Fakta Investasi Bitcoin yang Menarik untuk Diketahui

Membahas tentang fakta investasi bitcoin memiliki daya tarik tersendiri agar informasi berdasarkan fakta yang ada. Banyak orang tertarik bertransaksi hanya karena terpikat dengan hasil yang ditawarkan saat itu juga. Memang banyak orang berhasil kaya dadakan karena memilih bitcoin begitupun bisa bangkrut saat ini juga.

Bitcoin selalu mengalami kenaikan nilainya dari tahun ke tahun dan hal ini cukup menarik banyak orang untuk berinvestasi. Sebagai mata uang virtual berbagai kemudahan transaksi yang ditawarkan memang menguntungkan bahkan dari berbagai hal. Tidak heran jika kemudahan bertransaksi semakin nyata jika kamu memiliki bitcoin.

Bitcoin dikendalikan secara terbuka oleh perangkat lunak sehingga siapapun memiliki akses untuk mengembangkannya. Saat ini nilai dari bitcoin sendiri sudah sangat tinggi bahkan mencapai lebih dari 500 jutaan. Sebelum melangkah lebih jauh tidak ada salahnya mengetahui berbagai fakta investasi bitcoinberikut ini.

Berbagai Fakta yang Penting Diketahui Tentang Investasi Bitcoin

Populernya bitcoin salah satu investasi yang menguntungkan dan dianggap bisa membuat kaya dadakan. Mata uang digital ini semakin diminati oleh masyarakat dari luar negeri termasuk orang-orang Indonesia. Sebelum kamu mulai bertransaksi tidak ada salahnya menambah pengetahuan tentang berbagai fakta di bawah ini.

1. Bukan termasuk saham atau reksadana

Fakta investasi bitcoin yang pertama perlu kamu ketahui kalau investasi ini bukan termasuk saham ataupun reksadana. Konsep dasarnya yaitu keuntungan tinggi dan risikonya tinggi sehingga sangat berbeda dibandingkan saham. Nilainya bisa saja naik sehingga untungnya besar namun dalam sekejap mungkin langsung terjun turun.

2. Menggunakan sistem P2P (Peer to Peer)

Jika kamu mempertanyakan siapa perantara yang bertanggung jawab saat transaksi bitcoin itu sendiri. Jawabannya jelas tidak ada karena menggunakan sistem peer to peer (P2P) memanfaatkan alat transaksi secara langsung. Transaksinya akan dicatat memakai sebuah jaringan dan teknologi yang menyimpan dikenal dengan sebutan blockchain.

3. Transaksi pertama bitcoin

Fakta di awal kemunculannya bitcoin tidak banyak dipercaya dan diragukan sehingga peminatnya sangat sedikit. Transaksi pertamanya adalah Nakamoto sebagai penambang perdana dan unduh aplikasi pertama yaitu Finney. Berbeda dengan dahulu saat ini banyak orang tertarik untuk menambah koin mereka sebagai bentuk investasi menguntungkan.

4. Pernah digunakan untuk transaksi ilegal

Fakta investasi bitcoin yang jarang diketahui ternyata pernah juga digunakan untuk transaksi ilegal pada jaman dulu. Dimana mata uang ini dipilih karena dianggap aman untuk transaksi jual beli ilegal di luar negeri. Transaksi tidak akan mudah terdeteksi baik penjual maupun pembelinya dibandingkan dengan metode transaksi lainnya.

5. Bitcoin pernah dilarang di Indonesia

Ternyata bitcoin pernah dilarang digunakan sebagai mata uang transaksi resmi di Indonesia. Larangan tersebut secara resmi disampaikan oleh BI dan OJK bukan sebagai alat pembayaran sah. Sekarang sudah banyak aplikasi yang beredar secara legal disetujui oleh Kominfo dan BAPPEBTI sehingga lebih aman.

Manfaat Mengetahui Berbagai Fakta Tentang Investasi Bitcoin

Mengetahui berbagai fakta investasi bitcoin memberikan manfaat atau dampak positif sebelum kamu bertransaksi. Hal ini sangat penting karena dapat kamu gunakan sebagai bekal dalam memulai bertransaksi untuk investasi. Simak dua manfaat utama di bawah ini yang penting untuk dijadikan referensi sebagai investor pemula.

1. Pertimbangan matang sebelum bertransaksi

Fakta – fakta yang sudah dijelaskan dapat dijadikan pertimbangan matang sebelum memutuskan bertransaksi bitcoin lebih banyak lagi. Misalnya setelah kamu tahu kemungkinan untung dengan rugi sama besarnya jadi berhati-hati memakai uangnya. Gunakan informasi untuk pertimbangan matang secara bijak dan memakai logika daripada sekedar mengikuti hati nurani.

2. Dasar pengambilan keputusan investasi

Setiap kali kamu ingin berinvestasi gunakan berbagai fakta yang ada sebagai dasar pengambilan keputusan. Jangan sampai keputusan diambil hanya karena melihat trend baik tanpa mengetahui kemungkinan kerugiannya. Informasi dasar seperti ini sangat membantu mengambil keputusan dengan tepat sehingga dapat meminimalkan risiko kerugiannya.

Mengetahui berbagai fakta tentang sebuah pilihan investasi yang ditawarkan ternyata penting bagi calon investor. Jangan tertarik berinvestasi karena mengincar keuntungan saja tanpa adanya pertimbangan informasi fakta lainnya. Sebaiknya kumpulkan dulu berbagai fakta investasi bitcoin baik atau tidaknya agar keputusan yang diambil bisa sangat tepat.