Cara Membeli Saham Online, Mudah dan Cepat

Cara Membeli Saham Online, Mudah dan Cepat

Membeli saham online menjadi cara termudah ketika ingin melakukan investasi bagi pemula. Dengan melakukan pembelian dan penjualan secara online, kamu akan menghemat banyak waktu serta melakukan transaksi dimana saja dan kapan saja. Saham bisa dikatakan sebagai investasi terbaik.

Sayangnya, tidak banyak masyarakat yang ingin melakukan investasi ini, jumlah investor aktif yang berada di BEI masih sangat sedikit bila kita bandingkan dengan keseluruhan jumlah penduduk Indonesia. Padahal, adanya kemajuan teknologi di dalam industri finansial bisa semakin menguntungkan kita ketika akan melakukan pembelian saham.

Dulunya, pembelian memang dilakukan dengan menggunakan sambungan telepon atau secara langsung datang ke galeri broker, tetapi saat ini buy and sell saham bisa dilakukan online. Aplikasi buy and sell saham juga menjadi hal umum dipergunakan, broker juga semakin banyak memberikan kemudahan.

Jadi, sayang rasanya jika kita tidak mencoba melakukan investasi menggiurkan ini sekarang juga, apalagi modal yang diperlukan untuk memulai investasi juga tidak besar, sehingga kamu bisa menempatkan modal sesuai dengan kemampuan. Agar lebih mudah melakukan pembelian, berikut cara membeli saham online yang bisa kamu ikuti.

Tahap Awal Melakukan Pembelian Saham Secara Online

Ketika akan melakukan pembelian saham, kamu harus melakukan registrasi agar bisa memiliki rekening efek. Pembelian saham yang tercatat di BEI hanya dapat dilakukan dari perusahaan sekuritas. Pembukaan rekening ini bisa kamu lakukan di website atau aplikasi secara online, jadi kamu tidak perlu khawatir.

Selain melakukan registrasi, kamu juga harus memilih broker atau perusahaan sekuritas. Jumlah perusahaan sekuritas di Indonesia begitu banyak, untuk memilihnya kamu bisa mengecek deposit awal serta fee transaksi yang dimiliki perusahaan sekuritas. Pilih fee yang jumlahnya kecil, dan deposit awal yang tidak memberatkanmu.

Langkah berikutnya, kamu bisa melakukan pendaftaran rekening dana nasabah serta saham secara online. Sebenarnya, melakukan pendaftaran ini boleh di kantor perusahaan, namun di masa pandemi seperti sekarang ini, akan lebih baik jika kamu melakukannya secara online, apalagi banyak sekuritas yang memberikan layanan ini.

Terakhir, lakukan penginstalan aplikasi untuk membeli saham online. Perusahaan efek sudah memberi aplikasi online, sehingga investor bisa lebih mudah melakukan transaksi. Pastikan kembali kamu sudah terdaftar di perusahaan tersebut. Kamu hanya perlu menginstal kemudian melakukan login, kamu sudah siap untuk melakukan pembelian.

Memulai Pembelian Saham Secara Online

Setelah rekening siap digunakan, kamu bisa mulai melakukan pembelian saham secara online. Terlebih dulu setor dana deposit. Bila kamu sudah memperoleh konfirmasi yang diberi perusahaan sekuritas yang menyatakan jika RDNmu sudah aktif dan aplikasi sudah ada di ponsel, segera melakukan deposit awal. Besarnya dana deposit ini dapat disesuaikan dari dari kebijakan sekruritas.

Untuk mendeposit, kamu hanya perlu menyiapkan dana kemudian setorkan di RDN, penyetoran bisa dari ATM, internet banking atau mobile banking. Tunggu proses transfer dan cek apakah danamu sudah masuk atau belum. Tapi, jangan langsung melakukan pembelian, ya. Kamu bisa menonton tutorial terlebih dulu.

Tonton tutorial yang diberikan oleh perusahaan sekuritas. Ketika awal menggunakan, kamu pasti akan merasa bingung untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa menemukan tutorial ini di aplikasi video. Setelah itu baru kamu bisa melakukan transaksi penjualan dan pembelian.

Harus diketahui, jumlah minimal pembelian ialah 1 lot. Pembelian 1 lot berarti 100 lembar. Penjualan atau pembelian memiliki jumlah yang sama. Saham BEI memiliki harga variatif, harga ini menjadi cermin dari nilai perusahaan. Berarti, semakin mahal harga saham, semakin sedikit juga lot yang kamu miliki, begitupun sebaliknya.

Kamu bisa melakukan diversifikasi saham, agar dapat meminimalkan risiko kerugian. Diversifikasi ini bisa berwujud keanekaragaman pembelian saham. Jadi beli saham bukan hanya satu sektor saja. Contohnya kamu membeli saham di sektor perbankan, kemudian membeli saham perusahaan-perusahaan makanan, atau melakukan pembelian di perusahaan konstruksi, dan lainnya.

Ketika ingin memulai melakukan investasi saham, kamu harus memiliki tujuan. Apakah kamu melakukan pembelian saham ini untuk trading atau melakukan pembelian untuk investasi. Jika melakukan investasi, berarti dana akan diendapkan dalam waktu yang lama, contohnya untuk dana pensiun. Penetapan tujuan ini sangat penting ketika akan membeli saham online.