Tips Jitu Pilih Broker Saham Online agar Tidak Tertipu

Tips Jitu Pilih Broker Saham Online agar Tidak Tertipu

Broker saham online sama dengan broker saham pada umumnya, bedanya mereka sudah memiliki fasilitas untuk melakukan pembelian secara online. Broker saham sendiri adalah sebuah perusahaan yang telah terdaftar di OJK serta mempunyai ziin melakukan penjualan serta pembelian surat berharga di BEI.

BEI menjadi sarana resmi untuk menyelenggarakan kegiatan persahaman. Meskipun demikian, kamu tidak dapat melakukan pembelian secara langsung di BEI tanpa melalui broker. Sesuai peraturan, kamu harus melakukan kegiatan jual beli dari broker. Ini disebabkan karena yang diizinkan menyelenggarakan penjualan dam pembelian adalah broker.

Jadi, jika kamu tertarik melakukan trading atau melakukan investasi saham, kamu harus memilih broker terbaik yang ada di Indonesia serta sudah ada dalam OJK. Broker online yang kamu gunakan, nantinya menjadi perantara trader dengan BEI ketika melakukan proses buy and sell saham. Oleh sebab itu, broker harus tercatat di dalam BEI.

Sudah pasti mencari broker saham online terbaik bukan hal mudah. Karena, dengan mengetahui broker terbaik, kamu bisa meminimalkan risiko yang mungkin terjadi contoh risiko paling nyata adalah kerugian finansial. Berikut tips yang bisa kamu ikuti.

Memilih Broker Saham yang Memberikan Fasilitas Online

Ketika akan menyaring broker saham, hal pertama kali adalah pastikan broker tersebut memberikan fasilitas online untuk buy and sell saham. Selain harus mengikuti perkembangan zaman, karena nantinya kamu akan melakukan proses jual beli dengan cara online, tentu saja broker harus memiliki fasilitas tersebut.

Bila kamu sudah menemukan broker yang memberikan fasilitas buy and sell online, kamu bisa memilih broker yang memiliki fitur lengkap. Setiap broker pada dasarnya memiliki fitur berbeda-beda, sehingga belum tentu fitur yang mereka miliki lengkap dan cocok untukmu. Agar bisa memastikan kelengkapan fitur, kamu harus memeriksa ketersediaan fitur utama.

Contohnya saja seperti layout broker saham online tersebut enak dilihat serta nyaman digunakan dalam waktu lama. Karena, tidak sedikit layout yang terlalu ribet, sehingga untuk memilih saham atau mempelajari saham menjadi kurang nyaman. Selain itu, apakah proses loading platform yang kamu gunakan tersendat atau cepat.

Dari segi koneksi, apakah koneksi yang dimiliki platform lancar, karena tidak nyaman rasanya jika kamu melakukan pembelian saham, namun terkendala masalah koneksi yang dimiliki platform. Buka hanya itu, kamu juga harus memastikan apakah platform memiliki fitur yang diperlukan untuk trading seperti analisa fundamental.

Bahkan juga analisa teknikal, sehingga platform memiliki indikator serta chart yang harus diperhatikan. Broker juga harus memiliki aplikasi trading mobile, sehingga trading bukan hanya bisa dilakukan di laptop saja, namun juga bisa dilakukan di ponsel menggunakan aplikasi.

Hindari Hal ini Ketika Memilih Broker Saham Online

Memilih broker saham memang harus berhati-hati. Selain masalah fitur online di atas, kamu juga harus memperhatikan masalah modal minimal yang diharuskan untuk mengikuti trading. Kamu bisa membuka rekening fek dengan modal Rp 100 ribuan ketika event sekolah pasar modal.

Tetapi, diluar event, tidak semua broker memperbolehkan pembukaan saham dengan modal kecil. Ada broker yang memberikan syarat minimal modal Rp 10 juta, ada pula yang Rp 1 juta, bahkan ada yang Rp 0. Sebelum yakin melakukan pendaftaran, kamu bisa memeriksa syarat modal minimal.

Selain itu, hindari memilih broker yang memiliki biaya transaksi cukup besar. Ketika kamu ,melakukan transaksi, nantinya kamu harus membayar fee dengan jumlah tertentu, fee ini dipotong otomatis dari broker, besarnya broker antara satu dengan lainnya bisa berbeda. Normalnya fee berada di angka 0,1 sampai 0.3 persen jika kamu akan melakukan pembelian.

Fee sebesar 0.2 hingga 0.4 persen ketika kamu akan melakukan transaksi penjualan. Namun, jangan jadikan fee ini langsung sebagai patokan, karena kamu juga harus memastikan jika broker sudah tercatat menjadi anggota BEI. Perusahaan broker harus menjadi anggota BEI. Sebenarnya, kamu bisa melihat modal kerja bersih disesuaikan yang mereka miliki, semakin tinggi nilainya, kondisi keuangan mereka juga semakin kuat.

Memilih broker untuk menjadi tempat penampung pembelian serta penjualan saham yang kita miliki memang tidak mudah, apalagi nantinya kita akan menyimpan uang di sana untuk hari tua selama bertahun-tahun lamanya, sehingga kamu harus pilih broker saham online yang benar-benar terpercaya.