Memulai Investasi di Bareksa Cocok untuk Pemula

Memulai Investasi di Bareksa Cocok untuk Pemula

Kini berbagai kemudahan mengelola finansial telah bermunculan, salah satunya adalah investasi di Bareksa. Bisa berupa reksadana atau surat – surat obligasi sesuai dengan instrumen yang telah disediakan. Berbagai kemudahan ini tentunya mendorong minat generasi muda untuk mulai merencanakan serta mengelola keuangan mereka sebelum terlambat.

Tidak ada yang berkeinginan untuk menghadapi kesulitan di masa mendatang, terutama ketika menghadapi kondisi – kondisi tidak menentu. Keberadaan pandemi selama setahun lebih ini memberikan pukulan berat bagi beberapa pihak. Semuanya terdampak, mulai dari kesehatan, pola hidup, pola interaksi, bahkan kestabilan finansialnya.

Beberapa penyebab terjadinya guncangan hebat ketika menghadapi keadaan tidak terduga adalah salah satunya disebabkan karena kurang baiknya dalam perencanaan atau pengelolaan keuangannya. Sebelumnya memang tidak pernah terpikirkan akan kejadian dahsyat hingga berdampak pada segala sektor kehidupan. Selain itu pola hidup konsumtif juga menjadi faktornya.

Salah satu langkah dalam menghadapi keadaan tidak menentu tersebut adalah dengan mempersiapkan dana cadangan. Cara paling mudah dan cukup konvensional dengan risiko rendah adalah dengan menabung. Tetapi untuk mempercepat mencapai target finansial ada cara lainnya, yaitu berinvestasi. Terlebih saat ini banyak aplikasi penunjangnya.

Mengenal Aplikasi dan Cara Investasi di Bareksa

Bareksa sendiri adalah sebuah marketplace untuk finansial dan investasi. Dulunya untuk mengembangkan dana, pemiliknya harus mendatangi berbagai bank atau manajer investasi secara langsung dan satu persatu. Tentu saja kondisi ini sedikit rumit dan bagi anak muda yang belum memiliki dana banyak tentunya tidak tertarik untuk bergabung.

Namun dengan datangnya marketplace terintegrasi serta telah mendapatkan izin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), mulai tumbuh minat dari berbagai kalangan untuk mulai menyisihkan uangnya demi perencanaan finansial yang lebih baik. Terlebih pada perkembangannya, dibentuklah aplikasi yang dapat diunduh di google play ataupun appstore.

Dengan terintegrasinya marketplace, memudahkan para calon investor untuk memilih berbagai produk finansial tanpa harus mendatangi satu persatu lagi. Ini adalah kemudahan yang sangat menguntungkan dan menarik perhatian para generasi muda. Terlebih untuk memulainya tidak memerlukan dana besar. Sehingga bisa belajar sambil mencoba sekaligus.

Produk utama dalam aplikasi ini adalah reksadana. Berbagai produk pilihan terbaik serta dikelola oleh manajer investasi terpercaya ditawarkan untuk para investor. Berbagai informasi terkait profil, performa, serta ukuran (barometer) dapat diakses oleh calon investor, sehingga bisa memilih serta memperhitungkan dengan baik sesuai kebutuhan finansialnya.

Untuk memulai investasi di Bareksa, diperlukan berbagai tahapan terlebih dahulu. Pertama adalah memiliki akun aktif. Tidak sulit untuk membuatnya juga tidak membutuhkan biaya. Setelah proses pendaftaran selesai barulah memilih berbagai produk serta instrumen investasi. Perhatikan dengan detail segala informasinya agar tidak menyesal dikemudian hari.

Mengenal Produk Investasi di Platform Bareksa

Secara umumnya produk utama di aplikasi ini adalah reksadana. Yaitu sebuah instrumen berinvestasi dengan cara menghimpun dana dari masyarakat untuk dikelola oleh manajemen investasi di Bareksa menuju beberapa instrumen. Seperti saham, deposito, atau obligasi. Ini merupakan pilihan bagi investor pemula ketika kesulitan mau menginvestasikan atau meriset sendiri.

Selain produk reksadana, Bareksa juga dipercaya oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia agar mampu menjual SBN (Surat Berharga Negara) ritel melalui platform online. Sehingga keamanannya terjamin. Produk emas juga tersedia, meskipun tidak sebesar produk reksadana, ini bisa menjadi pilihan alternatif untuk berbagai investor.

Banyaknya pilihan produk bisa menjadi keunggulan bagi para calon investor. Sehingga mampu melakukan diversifikasi pembelian. Jadi ketika terdapat salah satu yang mengalami penurunan, masih memiliki instrumen lainnya yang nilainya terus naik. Dengan demikian risikonya menjadi tersebar dan berpotensi terhindar dari kerugian cukup besar.

Namun untuk memulai berinvestasi perlu pemahaman terlebih dahulu. Sehingga tidak benar – benar asal membeli produk dengan harapan mampu meningkatkan modal atau meraih tujuan finansial. Ada berbagai hal untuk diperhatikan. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena Bareksa sendiri menyediakan fasilitas belajar dan diskusi dari konten, berita, dan lainnya.

Memang kebahagiaan tidak hanya diukur dari kepemilikan uang saja, tetapi dengan merencanakan keuangan secara matang mampu mencegah kesulitan dikemudian hari. Salah satunya adalah menjaga konsumsi serta mulai menyisihkan sebagian dananya. Tidak hanya sekedar menabung, tetapi juga memanfaatkan fitur investasi di Bareksa atau aplikasi online lainnya.