jenis asuransi di indonesia

7 Jenis Asuransi di Indonesia yang Perlu Diketahui

Asuransi merupakan salah satu alternatif investasi yang memiliki fungsi sebagai pelindung atas berbagai kerugian keuangan yang tidak terduga pada masa yang akan datang. Asuransi ini juga terbagi kedalam beberapa jenis berdasarkan fungsi atau resiko yang akan ditanggungnya. Berikut ini merupakan beberapa jenis asuransi di Indonesia yang perlu diketahui.

1. Kesehatan

Jenis Asuransi di Indonesia yang sudah banyak dikenal salah satunya adalah asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan adalah produk asuransi yang digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan yang didalamnya tertanggung biaya sakit dan biaya proses pengobatan. Umumnya penyebab sakit yang ditanggung oleh asuransi kesehatan adalah, cedera, cacat, sakit, hingga kematian akibat kecelakaan. Pembelian asuransi kesehatan, biasanya hanya untuk kepentingan tertanggung atau keuntungan pihak ketiga.

2. Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan merupakan jenis asuransi yang sangat populer di negeri ini. Asuransi pendidikan dinilai menjadi salah satu alternatif yang baik dalam memberikan solusi yang dapat menjamin untuk kehidupan pendidikan anak. Asuransi ini kini banyak menjadi perhatian para orang tua, dikarenakan semakin tingginya biaya anak untuk bersekolah setiap tahunnya.

3. Bidang Kesehatan Jiwa

Sebagaimana telah diketahui bersama, asuransi jenis ini dapat memberikan manfaat ekonomi atas meninggalnya yang menjadi tertanggung. Beberapa perusahaan asuransi memberikan santunan setelah kematian, sementara yang lain dapat mengizinkan tertanggung untuk meminta dana sebelum kematian. Asuransi jiwa hanya dapat dibeli untuk kepentingan pribadi, dapat juga dibeli atas nama tertanggung, 

4. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan yang paling populer di Indonesia adalah jenis asuransi mobil yang berfokus pada cedera pada orang lain yang disebabkan oleh tertanggung atau kerusakan kendaraan orang lain. Asuransi ini juga dapat memberikan kompensasi atas kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor yang diasuransikan. Asuransi ini merupakan salah satu jenis asuransi di Indonesia yang populer dikalangan masyarakat umum.

5. Jenis Asuransi Properti

Sebagai aset yang sangat berharga, pemilik rumah biasanya melindungi diri dan hartanya berupa rumah atau harta pribadi melalui asuransi rumah dan harta benda. Asuransi ini memberikan perlindungan untuk harta pribadi tertanggung terhadap kemungkinan kehilangan atau kerusakan. Asuransi ini juga dapat memberikan perlindungan dan pertolongan jika rumah atau harta benda tertanggung lainnya mengalami musibah, contohnya  seperti kebakaran.

6. Asuransi Bisnis

Asuransi ini merupakan layanan perlindungan atas kerusakan, kerugian, atau kerugian dalam jumlah besar yang mungkin disebabkan oleh bisnis orang lain. Asuransi ini memberikan ganti rugi atas kerusakan akibat kebakaran, ledakan, gempa bumi, petir, banjir, angin topan, hujan, tabrakan dan kekacauan lainnya. 

Perusahaan asuransi biasanya memberikan berbagai keuntungan seperti, asuransi komersial, seperti perlindungan aset bisnis bagi karyawan, perlindungan investasi dan bisnis, asuransi jiwa komprehensif bagi seluruh karyawan, dan asuransi kesehatan bagi karyawan.

7. Jaminan Asuransi Perjalanan

Secara umum, fungsi asuransi perjalanan tidak jauh berbeda dengan asuransi biasa, yang terakhir adalah sebagai bentuk perlindungan bagi nasabah jangka pendek selama pembeli premi kembali ke negara tersebut. Manfaat dan perlindungan yang akan Anda dapatkan dengan asuransi perjalanan meliputi: perlindungan dan perlindungan pembeli lanjutan dari kecelakaan berikutnya, kompensasi kecelakaan diri, dan pertanggungan biaya medis darurat. 

Nah, itulah beberapa jenis asuransi di Indonesia yang familiar atau banyak dikenal dalam masyarakat. Mengenal beberapa jenis asuransi dapat bermanfaat ketika akan memilih asuransi yang akan digunakan sebagai pengaman jika ada sesuatu yang tidak di prediksi sebelumnya di masa yang akan datang.  Sekarang asuransi telah mudah diakses melalui asuransi online sehingga sudah sangat memudahkan.

Baca Juga :  Manfaat Asuransi Kesehatan demi Masa Depan yang Lebih Baik