Harga Pasar Cryptocyrrency Dipengaruhi Banyak Faktorm Cari Tahu Selengkapnya

Layaknya aset berharga lainnya, harga pasar cryptocurrency juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Cryptocurrency kini menjadi instrumen trading paling populer dengan pergerakan harga relatif fluktuatif. Cryptocurrency sendiri merupakan mata uang virtual atau digital d mana memanfaatkan kriptografi sebagai pengamannya. Dengan fitur tersebut akan cukup sulit guna memanipulasinya.

Hal mendasar paling identik dengan kripto adalah mengenai siapa penerbitnya. Diketahui mata uang tersebut tidak dikeluarkan oleh otoritas pemerintah sehingga tidak ada campur tangan negara mana saja yang mengendalikannya. Cryptocurremcy pertama muncul yakni bitcoin tepatnya dirilis pada tahun 2009 oleh seorang individu Jepang Satoshi Nakamoto.

Sejak kemunculan pertamanya, kini bitcoin mulai diburu oleh semua orang di dunia padahal jumlahnya cenderung terbatas. Ini tidak lepas dari peran bitcoin guna beragam transaksi hingga aset berharga investasi. Sejak kesuksesan bitcoin inilah akhirnya muncul cryptocurrency lainnya tidak kalah populer seperti Namecoin, Litecoin, PPCoin, Ethereum, dan lainnya.

Tidak heran jika kini pasar cryptocurrency semakin rame tiap tahunnya. Hingga membuat persaingan juga kian ketat. Maka wajar apabila harga pasar cryptocurrency juga menjadi pertimbangan penting tatkala ingin memperoleh keuntungan darinya. Setidaknya ada beberapa faktor penting perlu diperhatikan dengan baik.

Faktor Pengaruhi Naik Turunnya Pasar Cryptocurrency

Pergerakan harga yang relatif fluktuatif ternyata tidak terjadi begitu saja. Melainkan dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya adalah suplai serta permintaan. Ketika suplay serta permintaan seimbang maka besar kemungkinan harga pasar cryptocurrency relatif stabil. Namun, sebaliknya tatkala permintaan turun akibat penawaran tinggi maka sudah pasti harga pasar akan menurun.

Seringnya ketidakseimbangan antara penawaran serta permintaan bahkan kian fluktuatif membuat grafik sulit terprediksi. Hal inilah yang membuat para trader semakin sulit menentukan antara membeli atau menjual. Belum lagi ditambah faktor regulasi turut membuat harga kian naik turun. Mengingat tidak semua mata uang digital diakui keberadaannya di dunia.

Berita infrastruktur menjadi faktor selanjutnya pengaruhi harga pasar cryptocurrency. Berbeda dengan faktor sebelumnya, semakin mudahnya bitcoin digunakan hingga muncul ATM crypto terbilang berpengaruh besar terhadap naik turunnya harga. Termasuk informasi dukungan metode pembayaran memanfaatkan bitcoin oleh beragam perusahaan retail ternama. Informasi seperti inilah yang kemudian disebut berita infrastruktur.

Tidak kalah penting, adanya serangan hacker turut andil membuat harga pasar kripto fluktuatif. Memang tidak ada informasi positif dari berita seperti itu. Namun, informasi demikian turut mendorong harga kian jatuh menurun lantaran pasar merespon secara instan. Jelas hal tersebut cenderung merugikan bagi seorang trader.

Listing koin di bursa juga memberi pengaruh besar pada naik turunnya harga pasar. Tatkala ada informasi mengenai cryptocurrency baru akan ditambahkan tentu membuat minat trader pada mata uang digital tersebut. Akibatnya harga kian naik meski biasanya sementara. Selain itu, berita dari media juga mempengaruhi volatilitas cryptocurrency.

Keakuratan Prediksi Naik Turunnya Harga Pasar

Layaknya aset berharga lainnya, cryptocurrency memiliki harga pasar cenderung fluktuatif hingga sulit diprediksi. Meski demikian, tetap terdapat prediksi harga pasar cryptocurrency dari dua sisi berbeda. Namun, kembali lagi semua hanyalah sebatas prediksi sehingga keakuratannya masih dipertanyakan. Prediksi hari ini bisa saja berubah beberapa jam kemudian.

Selain dipengaruhi oleh beberapa faktor, nyatanya fluktuatifnya harga lantaran pasar cryptocurrency relatif baru sehingga cenderung berubah-ubah belum stabil. Ditambah semakin meningkatnya persaingan semakin membuat harga berubah-ubah. Lantaran banyak orang merasa penasaran atau ada ketertarikan tersendiri pada mata uang digital tersebut.

Pergerakan harga yang fluktuatif juga dipengaruhi oleh maraknya manipulasi. Manipulasi memang sering terjadi pada pasar baru diakibatkan banyak orang berkeinginan memperoleh untung tinggi. Dan salah satu caranya dengan melakukan manipulasi harga cryptocurrency. Sangat disayangkan namun, faktanya memang begitu serta sulit sekali dihindari.

Dampak paling merugikan justru dialami oleh pemain pemula di mana mudah sekali dimanfaatkan. Pengetahuan mereka akan pasar yang relatif minim menjadi santapan empuk bagi pemain berpengalaman guna peroleh untung tinggi. Ditambah sulitnya mengontrol harga pasar semakin menambah keresahan.

Maka dari itu, dengan tingkat kerawanan relatif tinggi sebaiknya sebelum terjun ke dunia cryptocurrency bekali pengetahuanmu secara cukup. Sudah banyak pemain harus tumbang akibat mengalami kerugian cukup besar diakibatkan faktor risiko memang cenderung besar. Serta paling penting pahamilah bagaimana harga pasar cryptocurrency agar tidak salah ambil keputusan.