Tips Memilih Mata Uang Kripto yang Cocok Bagi Pemula

Bagaimana tips memilih mata uang kripto untuk diperdagangkan? Setidaknya itulah salah satu pertanyaan yang sering muncul bagi pemula. Sebenarnya, cryptocurrency atau mata uang digital cukup kompleks jika dilihat berbagai sisi. Hal tersebut karena mata uang ini tidak memiliki bentuk dan rupa.

Namun, bukan berarti mata uang digital ini tidak bisa digunakan. Faktanya saat ini uang kripto menjadi salah satu aset paling stabil yang pernah ada. Sifatnya yang fleksibel membuatnya tidak perlu bergantung dengan sentimen terhadap ekonomi sebuah negara. Oleh sebab itu nilainya cenderung stabil.

Hingga saat ini sudah ada banyak sekali jenis cryptocurrency. Namun tidak semuanya bisa kamu dapatkan dengan cara mudah. Beberapa perlu modal besar dan waktu lama hanya untuk menambang 1 koin saja. Namun, bagaimana cara memilih koin kripto yang tepat? Begini caranya.

Melihat Prospek di Masa Depan

Tips memilih mata uang kripto yang pertama adalah dengan melihat prospek di masa depan. Baik itu cryptocurrency untuk diperdagangkan maupun investasi, melihat prospeknya di masa depan sangat penting. Hal tersebut supaya kamu tidak salah pilih. Terutama di dunia digital yang terus berubah-ubah seperti ini.


1. Pendapat Publik

Salah satu cara yang bisa dipakai untuk melihat prospek masa depan dari sebuah koin kripto adalah dengan melihat pendapat publik. Pendapat publik sangat penting karena bisa mempengaruhi nilai tukar dari sebuah cryptocurrency. Contohnya adalah ketika Squere membeli banyak Bitcoin yang kemudian membuat nilai Bitcoin naik.

Selain itu, kamu juga bisa melihat pendapat publik melalui diskusi di berbagai forum. Saat ini sudah ada banyak forum dan secara khusus membahas mengenai uang digital. Jadi mulai dari kabar terbaru, isu hangat, hingga rencana masa depan bisa dilihat melalui diskusi yang ada.

Misalnya, jika semakin banyak porsi diskusi terhadap sebuah koin kripto, maka kemungkinan besar ini merupakan pertanda positif. Namun juga sebaliknya, ketika arah diskusi cenderung mundur maka bisa jadi hal tersebut menunjukkan siklus negatif. Oleh sebab itu kamu perlu aktif berdiskusi dalam forum tersebut.

2. Aktivitas Komunitas

Karena cryptocurrency merupakan sebuah alat transaksi masa depan, muncul beberapa komunitas atau forum tertentu. Disini ada para investor, penambang, hingga pemilik perusahaan yang berkumpul menjadi 1. Tujuanya adalah untuk berbagai informasi mengenai mata uang digital yang sedang dibutuhkan dalam komunitas.

Komunitas atau forum seperti ini sangat membantu untuk para pemula. Apalagi biasanya para pemula tidak memahami bagaimana mekanisme kerja memperdagangkan sebuah koin. Ikut bergabung dalam sebuah komunitas juga merupakan salah satu tips memilih mata uang kripto yang patut dicoba, terutama bagi kamu yang masih pemula.

Ketahui Siapa Lembaga Pembangunan Mata Uang Tersebut

Tips memilih mata uang digital selanjutnya bisa menggunakan pengamatan standar. Kamu bisa memulainya dari siapa lembaga pembangun mata uang tersebut, seperti apa jejak karirnya, hingga bagaimana mekanismenya. Semua itu merupakan hal penting sebelum memilih akan menggunakan cryptocurrency seperti apa.

1. Teknologi Pengembang

Meskipun pada dasarnya cryptocurrency dibangun dari mekanisme Blockchain, namun setiap mata uang memiliki algoritmanya sendiri. Memang cukup sulit mempelajari algoritma dari sebuah alat tukar, apalagi tidak berwujud. Oleh sebab itu, salah satu yang bisa kamu lakukan adalah bertanya pada forum di internet.

Setiap koin memiliki algoritma enkripsi sendiri dan membedakan dengan koin lain. Itulah mengapa dari satu koin dengan koin lain biasanya memiliki karakteristik berbeda. Contohnya adalah Litecoin yang merupakan versi rendah Bitcoin. Keduanya hampir serupa, namun enkripsi yang dipakai ternyata berbeda.

2. Siklus Pump

Siklus pump adalah sebuah frekuensi dimana ada kenaikan atau penurunan terhadap minat mata uang. Biasanya, ada saatnya ketika siklus ini mencapai puncak sehingga harga mata uang menjadi sangat tinggi. Pada periode ini juga biasanya siklus akan menyasar ke cryptocurrency populer.

Sedangkan ketika siklus berada pada titik terendah, harga sebuah koin akan jauh lebih murah. Pada saat hal tersebut terjadi, sebenarnya ini waktu yang tepat untuk mulai berinvestasi. Kemudian menjualnya kembali ketika siklus bergerak naik sehingga kamu mendapatkan propabilitas yang besar.

Memilih sebuah mata uang digital memang gampang-gampang susah. Gampang jika kamu bisa memahami langkah dasar seperti informasi terkini atau sebagainya. Sedangkan bisa dianggap susah karena butuh banyak informasi dari berbagai sumber. Meskipun begitu, masih ada banyak tips memilih mata uang digital yang bisa dilakukan.