rincian modal usaha konter hp

Rincian Modal Usaha Konter HP untuk Para Pebisnis Pemula

Ingin memulai bisnis namun masih bingung ingin berbisnis di bidang apa? Bisnis konter HP adalah  salah satu yang wajib dicoba. Jika ingin memulai bisnis ini sebenarnya tidak terlalu sulit, pebisnis hanya perlu mempelajari rincian modal usaha konter HP sehingga tidak rugi belakangan. Hanya memerlukan modal, niat serta usaha kuat untuk mulai berbisnis di bidang ini.

Usaha konter HP sangat cocok dicoba oleh semua kalangan. Selain usaha ini memang diperlukan dimana-mana, modal untuk bisnis ini juga tidak terlalu besar. Berikut 5 rincian modal usaha jika ingin memulai bisnis konter HP, antara lain:

Baca Juga :  Informasi Peluang Usaha Tela Tela Singkong Beserta Analisanya

1. Modal Tempat

Faktor penting yang harus diperhatikan jika ingin memulai bisnis konter HP salah satunya adalah lokasi atau tempat usaha. Calon pengusaha harus tahu segmen pasar yang ingin dituju serta mampu mencari lokasi strategis untuk membuka usaha konter HP ini.

Keberadaan lokasi strategis seperti di tepi jalan raya, dekat dengan kampus atau sekolah, dan tempat yang belum banyak pesaing. Biasanya lokasi disewa bulanan dengan biaya sekitar Rp500.000,00 hingga Rp800.000,00 saja. Jika memiliki tempat atau rumah sendiri, bisa memulai usaha dari rumah saja karena tidak memerlukan biaya tambahan lagi.

Baca Juga :  Sebelum Memulai, Perhatikan Resiko Usaha Kedai Kopi Berikut

2. Etalase

Etalase masuk ke dalam daftar rincian modal usaha konter HP karena etalase merupakan barang penting pada bisnis ini. Adapun fungsi etalase untuk memajang atau memamerkan barang dagangan sehingga pembeli dapat melihat dengan jelas produk yang dijual.

Tidak perlu etalase dengan ukuran besar, etalase ukuran kecil hingga sedang sudah cukup untuk memulai usaha konter HP. Biaya pembelian etalase baru dengan ukuran sedang biasanya mencapai harga Rp1.500.000,00. Alternatif lain, calon pengusaha dapat mencari etalase second namun kualitas masih terjaga dengan baik. Biasanya harga lebih murah.

Baca Juga :  5 Resiko Usaha Cuci Motor yang Tidak Boleh Disepelekan

3. Perlengkapan Konter

Selanjutnya ada perlengkapan konter lainnya juga perlu diperhatikan untuk menunjang aktivitas penjualan. Perlengkapan yang dimaksud seperti kursi dan alat tulis. Kursi dibutuhkan untuk meningkatkan taraf kenyamanan pada pembeli. Alat tulis berguna sebagai tempat mencatat riwayat penjualan. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp200.000,00.

Usaha konter HP juga membutuhkan dua buah handphone untuk menjalankan usaha. Pertama, HP untuk keperluan transaksi dengan pembeli. Biasanya membutuhkan dana sekitar Rp700.000,00 hingga Rp1.000.000,00. Kedua, HP untuk berkomunikasi dengan agen pulsa dari pusat. Jika sebelumnya sudah memiliki smartphone sendiri, tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Baca Juga :  Contoh Usaha Jualan Keliling yang Menguntungkan

4. Deposito Pulsa

Biaya deposit pulsa juga merupakan hal yang harus diperhatikan dalam rincian modal usaha konter HP ini. Carilah agen pulsa yang sesuai, calon pemilik usaha dapat melakukan riset sendiri melalui Google ataupun mencari langsung secara manual. Biaya deposit pulsa, biasanya memerlukan biaya dari Rp10.000.000,00 hingga Rp15.000.000,00.

5. Produk Tambahan

Para pelaku usaha konter HP biasanya memiliki produk tambahan untuk dipajang di etalase atau rak. Hal ini seperti HP bekas hingga aksesoris HP. Banyak aksesoris yang dapat dijual, contoh: charger handphone, case handphone dan headset. Adapun untuk produk tambahan ini memerlukan biaya kisaran Rp5.000.000,00 hingga Rp7.000.000,00.

Baca Juga :  5 Strategi Usaha Kelontong Untuk Pemula yang Harus Dilakukan

Itulah informasi rincian modal usaha konter HP yang dapat dipelajari oleh pebisnis pemula terutama yang berencana atau berminat membuka konter HP. Mulai dari biaya untuk sewa tempat hingga biaya untuk pengadaan produk tambahan yang dibutuhkan di konter tentu juga harus diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai di awal sudah membuat kesalahan fatal akibat perhitungan biaya yang tidak sesuai.