Simak Untung Rugi Investasi Cryptocurrency Bagi Pemula

Setiap orang yang ingin mengamankan asetnya untuk diinvestasikan tentu harus pahamuntung rugi investasi cryptocurrency. Cryptocurrency adalah mata uang crypto atau aset digital yang memiliki nilai menguntungkan dan sudah banyak digunakan. Sebagai salah satu pilihan aset modern menarik banyak pengusaha milenial untuk mengamankan uang mereka.

Mata uang crypto berbeda penggunaannya dengan uang tunai atau konvensional pada umumnya. Crypto hanya digunakan untuk transaksi virtual saja dengan memanfaatkan jaringan internet dimana semua serba online. Mata uang ini memiliki nilai yang terus naik dari tahun ke tahun bergerak ke arah positif sampai sekarang.

Karena nilainya yang terus naik membuat banyak orang mulai melirik dan tertarik menginvestasikan dalam bentuk crypto. Namun jika kamu belum memiliki pengalaman atau masih minim pengetahuan sebaiknya kumpulkan informasi dulu. Simak apa saja untung danrugi investasi cryptocurrency secara detail yang akan dijelaskan di bawah ini.

Keuntungan Memilih Investasi Cryptocurrency yang Harus Diketahui

Cryptocurrency menjadi salah satu jenis investasi yang diterima baik oleh masyarakat dan cukup memiliki daya tarik. Mengalami perkembangan pesat sehingga banyak orang lebih memilih jenis ini tentu saja ada untung rugi investasi cryptocurrency. Ketahui apa saka keuntungan yang mungkin bisa kamu dapatkan dengan memilih crypto.

1. Selalu ada potensi kenaikan harga

Jika melihat pada riwayat perjalanan panjang crypto yang mampu membuat banyak orang kaya dadakan. Dapat dipastikan selalu ada potensi kenaikan harga atau kenaikan nilai dari tahun ke tahun sampai saat ini. Memang tidak ada jaminan terhadap potensi seperti ini namun trend yang terjadi cukup baik.

2. Adanya kebebasan dan kecepatan

Keuntungan memilih cryptocurrency kamu akan mendapatkan kebebasan dan kecepatan dalam bertransaksi. Hal ini terjadi karena memang tujuan utama cryptocurrency yaitu untuk mengurangi hambatan dalam bertransaksi online. Uang yang kamu transfer dapat diproses hanya dalam hitungan jam bahkan dalam beberapa menit saja dipastikan beres.

3. Jaminan keamanan identitas

Salah satu alasan penting memperhatikan untung rugi investasi cryptocurrency karena harus memastikan keamanan identitas. Banyak alasan kenapa orang-orang ingin menyembunyikan identitasnya dan di cryptocurrency dijamin aman. Dengan jaminan keamanan informasi seperti ini kamu bisa lebih leluasa dalam bertransaksi maupun berinvestasi tanpa diketahui siapapun.

4. Menghindari risiko pemalsuan uang

Keuntungan lainnya yaitu dapat menghindari adanya risiko pemalsuan uang yang merugikan bagi banyak orang. Adanya skema blockhain membuat transaksi memakai mata uang crypto tidak memungkinkan pemalsuan. Berbeda jika kamu transaksi memakai uang kertas maka risikonya jauh lebih besar adanya pemalsuan atau penipuan secara langsung.

Perhatikan Juga Kemungkinan Kerugian Investasi Cryptocurrency

Membahas tentang untung rugi investasi cryptocurrency tentu tidak lengkap jika kamu hanya tahu keuntungannya saja. Perhatikan juga kemungkinan kerugian yang ada sehingga dapat melihat dua sisi secara terbuka dan sesuai logika. Dengan begitu kamu tidak menjadi ragu karena sudah tahu apa risiko kerugian mungkin dihadapi.

1. Volatilitas cukup tinggi

Perlu diketahui cryptocurrency memang memiliki volatilitas tinggi yaitu kenaikan dan penurunan nilai sangat tajam. Sebelum kamu memutuskan investasi sebaiknya pelajari bagaimana kenaikan maupun penurunan tersebut bisa terjadi. Cari yang aman agar mendapatkan keuntungan saat naik namun saat turun tidak terlalu banyak pengaruhnya untuk kamu.

2. Potensi pelanggaran hukum

Regulasi menjadi permasalahan paling rumit dalam memilih cryptocurrency sebagai bentuk investasi. Bayangkan saja jika banyak negara melarang cryptocurrency maka secara otomatis nilainya akan menjadi sangat jatuh. Namun perkembangan sekarang ini sudah banyak negara yang meresmikan aturan tentang cryptocurrency sehingga kemungkinan lebih aman.

3. Risiko kehilangan kunci wallet

Ketika kamu memiliki akun wallet maka jangan pernah melupakan private key sebagai kunci masuk utama. Jika sampai lupa maka kamu akan kesusahan mengakses ke dompet online dan mengalami kerugian. Maka catat kunci walletnya di berbagai tempat dan media agar kamu tidak kehilangan kunci penting.

Banyaknya pilihan jenis investasi-investasi baik secara online maupun langsung kerap kali membuat bingung memilih. Pelajari dan cari informasi selengkap mungkin agar memberikan jawaban yang memuaskan untuk kamu. Termasuk memahami untung rugi investasi cryptocurrency sebagai dasar dalam mengambil keputusan penting sebelum menginvestasikan uang kamu.