasif dan kondisi kesehatan buruk tentunya menjadi masalah. Disaat seperti itulah penting untuk memiliki alat proteksi diri dalam hal ini berupa jaminan kesehatan.

2. Mencegah Terjadinya Masalah Ekonomi Akibat Penyakit

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya berobat relatif mahal. Terlebih untuk beberapa penyakit kronis seperti kanker, jantung serta stroke. Agar pengobatan bisa terus berjalan tentunya biaya perawatan juga harus disiapkan. Jika tidak memiliki persiapan dana, resikonya proses pengobatan tidak bisa berjalan optimal, bahkan terpaksa harus terhenti.

Di tengah kondisi itulah, asuransi kesehatan menjadi solusi agar proses pengobatan bisa berjalan secara maksimal. Itulah yang menjadi alasan pentingnya asuransi kesehatan.  Tidak hanya itu saja, asuransi kesehatan juga dapat melindungi kondisi keuangan dan mencegah terjadinya masalah ekonomi.

3. Melatih Kedisiplinan Diri

Mungkin banyak orang yang tidak sadar, dengan memiliki asuransi kesehatan secara tidak langsung dapat melatih diri menjadi lebih disiplin. Terutama dalam persoalan mengelola keuangan. Kenapa bisa seperti itu?. Pasalnya, dengan memiliki tanggungan untuk membayar asuransi kesehatan , orang-orang akan berpikir dua kali untuk menghamburkan uang dengan percuma.

Bukan hanya itu, dengan memiliki tanggungan tersebut secara tidak langsung akan membentuk kebiasaan seseorang untuk menyisihkan sebagian penghasilannya untuk asuransi kesehatan. Melatih kedisiplinan diri, terutama dalam hal mengelola keuangan merupakan hal yang sangat penting. Karena kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi kondisi perekonomian seseorang di masa depan.

4. Mengurangi Resiko Stres

Di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, tentu semua orang memiliki resiko besar terkena virus Corona. Secara tidak langsung, kondisi tersebut menyebabkan timbulnya perasaan khawatir. Rasa khawatir tersebut bisa muncul ketika harus memikirkan besarnya biaya berobat. Jika rasa khawatir tersebut tidak segera teratasi, akibatnya akan berdampak pada kondisi psikologis seperti memicu stres.

Timbulnya stres tentunya bukan hal baik, karena kondisi tersebut dampak berdampak bagi kesehatan. Pasalnya, stres dapat memicu dan menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit seperti hipertensi maupun insomnia. Dengan memiliki asuransi kesehatan, tentunya hal itu dapat menekan timbulnya resiko stres pada seseorang.

5. Membantu Efektivitas dan Penghematan Biaya Perawatan

Seperti telah disinggung sebelumnya, bahwa biaya perawatan atau pengobatan relatif besar. Khususnya untuk beberapa penyakit kronis dan menahun. Perlu diketahui bahwa biaya yang yang dikeluarkan tidak hanya saat perawatan saja, melainkan juga pasca perawatan. Dengan memiliki asuransi kesehatan, biaya pengobatan yang harus dibayarkan tersebut bisa ditutup.

Jadi, secara tidak langsung dengan memiliki asuransi kesehatan dapat membantu efektivitas dan penghematan biaya perawatan. Meskipun sebagai gantinya harus membayar premi asuransi kesehatan setiap bulan. Namun hal tersebut sebanding dengan manfaat yang bisa didapatkan. Oleh karena itu pentingnya asuransi untuk kesehatan memang harus dipertimbangkan.

Demikianlah ulasan singkat seputar manfaat yang bisa dirasakan dengan memiliki asuransi kesehatan. Semoga sekilas informasi di atas dapat membuka pikiran masyarakat mengenai pentingnya asuransi kesehatan, utamanya di tengah masa pandemi. Dengan informasi ini, semoga dapat menjadi bahan pertimbangan masyarakat untuk mengikuti program asuransi kesehatan.

Baca Juga :  Cara Membatalkan Asuransi BCA Life