Investasi vs Trading Bitcoin, Mana yang Lebih Menguntungkan

Membahas tentang pertanyaan investor jika harus memilih investasi vs trading bitcoin, mana yang lebih untung? Sebenarnya jawabannya sudah kamu ketahui sendiri dimana keduanya memberi keuntungan dengan cara berbeda. Risiko dan return yang diberikan dari kedua pilihan ini sama-sama menguntungkan namun untuk mendapatkan perlu cara berbeda.

Kamu sebagai investor diberikan kebebasan untuk memilih investasi saja atau lebih tertarik untuk melakukan trading. Begitupun dengan investor lain tidak ada aturan khusus maupun pembatasan untuk mencari untung maksimal. Namun sebelum mengambil keputusan lebih baik jika kamu mencari informasi tentang perbedaan kedua jenis investasi ini.

Bagi pemula kerap kali investasi dan trading bitcoin dianggap sama padahal keduanya memiliki banyak perbedaan. Jangan gegabah dalam menentukan pilihan jika kamu tidak mencari informasi lebih detailnya. Simak informasi perbedaan di bawah ini dan perhatikan tips juga agar keuntungan yang dicari dapat sesuai target.

Pahami Perbedaan Antara Investasi Bitcoin dengan Trading

Investasi vs trading bitcoin sebenarnya dua metode berbeda dapat digunakan untuk mencari untung dari mata uang digital. Karena metodenya berbeda maka tidak boleh disamakan cara yang akan kamu gunakan untuk mencari keuntungan. Sebelum membahas lebih mendalam dan fokus ke untung sebaiknya simak perbedaannya berikut ini.

1. Sekilas tentang investasi

Investasi artinya kamu membeli bitcoin dengan harga rendah kemudian menahannya dalam beberapa waktu. Kemudian jika harganya mengalami kenaikan sesuai dengan target kamu maka bisa dijual. Ciri utamanya biasanya dilakukan dalam jangka waktu cukup panjang misalnya dalam beberapa tahun sehingga kenaikan nilainya menjadi sangat terasa.

2. Sekilas tentang trading

Sedangkan trading yaitu aktivitas jual beli bitcoin yang dilakukan dalam jangka pendek bisa hitungan menit, jam atau hari. Jadi cenderung membeli kemudian menjualnya untuk mendapatkan untung dari selisih harganya. Untuk bisa mendapatkan keuntungan seorang trader harus memiliki skill agar dapat mengelola aset dengan baik.

3. Perbedaan dasar antara investasi dengan trading

Secara sederhana dapat disimpulkan perbedaan investasi dan trading bitcoin dapat dilihat dari jangka waktunya. Investasi lebih lama dalam hitungan bulan hingga bertahun-tahun sedangkan trading hitungan hari saja. Selain itu masih ada perbedaan lainnya yang harus kamu perhatikan jika ingin menemukan pilihan mana lebih menguntungkan.

Pertimbangan Memilih Antara Investasi atau Trading untuk Mencari Untung

Menemukan jawaban antara investasi vs trading bitcoin mana yang lebih bisa memberikan keuntungan harus perhatikan banyak hal. Tidak bisa jika hanya satu pandangan menjawab hal ini karena nantinya justru tidak efektif. Gunakan beberapa pertimbangan di bawah ini agar pilihan yang kamu tentukan bisa benar-benar akurat.

1. Sesuaikan dengan tujuan sendiri

Pertimbangan pertama yaitu kamu harus menyesuaikan dengan tujuan sendiri mau untung yang seperti apa. Jika ingin untung cepat maka bisa memilih trading karena hanya dalam hitungan jam kamu sudah untung. Namun jika ingin untung besar maka lebih baik pilih investasi asalkan mau menunggu jangka panjang.

2. Modal awal yang disediakan

Jumlah modal yang kamu miliki juga menentukan jenis pilihan investasi atau trading demi mencari keuntungan. Sebenarnya tidak ada aturan khusus berapa minimalmodal yang harus disediakan namun ada trik tersendiri. Jika modal kecil sebaiknya berhati-hati karena rawan untung dan rugi namun lebih aman jika investasi.

3. Sesuaikan waktu yang dimiliki

Perbedaan antara investasi vs trading bitcoin sudah dijelaskan dari segi waktu yang digunakan untuk mencari keuntungan. Jika kamu memiliki banyak waktu dan bisa fokus untuk trading maka tidak ada salahnya memilih jenis ini. Namun jika memang waktu terbatas dan tidak bisa memantau lebih baik investasi.

4. Potensi pengembalian

Pertimbangan lainnya dapat kamu perhatikan dari potensi pengembalian yang sangat mungkin didapatkan dari investasi maupun trading. Secara sederhana bandingkan sendiri antara potensi pengembalian jangka panjang dengan jangka pendek. Memahami konsep dasar tersebut membuat kamu lebih mudah menentukan keputusan ingin potensi pengembalian sesuai harapan.

Memahami penjelasan di atas membuat kamu menemukan jawaban mana yang paling menguntungkan antara keduanya. Keuntungan yang ditawarkan sebenarnya sama namun dengan metode dan jangka waktu berbeda juga. Pertimbangkan berbagai hal untuk menentukan pilihan antara investasi vs trading bitcoin sesuai dengandiri sendiri.