Apa Saja Kelebihan Tabungan Berjangka BRI? Berikut Ulasannya!

Apa Saja Kelebihan Tabungan Berjangka BRI? Berikut Ulasannya!

Tabungan Berjangka adalah jenis tabungan yang mengharuskan nasabah untuk berkomitmen menabung dengan jangka waktu tertentu. Ada beberapa perbankan yang menawarkan layanan tabungan berjangka, salah satunya tabungan berjangka BRI. Apa saja kelebihan tabungan berjangka BRI? Semua akan dijelaskan di bawah ini.

Tabungan Berjangka BRI dan Jenis-jenisnya

Tabungan berjangka BRI atau dikenal dengan Britama BRI mempunyai beberapa jenis, diantaranya Britama Rencana, Junio Rencana, dan Simpedes Impian.

Britama Rencana yaitu setoran tabungan berjangka BRI yang dilakukan setiap sebulan sekali dengan tambahan asuransi jiwa bagi nasabah serta dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh nasabah. Jangka waktu tersebut minimal 1 – 20 tahun.

Junio Rencana adalah jenis tabungan berjangka BRI yang dikhususkan untuk anak. Kelebihan dari Junio Rencana ini adalah bisa digunakan oleh orangtua yang ingin merencanakan tabungan untuk masa depan anak. Sedangkan Simpedes Impian. Merupakan jenis tabungan berjangka BRI dengan kelebihan bebas biaya administrasi.

Kelebihan  Tabungan Berjangka BRI

Beberapa kelebihan dari tabungan berjangka BRI.  yang pertama adalah bebas biaya administrasi. Jangka waktu tabungan minimal 1 tahun, dan maksimal hingga 20 tahun. Saldo minimal sebesar 100 ribu rupiah. Jumlah setoran minimal 100 ribu rupiah, dan maksimal 5 juta rupiah.

Suku bunga yang lebih tinggi dari suku bunga pada bank lain, untuk tabungan sejenis. Yaitu sebesar 3,25% pertahun. Dengan catatan suku bunga ini bisa berubah sewaktu-waktu namun tidak secara signifikan. Adanya asuransi jiwa bagi nasabah tabungan berjangka BRI. Manfaat asuransi hingga sebesar 1 milyar rupiah.

Nasabah tidak diharuskan untuk melakukan medical check up, sebagai syarat pembukaan rekening tabungan berjangka BRI. Laporan simulasi saldo tabungan berjangka BRI akan dikirimkan ke surel pribadi nasabah. Pilihan jangka waktu tabungan berjangka BRI lebih panjang daripada tabungan berjangka sejenis dari perbankan lainnya.

Melakukan penarikan ( autodebet ) dari rekening tabungan induk, jika nasabah lupa membayar setoran. Hal ini untuk memberikan kemudahan bagi nasabah tabungan berjangka BRI dalam menepati komitmen dalam membayar setoran tabungan berjangka BRI. Tidak ada biaya penarikan, pelunasan rekening jika ingin dipercepat hingga biaya penutupan rekening.

Keuntungan Menggunakan Tabungan Berjangka BRI

Selain kelebihan-kelebihan dari tabungan berjangka BRI, juga ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh oleh nasabah. Keuntungan adalah dengan tabungan berjangka BRI, nasabah bisa lebih mudah menabung dengan resiko kecil, terutama bagi nasabah yang berstatus pegawai tetap.

Mempermudah nasabah untuk memperoleh bunga dari simpanan tabungan berjangka BRI. Dengan asuransi jiwa dari tabungan berjangka BRI, menjadikan nasabah bisa melakukan klaim asuransi jika terjadi kecelakaan, dan ahli waris bisa meneruskan tabungan berjangka BRI dengan meneruskan membayar setoran hingga jangka waktu yang telah disepakati sewaktu akad.

Ada banyak hadiah menarik yang ditawarkan pihak BRI kepada nasabah yang melakukan pembukaan rekening tabungan berjangka BRI. Tabungan berjangka BRI bisa dijadikan sebagai investasi.

Syarat-syarat untuk membuat tabungan berjangka BRI

Persyaratan membuat tabungan berjangka BRI adalah merupakan warga negara Indonesia. Berusia antara 21 – 65 tahun. Mempunyai kartu identitas diri (KTP). Setelah lengkap, pendaftar harus mendatangi kantor BRI setempat. Mempunyai rekening BRI Britama, Britama bisnis maupun giro. Mengisi formulir pembukaan tabungan berjangka BRI. Membayar setoran awal sebesar 100 ribu rupiah.

Setelah mengetahui kelebihan tabungan berjangka BRI, maka tak salah kiranya jika nasabah banyak memilih menggunakan tabungan berjangka BRI. Belum lagi dengan persyaratan yang mudah, sehingga membuat nasabah lebih nyaman berinvestasi dalam bentuk tabungan berjangka BRI tanpa khawatir terdampak resiko yang lebih besar.

 

 

 

Baca Juga :  Cara Menyimpan Dana Darurat, Simak Ulasan Berikut!