manfaat asuransi jiwa

5 Manfaat Asuransi Jiwa Untuk Perencanaan Hidup

Asuransi jiwa adalah salah satu jenis asuransi yang banyak dikenal masyarakat. Banyak perusahaan asuransi yang gencar mengiklankan asuransi jenis ini disamping asuransi Kesehatan. kira-kira kenapa asuransi jiwa cukup banyak dikenal oleh masyarakat dan menjadi salah satu asuransi utama? Berikut ini akan membahas mengenai apa saja manfaat asuransi jiwa. Serta bagaimana dampak-dampak positif yang akan diterima.

Asuransi jiwa cukup banyak dimiliki masyarakat Indonesia di samping asuransi Kesehatan. Membahas tentang Asuransi jiwa, pada dasar nya adalah sebuah layanan asuransi yang berbentuk perlindungan finansial. Tentunya dengan perlindungan akan diberikan saat adanya kerugian atau hilang pendapatan dari kematian anggota keluarga (tertanggung). Lalu sebenar ya apa saja manfaat yang akan di dapatkan saat kita memiliki asuransi jiwa. Berikut listnya:

1. Tabungan

Manfaat asuransi jiwa yang pertama adalah memiliki tabungan. Sama seperti asuransi lain, pada asuransi jiwa nasabah akan menjalankan sistem seperti “dipaksa menabung”. Dengan ini maka data yang dibutuhkan sebagai asuransi akan terkumpul dengan baik melalui pembayaran premi asuransi. Dan cara menabung seperti ini tentunya akan lebih memudahkan serta tidak terasa berat untuk dibayar tiap bulan atau tiap tahun nya.

2. Dana yang Ada Saat Keadaan Darurat

Simpanan dana yang ada di asuransi jiwa tentunya akan dapat dicairkan saat keadaan darurat terjadi pada tertanggung. Bilamana terjadi kematian kepada tertanggung, keluarga yang ditinggalkan masih akan memiliki dana dari asuransi jiwa untuk dipergunakan secara baik.kehadiran asuransi jiwa bisa mengantisipasi kekurangan dana dalam keadaan yang benar-benar darurat.

3. Perencanaan Finansial yang Matang

Mendaftar Asuransi jiwa bisa jadi salah satu Langkah yang baik untuk merencanakan finansial masa depan dengan lebih baik. Hal ini dikarenakan asuransi jiwa akan mengcover atau menjamin keadaan finansial dari tertanggung di masa depan. Memasukkan dana khusus untuk asuransi dapat memberi sedikit ketenangan terkait kesejahteraan di masa depan.

Selain itu juga di sejumlah perusahaan asuransi, akan menawarkan sejumlah produk asuransi jiwa yang sesuai dengan profil risiko yang dimiliki. Yang dimaksud adalah asuransi bisa disesuaikan dengan keadaan kerja atau kebiasaan serta resiko-resiko yang mungkin terjadi. Resiko-resiko ini dapat diantisipasi dengan lebih baik melalui asuransi jiwa.

4. Menjamin Kebutuhan Keluarga yang Ditinggalkan

Jika terjadi musibah tak terduga, dimana salah satu anggota keluarga yang mencari nafkah tiba-tiba meninggal maka Asuransi jiwa bisa membantu. Dengan uang asuransi yang ada maka kebutuhan keluarga yang ditinggalkan bisa lebih terbantu. Mengurangi resiko bangkrut atau berhenti nya ekonomi keluarga sampai memiliki sumber penghasilan lain.

Yang lebih melegakan lagi dana asuransi jiwa juga mungkin dapat membantu anak-anak dari tertanggung bisa terbantu biaya sekolah nya. Karena uang Pendidikan yang disiapkan tidak perlu dikurangi untuk biaya hidup atau bahkan biaya pemakaman. Setidaknya masih ada dana untuk menjalankan kebutuhan-kebutuhan utama lainnya.

5. Tidak Meninggalkan Hutang dan Memberi Warisan

Kemudian salah satu manfaat asuransi jiwa yang terakhir, adalah membantu keluarga yang ditinggalkan membayar utang dari tertanggung. Jika tidak memiliki utang atau masih banyak sisa dana Asuransi jiwa yang ada maka hal itu akan menjadi warisan bagi yang ditinggalkan. Tentunya jika memiliki asuransi jiwa, dapat sedikit menenangkan pikiran terkait masa depan keluarga saat di tinggal selama nya.

Begitulah sejumlah pembahasan terkait poin-poin manfaat asuransi jiwa. Kebutuhan akan asuransi jiwa tentunya sangat penting mengingat adanya kemungkinan buruk terjadi di masa depan. Setelah mengetahui manfaat-manfaat dari pada asuransi, apakah sudah menentukan untuk daftar asuransi jiwa sekarang.

Baca Juga :  Penting! Ini Cara Menutup Asuransi BNI Life