Mengapa Harga Cryptocurrency Mahal, Berikut Beberapa Alasanya

Ada banyak pertanyaan mengapa harga cryptocurrency mahal. Padahal mata uang digital ini tidak memiliki bentuk dan rupa. Namun mengapa harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Pertanyaan ini muncul karena beberapa orang belum memahami mekanisme cryptocurrency. Jadi cukup wajar jika masih banyak orang masih mempertanyakanya.

Sebenarnya ada banyak sekali faktor yang membuat harga sebuah koin krypto mahal. Contohnya saja adalah Bitcoin yang harga sudah mencapai Rp 730 juta pada Februari 2021. Ethereum juga memiliki harga tinggi di angka pilihan juta untuk setiap koin. Belum lagi dengan mata uang digital lain.

Beberapa faktor eksternal dan internal bisa saja memberikan dorongan positif terhadap sebuah koin. Namun, terkadang mata uang tersebut bisa anjlok kapan saja karena alasan tertentu. Meskipun begitu, akan lebih baik memahami alasan mengapa harganya bisa tinggi. Jadi kamu bisa mempersiapkannya di masa mendatang jika membutuhkanya.

Dorongan Faktor Eksternal Mengapa Harga Cryptocurrency Mahal

Alasan mengapa harga cryptocurrency mahal yang pertama adalah karena dorongan dari luar. Dorongan ini merupakan sesuatu yang diberikan bukan dari koin krypto itu sendiri, melainkan campur tangan pihak lain. ada banyak sekali faktor dari luar yang bisa membuat sebuah koin krypto mengalami kenaikan harga.

1. Kepercayaan Lembaga

Salah satu alasan mengapa harga sebuah koin krypto mahal adalah karena sudah dipercaya oleh banyak perusahaan. Banyak perusahaan besar seperti Squere dan Microstrategy memilih menggunakan kas berupa cryptocurrency. Kas berbentuk uang virtual ini dianggap lebih baik karena memiliki resistensi terhadap arus inflasi.

Perusahaan Elon Musk pada beberapa waktu lalu juga membeli Bitcoin dalam jumlah besar. pembelian ini membuat Bitcoin mengalami kenaikan tajam terhadap nilai tukar mata uang konvensional. Kepercayaan lembaga yang menjadikan cryptocurrency sebagai cadangan kas adalah hal penting karena bisa mempengaruhi kapitalisasi pasarnya.

2. Kerjasama

Paypal yang merupakan salah satu perusahaan pembayaran digital juga telah mulai mengadopsi sistem ini. Kerjasama antara perusahaan dengan cryptocurrency membuat banyak sentimen positif dari publik. Paypal bahkan akan menerima pembayaran dari lebih 4 koin krypto. Paypal berencana menerima Bitcoin, Litecoin, Ethereum, dan Bitcoin Cash.

Melihat perkembangan transaksi digital terus meningkat, banyak negara yang juga mengadopsi cryptocurrency. Negara besar seperti Rusia, Jerman, Amerika, dan bahkan Jepang sudah secara resmi menerima pembayaran koin virtual. Jika negara-negara tersebut mulai memperluas transaksi cryptocurrency, bisa dibayangkan berapa kenaikan nilai tukarnya.

3. Potensi Pasar

Perdagangan digital akan terus tumbuh seiring dengan perkembangan teknologi. Hal ini membuat harga cryptocurrency mahal dan akan terus mengalami kenaikan. pasar digital di masa depan diprediksi akan memanfaatkan cryptocurrency sepenuhnya. Sedangkan mata uang konvensional akan ditinggalkan karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan jaman.

Dorongan faktor Internal Koin Krypto

Selain karena dorongan faktor eksternal, ternyata sebuah koin krypto juga bisa dipengaruhi oleh faktor dari dirinya sendiri, faktor internal merupakan faktor yang melekat secara langsung dengan dirinya. Hal ini biasanya juga membuat tekanan dari manapun tidak bisa mempengaruhinya, meskipun datang dari berbagai arah.

1. Tingkat ketersediaan

Salah satu faktor internal yang menjadi alasan harga cryptocurrency mahal adalah jumlahnya terbatas. Hal ini membuat siapa saja yang berhasil mendapatkan 1 koin saja akan menyimpan koin tersebut. Bahkan ketika ada yang membeli dengan harga tinggi karena percaya di masa depan harganya akan lebih tinggi.

Sebagai contoh, Bitcoin yang saat ini paling populer sebenarnya hanya memiliki 21 juta koin saja. Namun karena tingkat penambangan cukup sulit, 21 juta koin tersebut tidak akan habis selama 100 tahun. Bahkan jika semua orang melakukan penambangan dalam waktu yang sama sekalipun.

2. Tingkat pendapatan

Alasan kedua adalah karena tidak semua orang bisa mendapatkanya. Biaya penambangan koin krypto cukup mahal sehingga hanya orang-orang dengan modal besar bisa memilikinya. Bahkan dengan peralatan mahal sekalipun, untuk mendapatkan 1 koin krypto saja sudah membutuhkan waktu lama.

Hal ini membuat perbedaan antara biaya penambangan dengan biaya pendapatan. Jika dirasa hanya akan mendapatkan keuntungan sedikit, maka orang tersebut tidak akan menjualnya. Perlu perhitungan untuk membayar waktu dan biaya yang sudah dikeluarkan.

Di masa depan, bisa saja koin krypto jatuh. Namun juga bisa harga naik secara tajam tanpa diketahui penyebabnya. Namun yang jelas adalah koin krypto memang menjadi fenomena yang cukup menarik. Terutama karena harga cryptocurrency mahal yang membuatnya menjadi safe-haven.