Cara Mengelola Keuangan yang Baik untuk Generasi Milenial

Cara Mengelola Keuangan yang Baik untuk Generasi Milenial

Banyak anak muda mengalami kesulitan dalam memenuhi berbagai macam kebutuhan mereka. Penyebab utamanya adalah mereka tidak mengetahui cara mengelola keuangan yang baik dan benar. Ditambah lagi dengan usianya yang masih remaja, bisa dikatakan bahwa mereka masih sering labil bahkan salah dalam hal mengambil keputusan.

Kebanyakan para anak muda tersebut tidak menyadari bahwa uangnya telah habis dan tidak mengetahui kemana perginya uang tersebut. Terkadang itu terjadi karena mereka sering mengeluarkan uangnya untuk hal-hal yang sangat tidak perlu atau sangat tidak dibutuhkan. Ini akan menjadi hal buruk jika dibiarkan.

Karena dirasa akan mendapatkan uang kembali bulan depan, jadi mereka selalu berlaku sesuka hati mereka terhadap uangnya. Padahal kita tidak mengetahui apa yang akan terjadi dalam 1 jam kemudian. Mungkin saja dalam 1 jam kedepan tersebut kita mengalami kejadian tidak terduga dan harus menggunakan uang.

Baca Juga :  Sistem Gaji Karyawan Cuci Motor dan Besarnya Peluang Usaha

Oleh karena itu, mereka masih harus banyak belajar mengenai cara mengelola keuangan yang baik. Perlu diketahui bahwa kita anak muda sekarang atau generasi milenial hidup di era serba menggunakan uang. Jadi, kita harus pandai dalam mengelola keuangan agar tidak mengalami kesulitan ketika menjalani hidup.

Cara Mengelola Uang dengan Baik

Mengelola uang dengan menabung untuk masa yang akan datang adalah salah satu dasar yang sangat penting dalam hidup. Tetapi tidak semua orang dapat menabung atau mengelola uang dengan baik, apalagi para remaja dengan rentang umur 19-25 tahun atau lebih dikenal dengan generasi milenial.

Baca Juga :  Cara Melunasi Hutang Online, Ternyata Mudah!

Di zaman sekarang banyak sekali tuntutan untuk para remaja. Gaya hidup serta perilaku konsumtif merupakan salah satu faktor utamanya. Generasi milenial saat ini lebih sering menjalani hidupnya dengan berjalan-jalan, hangout, berbelanja, menonton konser, atau hiburan-hiburan lainnya. Hal tersebut adalah sebuah fakta buruk.

Mengingat akan harga-harga tanah, property, bahkan kebutuhan pokok yang terus meningkat dan bisa terjadi kapan saja. Tentu para generasi saat ini seharusnya memperbaiki cara mengelola keuangan mereka yang seperti itu. Memang, menabung itu tidak mudah. Dibutuhkan tekad kuat juga motivasi tinggi.

Jika kamu merasa termasuk seperti orang yang telah diceritakan diatas. Maka kamu harus segera mengubah hidupmu agar menjadi lebih baik. Ada banyak sekali cara mudah untuk mengelola keuanganmu di zaman serba modern ini. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika masih kesulitan dalam mengatur keuanganmu.

  1. Buka Rekening Baru Khusus Untuk Menabung
Baca Juga :  7 Daftar Barang Rongsok Yang Paling Laris Dijual

Di era modern seperti saat ini sangat mudah bagi kamu untuk menabung. Pasti banyak sekali produk perbankan berlokasi dekat denganmu. Kamu dapat memilih salah satu dari banyak produk perbankan yang menawarkan fasilitas untuk menabung tersebut. Hindarilah menabung menggunakan rekening yang sama dengan rekening penghasilanmu.

Dengan demikian kamu dapat mengontrol pengeluaranmu agar tidak kacau. Sudah banyak orang yang melakukan segala hal dalam satu rekening dan hasilnya nol besar. Orang tersebut bekerja selama bertahun-tahun tapi tidak ada sepeser uang terkumpul untuk masa depannya.

  1. Mengelola Penghasilan
Baca Juga :  Cara Menggadaikan Emas Di Pegadaian Tanpa Surat Lengkap

Setelah membuka rekening baru khusus untuk menabung. Hal selanjutnya adalah mengetahui cara mengelola keuangan dari hasil pendapatanmu. Kamu dapat menyisihkan penghasilan bulananmu minimal sebesar 10%. Walaupun jumlahnya terlihat sedikit, namun untuk melakukan hal itu membutuhkan konsistensi tinggi.

Misalkan penghasilanmu setiap bulan sebesar Rp. 3,500,000 maka uang 10% yang harus ditabungkan kedalam rekening tabungan yaitu Rp. 350,000. Ini akan sangat berguna dikemudian hari jika dilakukan dengan teratur tiap bulannya. Ingat, 10% itu jumlah minimalnya ya, jika kamu ingin lebih maka lebih bagus.

  1. Berani Melakukan Investasi

Investasi merupakan salah satu cara sangat tepat untuk mengamankan uangmu. Ini akan memberikan banyak keuntungan jika kamu berani berinvestasi. Ada banyak jenis investasi bisa kamu pilih, seperti deposito, redaksana, obligasi, asset saham, emas, hingga property.

Baca Juga :  Mengetahui Konsep Perumahan Ramah Lingkungan

Salah Satu Manfaat Menabung dan Berinvestasi

Menabung sudah menjadi kewajiban setiap manusia saat ini. Meskipun sulit untuk memulai atau sulit untuk konsisten, tapi percayalah kamu akan merasakan banyak sekali keuntungan suatu hari nanti. Paling penting adalah niat, konsisten, dan disiplin. Dan juga jangan takut untuk berinvestasi.

Salah satu jenis investasi yang akan selalu menguntungkan yaitu investasi emas. Seperti yang kita ketahui, harga emas selalu naik setiap tahunnya. Maka dari itu, investasi merupakan cara mengelola keuangan yang sangat baik jika kamu berinvestasi di tempat tepat.